Now Reading
Mom Suka Makan Sembarangan? Awas, Hal itu Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Tipes!

Mom Suka Makan Sembarangan? Awas, Hal itu Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Tipes!

Penyebab penyakit tipes bisa dari berbagai macam. Faktor utama yang kita tahu biasanya karena makan dan minuman (air) yang tidak higienis.  Penyakit tipes ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari balita, remaja, hingga orang tua.

Bakteri pembawa penyakit tipes menginfeksi saluran pencernaan di usus halus.

Penyakit tipes atau biasa disebut demam dipes (thypoid fever) adalah penyakit yang disebabkan bakteri.  Nama bakteri penyebar penyakit tipes adalah Salmonella typhi.  Bakteri Salmonella typhi ini penyebarannya bisa melalui binatang, seperti lalat, dan binatang sejenis lainnya, juga bisa dari manusia.  Ketika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh seseorang, akibatnya akan mengakibatkan infeksi di saluran pencernaan, yaitu saluran di usus halus.

Penyebab dan penyebaran penyakit tipes bisa melalui manusia atau lalat.

Makanan dan  minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi akan menyebabkan penyakit tipes. Seperti yang telah disebutkan, bahwa penyebaran bakteri ini bisa dilakukan manusia atau lalat.  Pada seseorang yang telah terkena bakteri Salmonella typhi, penularannya adalah ketika mencemari air melalui tinjanya. Contoh dengan membuang air atau tinja di sungai. Sementara di satu sisi, air sungai tersebut dipakai untuk kegiatan konsumsi.  Bakteri ini pun bisa bertahan selama berminggu-minggu di air atau kotoran kering. Untuk  contoh penyebaran dengan perantara lalat adalah seperti berikut ini. Bakteri Salmonella typhi ini dibawa dengan perantara lalat.  Kemudian lalat hinggap di makanan, dan tempat-tempat lain. Akhirnya, bakteri ini menyebar di tempat yang telah dihinggapi.  Ketika seseorang makan makanan tersebut, otomatis bakteri Salmonella typhi terbawa masuk kedalamnya.  Akibatnya, orang yang memakan makanan yang telah di hinggapi lalat pembawa bakteri, menjadi sakit.  Sakit inilah yang disebut sakit tipes.

Meskipun bukan penyakit menular, tapi penyakit tipes bisa ditularkan secara tidak langsung.

Penyakit tipes sebenarnya bukanlah penyakit menular.  Akan tetapi, penularan yang terjadi adalah penularan secara tidak langsung. Penularan penyakit tipes ini bisa saja karena berada dalam lingkungan yang sama dan makan-makanan dari makanan dan tempat yang sama, yaitu makanan yang telah mengandung bakteri Salmonella typhi.  Sehingga orang-orang yang mengakses tempat dan makanan yang sama juga ikut terkena penyakit tipes.  Begitu juga dengan air yang mengandung bakteri.

Jaga kebersihan makanan ya Mom, jika tak ingin terkena penyakit tipes.

Orang yang rentan terkena penyakit tipes ini adalah orang yang kurang menjaga kebersihan makanan, terlambat waktu makan, makan di tempat yang kotor, jajan sembarangan, dan faktor lainnya. Agak jarang tipes terjadi di negara-negara maju atau negara industri. Sehingga untuk negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara di Eropa bukan menjadi momok yang menakutkan. Sebaliknya di beberapa negara berkembang dan negara miskin, penyebab penyakit tipes menjadi masalah serius.  Apalagi penyakit tipes sangat rentan terjadi kepada anak-anak. Gejala penyakit tipes

Tanda dan gejala penyakit tipes biasanya menyerang pencernaan yang diiringi dengan demam dan sakit kepala.

Sementara untuk tanda  dan gejala penyakit tipes biasanya adalah demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, dan sembelit atau diare. Pada umumnya, tipes memiliki gejala seperti penyakit influenza. Namun demikian kondisi akan semakin parah hari demi hari ketika gejala tipes semakin terlihat. Apabila penyakit tipes tidak ditangani dan diobati dengan tepat dapat membahayakan.  Penderita penyakit tipes dapat mengalami komplikasi yang serius. Bila terjadi komplikasi yang serius akan berakibat fatal, bahkan hingga mengancam jiwa.  Sehingga penting bagi Mom yang terkena penyakit tipes atau menduga terkena penyakit tipes untuk segera menghubungi dokter agar penanganan dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat.

Segeralah ke dokter begitu terlihat tanda-tanda penyakit tipes. Namun, sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Mom tetap menjaga pola makan yang bersih dan sehat.

Untuk menghindari penyakit tipes biasakan menjaga pola makan yang sehat dan teratur.  Hindari makan, minum atau jajan sembarangan. Tepatlah makan pada waktunya. Makan-makanan yang sehat, bergizi, dan seimbang. Begitu pun dengan konsumsi air minum.  Perhatikan kondisi air minum. Jaga kebersihannya.  Jagalah kondisi badan Mom, dengan tidur cukup, dan jangan sampai kelelahan.  Menjaga sebelum terkena penyakit adalah tindakan yang sangat baik dibanding mengobati setelah terkena penyakit.  Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan. Namun jika ternyata sudah terlanjur mengalami penyakit tipes maka konsutasi ke dokter adalah tindakan yang tepat.  Biasanya dokter akan memulai pengobatan dengan memberikan antibiotik. Untuk orang-orang yang akan bepergian ke daerah-daerah di mana penyakit tipes biasa terjadi, ada baiknya untuk melakukan vaksin.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top