Now Reading
Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Sedini Mungkin

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Sedini Mungkin

Kanker paru-paru terbagi dua. Pertama, kanker paru-paru primer, yaitu kanker paru-paru yang berawal dari paru-paru itu sendiri. Kedua, kanker paru-paru sekunder, yaitu kanker paru-paru yang berasal dari penyebaran kanker lain.

Paru-paru adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsi paru-paru adalah mengambil oksigen dari luar dan menyebarkannya di dalam tubuh ketika menarik napas dan membuang karbondioksida dari dalam tubuh ketika menghela napas.

Tidak ada tanda yang jelas ketika seseorang mengalami kanker paru-paru, kecuali jika kanker tersebut sudah menyerang bagian besar paru-paru atau menyebar ke bagian tubuh lain.

Meskipun demikian, ada beberapa tanda yang mungkin menunjukkan gejala kanker paru-paru, yaitu:

Batuk Berkepanjangan

Jangan remehkan batuk. Batuk biasanya hanya berlangsung dalam hitungan hari. Jika batuk tak kunjung sembuh atau timbul ketika udara dingin, Anda perlu waspada dengan kemungkinan penyakit paru-paru atau gejala awal kanker paru-paru.

Napas Terganggu

Pertumbuhan sel kanker pada paru-paru ada kemungkinan membuat napas jadi terganggu. Ketika melakukan aktivitas tertentu mungkin Anda akan mengalami kehabisan napas. Tapi, orang yang mengidap kanker paru-paru pada tahap awal kemungkinan akan mengalami kehabisan napas tanpa alasan. Wasadai jika Anda mengalami kehabisan napas meski tidak melakukan aktivitas apapun. Karena itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami kanker paru-paru tahap awal.

Nyeri Pada Bagian Tubuh Lain

Apabila kanker paru-paru telah menyerang saraf, ada kemungkinan Anda mengalami nyeri pada bagian-bagian lain. Bagian-bagian tersebut adalah pundak menuju bawah pada bagian luar lengan, daerah kerongkongan (yang dapat menyebabkan Anda sulit menelan), pita suara (menyebabkan suara menjadi serak), atau nyeri dada.

Kondisi Kesehatan Menurun

Anda perokok? Jika ya, berhati-hatilah ketika kesehatan Anda sering menurun. Kelelahan, depresi, lemas, sakit pada lutut, adalah gejala yang biasa timbul ketika Anda mengalami kanker paru-paru, terutama pada perokok. Segeralah periksakan diri secara menyeluruh bila Anda mengalami penurunan kesehatan.

Menderita Bronchitis

Inilah salah satu kerugian lagi bagi para perokok. Meskipun jarang terjadi, mereka yang rutin merokok biasanya mengalami bronchitis sebagai salah satu tanda adanya kanker paru-paru. Di sisi lain, jika Anda kerap sakit karena mengidap bronchitis, waspadalah, karena penyakit tersebut dapat memicu timbulnya kanker paru-paru. Tanda lain yaitu infeksi pernapasan disertai dengan nyeri dada, yang terjadi secara berulang-ulang.

Napas Berbunyi

Napas berbunyi ketika tidur sering diartikan sebagai masalah tidur. Namun, ada bahaya lain yang mengintai di baliknya. Hal ini mungkin terjadi sebagai salah satu gejala adanya kanker paru-paru. Jika masalah tidur ini sudah dicoba untuk diatasi dan belum juga berhasil, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyakit yang sebenarnya.

Suara Serak

Ketika terserang flu, suara Anda mungkin terdengar serak atau parau. Namun, suara yang berubah ini juga bisa menjadi salah satu tanda awal kanker paru-paru. Penyakit ini akan mempengaruhi pita suara, sehingga menyebabkan suara berubah. Saat flu sudah sembuh tetapi suara Anda belum pulih, segeralah memeriksakan kesehatan paru-paru.

Banyak gejala paru-paru yang tampak sepele, sehingga tidak banyak orang yang menyadarinya. Bahkan masih banyak orang yang menganggap gejala-gejala tersebut sebagai penyakit ringan dan tak sadar dengan bahaya besar yang mengintai.

Dengan mengetahui berbagai gejala awal di atas, Anda bisa lebih waspada terhadap kemungkinan kanker paru-paru dan segera memeriksakan diri. Tujuannya agar tidak terlambat dalam penanganannya apabila tanda-tanda tersebut benar-benar sebagai gejala kanker paru-paru.

 

 

 

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top