Kenali Dengan Baik Makanan Ibu Menyusui Berikut Ini

Setelah melahirkan bay dengan sehat dan selamat, maka tugas mulia seorang ibu selanjutnya adalah memberikan ASI eksklusif pada bayinya. ASI dipercaya sebagai sumber nutri terbaik bagi bayi Anda. Belum ada makanan lain yang bisa memberikan efek meningkatkan imunitas bayi seperti yang diberikan oleh ASI, belum lagi efeknya terhadap tumbuh kembang bayi Anda terutama bagi kecerdasannya. Semakin baik kualitas ASI maka akan semakin baik efeknya bagi bayi Anda. Untuk bisa mendapatkan ASI yang bagus maka makanan ibu menyusui yang Anda konsumsi juga harus dipastikan penuh dengan gizi yang dibutuhkan serta dalam jumlah kalori yang baik. Tentunya saja selama masa menyusui, ibu tak sebaiknya menahan atau menakar jumlah kalori yang dimakannya, sebab ibu justru membutuhkan tambahan kalori. Yang penting adalah menjaga menu makanan ibu menyusui yang dikonsumsinya agar sarat gizi yang bermanfaat.
Ikan Salmon
Ikan merupakan sumber protein yang paling dianjurkan untuk ibu menyusui, karena ikan mengandung protein yang menyehatkan. Diantara berbagai jenis ikan maka salmon adalah pilihan yang paling dianjurkan karena mengandung omega 3 dan DHA yang sangat diperlukan bagi perkembangan otak , sel-sel syaraf dan indera pengelihatan bayi Anda.
Daging merah Tanpa Lemak
Daging tetap disarankan sebagai sumber protein selain ikan untuk menjadi bagian dari makanan ibu menyusui tetapi harus diperhatikan dengan membuang lemaknya. Daging merah baik bagi ibu menyusui karena mengandung protein, zat besi dan vitamin B12 yang dibutuhkan terutama sebagai sumber energi ibu menyusui
Beras merah
Jika dibandingkan dengan beras biasa, beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih banyak. Jenis beras ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus mengurangi asupan karbohidrat dalam setiap harinya. Beras merah yang Anda konsumsi juga akan tetap membuat produksi ASI menjadi lebih banyak serta dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bersemangat dan bertenaga.

Biji-bijian
Biji-bijian seperti kacang polong, kacang tanah, kacang hitam, buncis dan sejenisnya adalah makanan yang disarankan untuk manakan ibu menyusui karena di dalamnya terdapat banyak kandungan gizi yang dibutuhkan bayi Anda seperti magnesium, vitamin B, serta dan protein yang baik bagi Anda juga.
Sayuran hijau
Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran hijau memang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa sayuran yang dapat Anda konsumsi antara lain bayam, kangkung, brokoli dan lainnya. Sayuran kaya akan vitamin dan juga nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, zat besi, antioksidan dan masih banyak lagi. Tentu saja kandungan tersebut berguna untuk menyehatkan tubuh.
Sereal
Sereal yang Anda konsumsi sangat bagik untuk memberikan asupan energi bagi tubuh. Oleh karena itu tidak ada salahnya mengonsumsi sereal secara rutin dalam setiap harinya untuk mengembalikan tenaga Anda. Selain untuk menambah tenaga, sereal juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
Buah-buahan
Buah-buahan adalah menu yang harus ada pada makanan ibu menyusui terutama buah-buahan yang mengandung vitamin A,B,C dan K. Buah-buahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah blueberry, blackberry, alpukat, jeruk, semangka, melon dan sebagainya.
Susu
Sudah tidak diragukan lagi bahwa susu adalah makanan ibu menyusui yang tidak boleh ditinggalkan. Dengan mengkonsumsi susu maka ibu memastikan kecukupan asupan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi Anda. Banyak sekali susu untuk ibu menyusui yang ditawarkan dengan berbagai varasi rasa.
Pastikanlah pilihan – pilihan bahan makanan di atas ada pada menu makanan ibu menyusui Anda agar ASI Anda berkwalitas baik bagi bayi Anda.

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top