Now Reading
Resep Cinnamon Roll yang Lezat dan Nikmat, Pas Sebagai Camilan di Sore Hari

Resep Cinnamon Roll yang Lezat dan Nikmat, Pas Sebagai Camilan di Sore Hari

Siapa yang tak kenal dengan kue gulung nan lembut yang identik dengan aroma kayu manis ini? Ya, cinnamon roll memang menjadi salah satu kudapan yang selalu dinanti. Cinnamon roll berasal dari daerah Eropa Utara, hal ini diketahui berdasarkan cara memanggang dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini. Unsur kayu manis yang melekat dengan cinnamon roll ini juga tak terlepas dari peran para pedagang yang mungkin juga singgah di Indonesia. Saat ini, cinnamon roll sudah banyak memiliki variasi glaze, mulai dari keju, coklat, atau selai buah. Bagi Mom yang tertarik untuk mencoba membuat cinnamon roll sendiri di rumah, berikut adalah resepnya yang mudah dan lezat dengan cream cheese sebagai glazenya. Bahan adonan roti:

  • 600 gram tepung terigu (protein sedang)
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm susu bubuk
  • 2 sdt ragi instan
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 250 ml air hangat, suam kuku
  • 3 sdm margarin
Bahan isi:
  • 3 sdm mentega/margarine
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • 2 sdt vanila extract
Olesan:
  • 1 butir telur kocok lepas dengan garpu atau 50 ml susu cair
Bahan glaze:
  • 1 sdm mentega
  • 80 gram cream cheese
  • 1 sdm susu kental manis
  • 5 sdm gula bubuk
  • 2 sdm susu cair
  • 1/2 sdt vanila extract
Cara membuat:
  1. Campur semua bahan isi roti ke dalam mangkuk, aduk hingga rata. Sisihkan. Sebelum mencampurkan semua bahan isi roti, bahan-bahanya harus di takar secara pasti.
  2. Masukkan tepung terigu, garam, dan susu bubuk. Aduk rata dengan kecepatan sedang. Tambahkan ragi instan dan gula pasir, aduk rata kembali. Tuangkan telur, dan air hangat.
  3. Lakukan pemrosesan adonan dengan kecepatan sedang hingga terlihat kalis. Tandanya jika sudah kalis adalah adonan tidak menempel di dinding mangkuk. Tambahkan margarin dan aduk kembali. Untuk mencampurkan semua bahan tersebut dapat menggunakan spatula kayu, mixer atau dengan tangan. Untuk mengolah adonan dengan tangan akan lebih mudah jika di olah di atas permukaan datar daripada di dalam mangkuk. Untuk mengadon menggunakan tangan dapat di lakukan selama lima menit atau sampai adonannya menjadi lembut. Jika menggunakan mixer, adonan dapat di adon selama kurang lebih 3 menit.
  4. Lalu, Oleskan mangkuk dengan minyak dan kemudian bentuk adonan menjadi bulat. Letakkan adonan di mangkuk, tutup dengan kain atau dengan plastik dan diamkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran semula. Tinju adonan agar kempis lalu tutup kembali dengan kain dan diamkan 10 menit lagi.
  5. Untuk membuat isi, Mom dapat mencampur semua bahan isi. Lalu oleskan bahan isi pada adonan yang sudah siap.
  6. Siapkan oven, panaskan hingga suhu 1800C api atas dan bawah. Olesi sebuah loyang dengan margarin. Gunakan ukuran loyang sesuai dengan jumlah potongan roti yang akan dibuat.
  7. Siapkan meja yang telah dilapisi lembaran plastik, taburi dengan tepung terigu. Tuangkan adonan di permukaan meja. Bentuk adonan menjadi segiempat dengan ukuran 35 x 45 cm.
  8. Olesi permukaan adonan dengan bahan isi secara merata menggunakan spatula. Sisakan sekitar 2 cm tanpa olesan di bagian paling bawah adonan. Gulung adonan dari bagian paling atas sambil adonan dipadatkan. Ketika mencapai bagian bawah, tipiskan adonan paling bawah yang tidak diolesi bahan isi dengan menekannya menggunakan ujung jari agar adonan menempel dengan baik kala gulungan direkatkan. Letakkan bagian sambungan di bawah gulungan adonan.
  9. Potong adonan sesuai dengan jumlah yang dapat ditampung volume loyang. Sebaiknya potong dengan menggunakan benang agar potongan menjadi sempurna.
  10. Susun potongan adonan di loyang. Olesi permukaan adonan dengan kocokan telur atau susu, tutup adonan dengan kain dan diamkan 10 menit. Lalu panggang hingga permukaan roti tampak coklat keemasan. Keluarkan dari oven, sisihkan.
Cara membuat cream cheese glaze:
  1. Masukkan cream cheese, mentega, dan susu kental manis di dalam mangkuk tahan panas. Letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih. Jaga jangan sampai dasar mangkuk menyentuh air.
  2. Masak dengan cara ditim sambil aduk hingga mentega dan cream cheese meleleh. Masukkan gula bubuk, aduk hingga tercampur rata dan bertekstur creamy. Angkat mangkuk dari panci, masukkan susu cair dan vanila extract, aduk rata lagi.
  3. Tuangkan glaze di cinnamon roll yang telah dingin.  Kue siap disajikan.
Itulah resep cinnamon roll yang lezat dan nikmat. Mom juga dapat mengganti glaze dengan bahan lainnya sesuai selera Mom. Sajikan hangat dengan teh sebagai camilan di sore hari bersama keluarga Mom. Selamat mencoba.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top