Now Reading
Makanan untuk Diet Penyakit Jantung

Makanan untuk Diet Penyakit Jantung

Makanan untuk Diet Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang perlu mendapat perhatian serius. Penyakit ini sering menyerang masyarakat Indonesia secara tiba-tiba. Perlu diwaspadai jika kita sering merasa cepat lelah dan mulai sesak nafas. Dua gejala ini bisa jadi merupakan tanda awal dari penyakit jantung. Biasanya, penderita harus melakukan diet penyakit jantung untuk mengurangi risiko sakit jantung.

Gejala awal penyakit jantung

Ciri-ciri yang harus diwaspadai agar dapat mengetahui lebih awal tentang penyakit ini antara lain adalah sebagai berikut ini.

  1. Nyeri dada

Tidak semua nyeri dada menandakan adanya penyakit jantung. Namun, jika Anda merasa nyeri, sebaiknya periksakan kesehatan Anda pada dokter untuk memastikan apakah Anda menderita penyakit jantung atau tidak.

  1. Sakit kepala

Untuk melakukan tes penyakit jantung, Anda dapat menggunakan sorotan cahaya. Apabila Anda merasakan sakit pada kepala ketika ada sorotan cahaya yang mengenai, sebaiknya periksalah kesehatan ke dokter. Hal itu karena sorotan cahaya yang mengenai penderita jantung akan mempercepat denyut jantung akibat adanya penyimpangan sirkulasi darah.

  1. Lelah

Ketika Anda melakukan banyak aktivitas berat, tentu Anda akan merasa lelah.  Banyaknya aktivitas yang membuat kelelahan adalah hal yang wajar dan lumrah karena banyak energi yang terkuras setelah beraktivitas. Akan tetapi, rasa lelah yang didapat setelah bangun tidur dan belum melakukan aktivitas apapun sangat perlu mendapatkan perhatian khusus.

  1. Keluar keringat

Keringat yang keluar saat beraktivitas merupakan kebiasaan yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang. Namun, ketika keringat keluar saat tidak beraktivitas, harus diwaspadai. Ini bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit jantung.

  1. Mual

Penyakit jantung seringkali diawali dengan pembengkakan pada daerah perut yang menyebabkan rasa mual dan nafsu makan menjadi berkurang.

Diet penyakit jantung

Bagi para penderita penyakit jantung ada beberapa cara diet penyakit jantung yang dapat dilakukan. Syarat diet penyakit jantung adalah mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, mengonsumsi protein dan lemak secara seimbang, asupan mineral dan vitamin yang cukup, mengurangi konsumsi garam, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna serta tidak menimbulkan gas dan dalam porsi yang kecil.

Dalam melakukan diet penyakit jantung, kita wajib menghindari rokok, mengatur pola makan agar lebih teratur, serta melakukan olahraga ringan minimal 30 menit setiap hari.

Asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari bisa membantu kita dalam melakukan diet penyakit jantung. Beberapa makanan tersebut antara lain;

  1. Oatmeal

Serat dalam oatmeal dapat menyerap kelebihan lemak dan kolesterol yang terkandung dalam tubuh. Oatmeal adalah makanan dengan bahan dasar gandum.  Makanan ini dapat menjaga kesehatan jantung karena dapat mengurangi lemak dan kolesterol dalam jantung.

  1. Sayuran berdaun

Jenis sayuran seperti bayam, selada, lobak, dan sayuran berdaun lainnya ternyata dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Konsumsi sepiring sayuran berdaun merupakan cara yang baik untuk melakukan diet penyakit jantung.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dengan virgin oil mengandung polifenol yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis yang lainnya dan baik untuk dijadikan makanan sehat. Dengan rutin mengonsumsi sesendok minyak zaitun setiap hari, kita dapat mengurangi ion LDL dalam tubuh.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top