Now Reading
Lakukan Diet Sehat Alami Jika Ingin Langsing

Lakukan Diet Sehat Alami Jika Ingin Langsing

Tubuh langsing pasti menjadi idaman perempuan mana pun di belahan dunia,  termasuk Anda juga tentunya.  Banyak cara diet ditawarkan,  namun tentunya Anda harus benar-benar cermat memilih pola diet yang benar-benar baik dan sehat,  sebab bila salah memilih dan menjalankan program diet maka bisa – bisa Anda justru jatuh sakit berkepanjangan,  atau bahkan bisa lho sampai merusak organ penting tubuh.  Pasti Anda tidak mau kan mengalaminya.  Ya, tubuh langsing memang menjadi idaman,  tetapi sebenarnya yang jauh lebih penting adalah memiliki tubuh yang sehat.  Lalu,  bagaimana sih diet yang baik bagi kesehatan tubuh?  Agar bisa memperoleh tubuh langsing namun tetap sehat maka lakukanlah diet sehat alami tanpa memaksa diri Anda secara berlebihan.

 

Membuat diri kelaparan atau memacu diri untuk betolahraga secara berlebihan adalah bentuk pemaksaan yang banyak dilakukan oleh mereka yang ingin melakukan penurunan berat badan.  Hasilnya bukan penurunan berat badan tetapi justru jatuh sakit atau mengalami cedera otot.  Diet yang dianjurkan oleh pakar kesehatan adalah diet sehat alami,  yaitu diet yang dilakukan dengan menerapan cara atau gaya hidup yang sehat,  dimana penekanan pada pola diet sehat yang alami ini adalah dengan mengubah gaya hidup Anda menjadi sehat dan alami,  sehingga secara perlahan berat badan akan turun mengikuti pola gaya hidup sehat yang anda jalani.

 

Waktu Makan

Pada diet sehat yang alami ini,  hal pertama yang harus Anda pahami adalah “Jam Tubuh” kita yang sebenarnya secara alami sudah memiliki sistim kerja tersendiri yang sebaiknya Anda pahami dalam mengatur waktu makan Anda.

  • 00 – 12.00

Adalah waktu bagi tubuh untuk mengolah sisa metabolisme tubuh karenanya banyak energi tubuh yang dialokasikan pada kegiatan tersebut,  oleh karena itu HINDARI MAKAN MAKANAN BERAT di waktu ini.  Sarapanlah dengan makanan yang ringan seperti buah-buahan, jus serta makanan kaya serat seperti roti gandum atau oatmeal.

  • 12:00 – 20:00

Adalah waktu aktif untuk pencernaan dan diwaktu inilah Anda bisa lebih leluasa mengkonsumsi makanan.  Tapi ingat, Anda sedang menjalani diet sehat alami karenanya tetaplah mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang terjaga,  rendah lemak serta tetap kaya serat dan protein.  Ingatlah untuk minum air hangat 15 menit sebelum waktu makan agar membantu membatasi jumlah porsi makan Anda.

  • 20:00 – 04:00

Adalah fase penyerapan zat gizi dan vitamin dari makanan yang sudah Anda konsumsi oleh karena itu secara alami maka energi tubuh akan kembali difokuskan pada kegiatan mencerna.  Oleh karena itu jangan mengkonsumsi makanan lagi pada rentang waktu ini dan cukuplah beristirahat.

Bila Anda mengikuti ritme waktu makan yang alami sesuai sistim kerja tubuh Anda,  maka dengan sendirinya Anda sudah melakukan diet sehat alami,  tanpa Anda sadari.

 

Selain memperhatikan waktu makan alami tubuh,  biasakan juga diri Anda untuk melakukan hal-hal sehat sebagai berikut :

 

  1. Biasakan untuk banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air puth dibutuhkan untuk membersihkan pencernaan dan membuang sisa metabolisme tubuh.  Semakin besar tubuh Anda sebenarnya semakin banyak jumlah gelas air putih yang harus Anda minum.
  2. Hindari camilan yang sarat kalori dan gantilah dengan buaha-buahan serta sayuran. Siapkan potongan buah dan sayur di lemari pendingin sehingga kapanpun Anda merasa lapar Anda dengan mudah tinggal mengkonsumsinya.
  3. Hindari minuman bersoda dan berkafein karena kedua jenis minuman ini memberi dampak buruk bagi sistim pencernaan tubuh.
  4. Hindari stres. Nikmatilah hidup Anda,  bawalah diri Anda untuk bisa lebih nyaman.  Stress akan memicu hormon – hormon tertentu pada tubuh Anda yang justru bisa membuat Anda ingin makan atau mengkonsumsi sesuatu yang manis.
  5. Cukup istirahat. Beristirahatlan minimal 6 jam sehari agar sistim pencernaan tubuh bisa bekerja secara optimal.  Bila Anda memacu tubuh Anda untuk terus menerus beraktifitas,  maka tubuh Anda akan menjadi lelah sehingga proses pencernaan terganggu akibatnya akan banyak sisa metabolisme tubuh yang tertimbun dan akhirnya menjadi lemak.
  6. Aktif dan bergeraklah karena semakin sering tubuh Anda bergerak maka akan semakin banyak kalori yang dibakar habis menjadi tenaga. Sebaliknya bila Anda terlalu banyak diam maka timbunan sisa metabolisme akan semakin banyak pula.

 

Ternyata tidak sulit ya menjalani diet sehat alami,  asalkan Anda bisa mendisiplinkan diri dan menjaga konsistensi dalam menjalankannya.

Selamat mencoba.

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top