Now Reading
Ketahuilah Mom Maksud Nama dalam Islam, agar Bermakna dan Sesuai Anjuran

Ketahuilah Mom Maksud Nama dalam Islam, agar Bermakna dan Sesuai Anjuran

Mom sedang memikirkan nama yang tepat untuk bayi yang akan lahir? Ketahui maksud nama dalam Islam dulu yuk, Mom. Siapa tahu, Mom mendapatkan nama bayi yang cocok dan penuh makna yang baik untuk buah hati. Memberikan nama yang tepat untuk anak memang terbilang gampang-gampang susah. Berbagai macam makna yang terkandung, kerap membuat Mom dan pasangan sulit menentukan nama yang tepat. Nah, agar Mom mendapatkan nama yang tepat ย untuk ย buah hati, yuk! Ketahui dulu maksud nama dalam Islam.

Nama berisikan doa, berikan nama yang baik dan benar ya Mom untuk buah hati, supaya kelak si Kecil menjadi anak yang saleh dan salihah sesuai dengan namanya.

Islam memang menganjurkan orang tua untuk memberikan nama kepada anak dengan benar dan baik. Sebab dalam Islam, nama merupakan sebuah doa. Karena itu, bagi mom yang sedang menunggu kehadiran buah hati, tak ada salahnya untuk menyiapkan nama si kecil begitu mendekati kelahiran. Adapun pemberian nama yang bisa menjadi referensi dan kerap dipilih oleh orang tua adalah nama Nabi dan Rasul, nama istri-istri Nabi dan Rasullullah, hingga nama anak-anak Nabi yang saleh dan salihah. Nama ini kerap dipilih karena orang tua berharap agar sang anak dapat memiliki sifat dan perilaku yang baik seperti mereka. Selain nama-nama tersebut, disarankan pula untuk mencari nama anak dengan makna yang baik entah itu dari segi bahasa ataupun syariat. ย Tujuan ini dilakukan agar pemberian nama yang diberikan kepada anak tidak menjadi bahan olok-olokan atau celaan orang lain di kehidupan yang mendatang. Jadi, jangan sungkan untuk membuka buku yang merekomendasikan nama-nama untuk buah hati yang akan lahir ya, Mom!

Pemberian nama pada waktu yang terbaik, yaitu dengan menyegerakannya. ย Jangan sampai ditunda-tunda Mom.

Memberikan nama anak sesegera mungkin setelah kelahiran memang disarankan. Dalam sunnah Rasulullah Saw., terungkap bahwa ada 3 waktu terbaik untuk memberikan nama untuk anak. Pemberian nama anak disarankan untuk dilakukan pada waktu kelahirannya, sampai hari ketiga dan ketujuh, dan di hari ketujuh kelahiran. Nah, dari sini Mom jadi tahu kan ย bahwa memberikan nama sesegera mungkin setelah anak lahir sangat dianjurkan.

Hak memberikan nama ke anak yang lebih utama adalah ayahnya. Namun sebaiknya Mom dan pasangan mendiskusikan secara baik sehingga mendapatkan kesepakatan dari kedua belah pihak.

Perselisihan Mom dengan pasangan dalam memilih dan menemukan nama yang tepat untuk buah hati memang kerap terjadi dan tak terhindarkan. Nah, jika ini nantinya harus dihadapi, Mom harus tahu bahwa pemberian nama yang diberikan oleh ayah lebih diutamakan. ย Jadi, saat Mom sedang berselisih dan berebut pendapat terkait nama yang tepat untuk si Kecil, ada baiknya mom bisa menata hati untuk mengalah. Namun, jika nama yang diberikan oleh sang ayah kurang berkenan di hati Mom, tak ada salahnya untuk mendiskusikan kembali untuk mendapatkan kesepakatan terkait nama terbaik untuk buah hati. Jadi, bicarakan dengan baik-baik dan penuh kasih sayang ya Mom.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ยฉ 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top