Now Reading
Kiat Melakukan Pengujian Asam Urat

Kiat Melakukan Pengujian Asam Urat

Kiat Melakukan Pengujian Asam Urat

Asam urat seringkali diderita oleh orang-orang yang memiliki pola hidup tidak sehat. Biasanya, penyakit ini menyerang bagian persendian dan mengganggu gerakan serta aktivitas kita. Asam urat lebih sering menyerang kaum pria daripada wanita. Namun demikian, kita harus tetap waspada dengan penyakit ini karena semua orang dapat mengalaminya.

Banyak faktor yang menyebabkan asam urat meningkat, seperti penyakit darah, obat-obatan (alkohol, obat kanker, vitamin B12), kegemukan, penyakit kulit, kadar trigliserida tinggi serta konsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebihan. Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh, kita dapat mencari tip melakukan pengujian asam urat yang banyak diunggah di internet.

Tanda-tanda Asam Urat

Mengenali ciri-ciri asam urat dapat dilakukan sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar penderita bisa mendapatkan penanganan lebih awal untuk mengobati penyakitnya.

Beberapa gejala yang sering dirasakan oleh penderita asam urat antara lain, bagian tubuh yang terkena asam urat akan terasa nyeri, panas, bengkak dan tampak kemerahan. Kita dapat merasakan gejala ini karena di dalam sendi terjadi kristalisasi asam urat sehingga suhu di pusat tubuh lebih rendah daripada suhu persendian. Nyeri ini dapat dirasakan pada bagian sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan.

Selain itu, badan akan mudah lelah dan terasa pegal. Biasanya, pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari ketika kita sedang terlelap tidur, mau tidak mau kita harus bangun dan menuju kamar mandi untuk buang air kecil.

Kiat melakukan Pengujian Asam Urat

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh ada tip melakukan pengujian asam urat yang dapat menunjukkan berapa kadar asam urat dalam tubuh, berlebihan atau tidak. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengetahui tujuan pemeriksaaan asam urat. Pemeriksaan asam urat bertujuan untuk mendiagnosa gout, memastikan bahwa obat yang diberikan bekerja dengan baik, serta memastikan bahwa kadar asam urat tidak meningkat bagi para penderita kemoterapi.

Selanjutnya, kita juga harus mengetahui berapa kadar asam urat normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini supaya kita dapat membandingkan kadar asam urat yang ada pada tubuh dengan kadar asam urat normal yang boleh ada di tubuh kita. Kadar asam urat normal untuk laki-laki menunjukkan angka 3,5-7,2 mg/dl sedangkan pada perempuan nilainya 2,5-6,0 mg/dl. Bila kandungan asam urat dalam tubuh kita lebih tinggi dari angka tersebut maka kita harus berhati-hati akan bahayanya. Namun, perlu diperhatikan, kadar asam urat yang normal tergantung pada usia, jenis kelamin, serta gaya hidup seseorang.

Untuk mengukur kadar asam urat dalam tubuh, dapat dilakukan dengan mengambil sampel darah atau urin penderita. Sebelum melakukan tes tersebut, penderita harus melakukan puasa selama 8-10 jam.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top