Now Reading
Kiat Agar Tetap Sehat Setelah Hari Raya

Kiat Agar Tetap Sehat Setelah Hari Raya

Kiat Agar Tetap Sehat Setelah Hari Raya

Lebaran atau hari raya, seringkali dijadikan momen balas dendam setelah selama 30 hari menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Hari pertama dan kedua lebaran, biasanya ada tradisi untuk berkunjung ke rumah tetangga ataupun sanak saudara.

Godaan di Hari Raya

Kesempatan lebaran menjadi ajang berkumpulnya  seluruh keluarga yang biasanya hanya ditemui saat hari raya. Bagi yang masih menerima Tunjangan Hari Raya (THR), momen ini menjadi sangat menyenangkan. Banyaknya sanak saudara yang ditemui, menambah banyak THR yang didapat.

Bukan hanya rupiah yang didapat, tetapi juga ada banyak penyakit yang mengintai saat lebaran. Ketika lebaran datang, semua rumah seolah-olah wajib menyediakan beberapa menu yang dinilai menjadi makanan khas lebaran, seperti opor ayam, rendang, pecel, sambal goreng ati, sambal goring kentang, ayam goreng, dan lain sebagainya.

Bila dilihat dengan seksama, makanan-makanan tersebut banyak mengandung minyak yang bisa membuat kolesterol naik. Selain itu, bumbu pecel sendiri yang terbuat dari kacang apabila dikonsumsi terlalu banyak, bisa mengakibatkan sakit perut dan diare. Alhasil dokter-dokter seolah kebanjiran job karena banyak pasien yang mengeluh pusing, sakit perut bahkan mual-mual hingga muntah.

Tetap Sehat Setelah Hari Raya

Sebenarnya semua penyakit yang mendera setelah lebaran bisa dihindari semaksimal mungkin. Ada beberapa tip mencegah penyakit pasca lebaran yang diantaranya adalah berikut ini.

  1. Menjaga asupan makanan di hari pertama lebaran

Hal ini perlu dilakukan karena kondisi perut kita yang sudah terbiasa berpuasa. Jika ada makanan asing yang mengagetkan perut, biasanya perut akan langsung bereaksi dan mengakibatkan sakit perut hingga diare. Ini bisa menjadi tip mencegah penyakit pasca lebaran yang murah meriah.

  1. Tidak menjadi yang paling rakus

Paling rakus disini memiliki makna untuk tidak memakan semua makanan secara berlebihan. Lebih baik mengambil makanan dalam porsi kecil tetapi semua bisa kita rasakan. Daripada mengambil dengan porsi besar tetapi membuat perut kita penuh dan akhirnya malah muntah.

  1. Mempertimbangkan dengan bijaksana

Saat lebaran pasti ada banyak makanan yang ingin kita makan. Biasanya di puasa hari terakhir, kita sudah merencanakan apa saja yang akan kita makan saat lebaran tiba. Namun, sebaiknya ada jeda waktu dan porsi yang cukup untuk menyantap.  Bijaksana dalam memilah milah makanan terbaik yang akan kita masukan tidaklah buruk. Tip mencegah penyakit pasca lebaran ini akan sedikit mengurangi resiko penyakit yang sering menghinggapi kita saat lebaran.

  1. Sediakan multivitamin sebagai pelindung

Multivitamin sangat penting dikonsumsi ketika hari lebaran tiba. Selain memberikan energi dan meningkatkan stamina, multivitamin bisa berperan dalam memblokir lemak atau mengurangi penyerapan lemak ke dalam tubuh.  Setidaknya, multivitamin  bisa sedikit mengontrol kolesterol dan darah tinggi yang bisa saja menjadi semakin tinggi ketika lebaran.

Itu tadi beberpa tip mencegah penyakit pasca lebaran yang dapat dilakukan dengan mudah agar kita tetap sehat dan bugar saat hari raya.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top