Now Reading
Komplikasi Penyakit Penderita Asam Urat

Komplikasi Penyakit Penderita Asam Urat

Komplikasi Penyakit Penderita Asam Urat

Asam urat adalah suatu penyakit yang cukup dikenal.  Penderita asam urat akan mengalami pegal linu atau nyeri dalam tingkat rasa sakit yang berbeda pada setiap penderita. Gejala penyakit asam urat dinilai mirip dengan gejala rematik sehingga para penderitanya sering salah kaprah dalam mengatasi penyakit ini.  Asam urat dan rematik tentu saja merupakan dua penyakit yang berbeda.

Berbeda dengan rematik, penderita asam urat akan mengalami sakit dan pegal linu pada satu bagian atau beberapa bagian tubuhnya. Terutama pada bagian persendian tubuh secara menahun. Kebanyakan penderita asam urat mengeluhkan sakit dan pegal linu pada bagian kaki atau telapak kaki pada pagi hari. Para penderita mengeluhkan merasa sakit saat menapakkan kakinya untuk melangkah. Kambuhnya penyakit asam urat itu sendiri sering diakibatkan oleh salahnya pola makan atau makanan dan minuman yang dikonsumsi atau dapat juga disebabkan karena kecapekan karena aktivitas sehari-hari.

Walaupun memang sebagian penderita asam urat mengabaikan penyakit ini karena dianggap tidak terlalu berbahaya bagi jiwa penderita. Namun, terdapat beberapa komplikasi penyakit penderita asam urat yang harus diwaspadai. Penanganan asam urat dengan tidak tepat akan membawa penderita asam urat ke penyakit komplikasi yang cukup membahayakan.

Jika Anda adalah salah satu penderita asam urat, Anda harus mewaspadai gaya hidup, seperti pola makan, serta asupan air putih yang Anda konsumsi setiap harinya.  Hal ini dilakukan untuk mencegah asam urat  berkembang menjadi penyakit berbahaya. Untuk itu perlu Anda ketahui beberapa komplikasi penyakit penderita asam urat yang harus Anda waspadai dan hindari demi kesehatan.

  1. Gagal ginjal
  2. Kerusakan jantung atau jantung koroner
  3. Hipertensi

Penyakit komplikasi yang biasanya banyak diderita oleh penderita asam urat adalah gagal ginjal. Pada penyakit asam urat, urin tidak dapat dikeluarkan dengan baik. Akhirnya terjadilah penumpukan urin yang menyebabkan urin bersifat asam. Semakin lama, urin yang bersifat asam ini akan semakin menumpuk dan dengan mudah membentuk Kristal   sehingga dapat membentuk batu ginjal yang mengganggu fungsi ginjal.

Untuk menghindari komplikasi penyakit penderita asam urat, Anda harus memulai menerapkan pola hidup sehat dan menjaga makanan dengan melakukan diet sehat. Diet sehat yang dimaksud adalah mengurangi dan membatasi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asam urat. Selain itu, para penderita asam urat juga harus mengonsumsi banyak air putih untuk mengikis kristal urin yang menumpuk.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top