Now Reading
Kenali Persamaan dari Endometriosis Dan Kanker Serviks

Kenali Persamaan dari Endometriosis Dan Kanker Serviks

Endometriosis dan kanker serviks merupakan jenis penyakit yang sering menyerang kaum wanita. Namun, sebelum kita membahas mengenai persamaan endometriosis dan kanker serviks, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari kedua jenis penyakit tersebut.

Endometriosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya peradangan yang masih ada kaitannya dengan hormon estrogen. Tempat jaringan tersebut tumbuh dan disertai dengan perambatan pembuluh darah sampai jaringan tersebut menonjol keluar ( rahim). Sementara untuk kanker serviks itu sendiri, merupakan suatu perkembangan sel (mulut rahim) yang berkembang di luar kewajaran.   Sel kemudian berkembang tak terkontrol sehingga munculah kanker tersebut.

Persamaan dari Endometriosis Dan Kanker Serviks

Banyak orang yang beranggapan jika telah terserang penyakit endometriosis akan berlajnut ke kanker serviks. Memang benar jika endometriosis dengan kanker serviks sama-sama  menjangkiti tubuh wanita.  Sel yang diserang merupakan sel yang sehat pada awalnya. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga menjadi tujuan dari kedua penyakit ini. Sistem kekebalan tubuh yang diserang akan berakibat pada rusaknya sel dan akan menimbulkan  suatu penyakit yang cukup parah.

Selain persamaan endometriosis dan kanker serviks, persamaan lainnya adalah kedua penyakit ini berhubungan dengan organ reproduksi wanita.  Kanker serviks sangat berpengaruh bagi proses mendapatkan keturunan. Untuk melakukan hubungan intim bagi penderita kanker serviks bisa sangat menyakitkan. Kanker ini bisa menimbulkan perdarahan ketika berhubungan suami istri.

Dan endometrium  juga merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan reproduksi wanita juga. Meskipun persamaan dari kedua penyakit tersebut bisa dikatakan sangat banyak, tetapi kedua penyakit ini juga mempunyai beberapa perbedaan. Salah satunya adalah mengenai penyebarannya.  Sel kanker serviks dapat menyebar melalui aliran darah sedangkan untuk endometriosis tidak melakukan penyebaran lewat darah.

Hubungan Endometriosis Dan Kanker Serviks

Memang benar jika penyakit ini mempunyai kemiripan, kedua penyakit ini sama-sama tergolong menjadi penyakit berbahaya yang sangat mematikan dan terletak di rahim seorang wanita. Oleh karena kemiripannya tersebut tak jarang seseorang menyamakannya. Namun, hal itu tidaklah benar. Mengapa seseorang banyak yang beranggapan jika endometriosis itu sama?

Biasanya orang yang menderita penyakit endometriosis jika tidak segera ditangani juga bisa menimbulkan penyakit kanker serviks. Potensi inilah yang sering menyebabkan seseorang mengatakan maupun menganggap kedua penyakit ini sama. Selain itu, kedua penyakit ini juga sama-sama menyerang sel yang sehat, dan sel – sel tersebut nantinya akan berkembang, dan menjadi sebuah penyakit bagi tubuh. Oleh karena itulah, sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan tubuh.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top