Now Reading
Karena Nama adalah Doa, Carilah Pilihan Nama Anak Perempuan Islami yang Indah untuk Buah Hati

Karena Nama adalah Doa, Carilah Pilihan Nama Anak Perempuan Islami yang Indah untuk Buah Hati

Mempunyai anak adalah dambaan bagi semua pasangan yang sudah menikah. Anak adalah harta titipan dari Allah yang harus dijaga, dirawat, dan dididik sebaik-baiknya agar menjadi anak yang saleh dan salihah. Anak perempuan atau laki-laki hakikatnya sama saja, semuanya adalah karunia yang spesial dari Yang Maha Kuasa. Jika Mom ingin memberikan nama anak perempuan Islami pun itu pilihan yang bagus, dengan demikian menunjukkan siapa dia nantinya melalui nama tersebut. Seperti yang telah banyak diperbincangkan jika nama anak itu juga merupakan doa dari orang tuanya. Sudah selayaknya, untuk nama anak juga dipilihkan sebagus mungkin makna dan doa yang terkandung di dalamnya. Perempuan dalam Islam memiliki kedudukan yang istimewa. Bagaimana tidak, Rasul mengatakan bahwa yang berhak didahulukan dan dihormati adalah seorang ibu (perempuan). Beliau mengatakannya hingga tiga kali, kemudian barulah ayahmu. Masyaallah, begitu mulianya perempuan dalam pandangan Islam. Untuk itu, Mom perlu memberikan nama yang sesuai dan memiliki makna yang bagus untuk anak perempuan. Insyaallah kelak dia akan menjadi wanita yang sholehah dan menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya nanti. Ide pemberian nama Islami bagi anak perempuan bisa Mom dapatkan dari berbagai sumber seperti berikut ini.

Mom bisa mengambil nama-nama anak Nabi dan tokoh Islam, tentunya dengan harapan nantinya putri Mom bisa meneladani serta berakhlak, seperti putri-putri Nabi.

Nabi Muhammad sebagai Rasul panutan kaum Muslim di manapun berada sehingga banyak orang tua yang menamai anak perempuannya dengan salah satu nama putri beliau. Pastinya Mom mempunyai harapan agar anak perempuan Mom tersebut kelak berakhlak seperti putri-putri Rasul. Sebagaimana yang Mom ketahui, Rasullullah mempunyai 4 orang putrid, yaitu Zainab, Ruqayyah, Ummi Kultsum, dan Fatimah. Tentunya keempat nama tersebut mempunyai arti yang indah dan merupakan doa untuk mereka. Selain itu, Mom juga dapat memberikan nama anak perempuan dari tokoh-tokoh Islam yang ada, seperti Shafiyyah binti Abdul Muthalib, anak dari bibi Nabi Muhammad Saw. yang merupakan srikandi pejuang wanita Islam. Atau nama Nusaibah binti Ka’ab Al Anshariyah juga bisa dijadikan alternatif, mereka berdua sama-sama srikandi pejuang Islam.

Mom bisa mendapatkan nama anak perempuan yang islami dari buku dan internet.  Berjuta pilihan ada di sana, asal Mom tak malas untuk mencari, browsing, dan membaca.

Mungkin Mom bingung, siapa saja sih nama-nama anak perempuan Islami yang bisa digunakan. Mom dapat mencarinya di buku-buku nama bayi yang ada di toko buku. Berbagai aneka buku nama anak Islami bisa Mom temukan di sana. Atau Mom bisa juga mencari tahu lewat internet. Ada banyak sekali daftar nama perempuan Islami yang tersedia beserta dengan artinya. Tak akan susah bagi Mom untuk menentukan pilihan nama yang terbaik bagi putri cantiknya. Oh ya, sebelum menentukan nama tersebut, Mom bisa mencari kebenaran arti dari nama anak yang sudah dipilih dari berbagai sumber. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah artinya sudah sesuai atau tidak.

Jangan sungkan untuk bertanya pada Ustadz atau Ustadzah yang mengerti tentang agama ya Mom. Siapa tahu Ustadz atau Ustadzah memberikan saran nama yang baik, yang bisa Mom pilih.

Jika Mom masih kesulitan dalam menentukan nama, boleh saja bertanya pada ustadz atau ustadzah yang mengerti di bidang agama. Biasanya mereka akan menyarankan satu atau beberapa nama dengan arti yang baik untuk anak-anak. Dengan keahlian yang mereka miliki, Mom tentunya aka lebih yakin ustadz atau ustadzah itu tahu nama mana yang baik atau tidak. Meskipun Mom sudah diberikan referensi nama-nama anak perempuan Islami, kalau tidak cocok boleh menggantinya lagi hingga menemukan yang pas dan berkenan di hati. Diskusikan juga dengan suami atas pemilihan nama tersebut ya. Sebaiknya cari nama sebelum bayi lahir agar Mom punya banyak waktu untuk membuat daftar nama yang disukai oleh pasangan juga.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top