Now Reading
Macam-Macam Penyakit Jantung yang Berbahaya Ini Perlu Mom Waspadai

Macam-Macam Penyakit Jantung yang Berbahaya Ini Perlu Mom Waspadai

Macam-macam penyakit jantung bisa diketahui dari ciri-ciri atau gejala penyebabnya.  Penyakit jantung sendiri adalah penyakit yang tidak asing untuk semua orang. Penyakit ini juga mengerikan karena seringnya menjadi penyebab kematian.  Hal itu tidak aneh karena menurut penelitian, penyakit jantung adalah salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyebab penyakit jantung kadang kala datang tiba-tiba.  Sebagian orang banyak yang belum mengetahui dan sering mengidentifikasikan dengan penyakit lain, seperti masuk angin atau kelelahan.   Sehingga banyak orang yang belum sadar dengan bahayanya penyakit jantung ini.

Penyakit Jantung ada bermacam-macam tergantung dari kondisi yang mempengaruhi fungsi jantung.

Seperti yang telah disebutkan di awal, penyakit jantung juga bermacam-macam. Macam-macam penyakit jantung mengacu pada berbagai jenis kondisi yang dapat mempengaruhi fungsi jantung.   Agar kita lebih sadar mengenai penyakit jantung serta tindakan apa saja yang tepat dalam menghadapinya. Maka ada baiknya kita mengenal macam-macam penyakit jantung.

Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner ini berada di pembuluh darah (aterosklosis).  Penyakit ini akibat dari penyempitan pembuluh darah arteri. Hal ini menyebabkan terganggunya aliran darah ke jantung.  Penyebab dari penyakit jantung koroner, seperti merokok, kolesterol yang tinggi, hipertensi, obesitas, diabetes,  usia tua, dan faktor keturunan. Adapun gejala-gejalanya ada sedikit perbedaan yang dialami pada pria dan wanita. Contohnya saja,  pria cenderung mengalami nyeri dada. Sementara wanita lebih cenderung memiliki gejala lain bersamaan dengan ketidaknyamanan di dada, seperti sesak napas, mual, dan kelelahan yang sangat. Gejala umum yang dirasakan pada penderita jantung koroner adalah sebagai berikut ini.
  • Nyeri dada, sesak dada, dada tertekan, dan dada tidak merasa nyaman, angina (angin duduk).
  • Kesulitan bernapas atau menjadi sesak napas.
  • Rasa sakit, mati rasa, lemah atau dingin di kaki atau lengan.
  • Nyeri di leher, rahang, tenggorokan, perut bagian atas atau belakang.
Berhati-hatilah, seringkali penderita tidak sadar jika menderita penyakit jantung koroner.   Apalagi jika terjadi komplikasi yang akan sangat membahayakan jiwa. Penderita amat mungkin mengalami serangan jantung, angina, stroke atau gagal jantung.  Jika terjadi tanda-tanda demikian sebaiknya Mom waspada. Segera konsultasikan kepada dokter Mom. Pemeriksaan yang lebih dini dan rutin akan dapat ditemukan penyakit ini lebih awal.  Sehingga dapat dilakukan tindakan preventif sebelum komplikasi menyerang.

Aritmia Jantung

Aritmia jantung adalah penyekait jantung yang berkaitan dengan detak jantung.  Detak jantung atau irama jantung penderita penyakit ini abnormal, yaitu berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau justru tidak teratur. Gejala aritmia jantung bisa meliputi :
  • dada berdebar,
  • jantung berdetak cepat,
  • jantung berdetak lambat,
  • nyeri di dada,
  • napas menjadi sesak,
  • sakit kepala,
  • hilang kesadaran (pingsan) atau hampir pingsan.

Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan ini akibat dari kelainan atau ketidaknormalan pembentukan struktur jantung ketika lahir.  Biasanya tanda dan gejalanya akan semakin terlihat segera setelah lahir. Sesuai namanya penyakit jantung ini bisa terjadi karena faktor keturunan.  Meskipun tetap ada kemungkinan faktor lain selain keturunan, seperti pada ibu yang kurang gizi, pengkonsumsi alkohol dan narkoba. Adapun gejalanya adalah sebagai berikut.
  • Pembengkakan di kaki, perut, atau daerah sekitar mata pada bayi.
  • Kulit bayi berwarna abu-abu.
  • Terganggunya bayi saat menyusui akibat sesak napas.

Lemah Jantung atau Kardiomiopati

Lemah jantung atau kardiomiopati adalah gejala penyakit jantung yang disebabkan oleh lemahnya otot jantung. Pada tahap awal penyakit ini terjadi, penderita mungkin tidak terlalu sadar, akan tetapi lama kelamaan jika didiamkan saja, gejalanya akan semakin jelas dan memburuk.  Adapun gejala dari kardiomiopati adalah sebagai berikut ini.
  • Sesak napas.
  • Kaki dan pergelangan kaki penderita menjadi bengkak.
  • Jantung terasa berdebar, berdetak cepat dan tidak teratur.
  • Sakit kepala hingga pingsan.
Itulah beberapa macam-macam penyakit jantung, selain dari yang jenis tersebut masih ada beberapa jenis penyakit jantung lainnya, seperti penyakit jantung rematik, penyakit katup jantung, pericarditis, aortic aneurysm, tumor pembuluh darah, dan lainnya.  Macam-macam penyakit jantung ini tidak bisa kita sepelekan ya Mom. Apalagi telah banyak kasus kematian tiba-tiba karena penyakit jantung. Segeralah konsultasikan penyakit jantung ini apabila Mom telah mengalami tanda-tandanya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top