Now Reading
Kanker Payudara Stadium 1

Kanker Payudara Stadium 1

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi momok tersendiri bagi setiap orang. Berbeda dengan jenis kanker lainnya, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang bisa menyerang wanita maupun lekaki. Fase berkembangnya penyakit ini terbagi menjadi beberapa stadium, namun kita akan membahas mengenai stadium awal kanker payudara saja.

Beberapa gejala dari kanker payudara

Kanker merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh mutasi sel yang tak terkontrol. Kanker merupakan sebuah penyakit yang biasanya di deteksi dengan ada suatu benjolan yang terdapat pada tubuh manusia. Namun, pada stadium awal kanker payudara, tidak akan terjadi penyebaran ke organ lainnya sehingga pengobatan bisa sedini mungkin dilakukan. Perlu Anda ketahui, pengobatan kanker payudara biasanya di lakukan dengan melakukan pengangkatan pada jaringan yang mengalami masalah tersebut.

Kanker payudara pada wanita lebih besar dipengaruhi oleh penggunaan hormon apalagi hormon estrogen. Tak hanya itu, banyaknya bahan-bahan kimia yang terkandung dalam makanan juga bisa memicu timbulnya penyakit ini.  Pada umumnya penyakit kanker payudara ditandai dengan adanya suatu benjolan yang berada di dalam payudara. Namun, karena tingkat stadiumnya yang masih tergolong dini, benjolan tersebut tidak memberikan rasa nyeri. Berbeda dengan kanker yang sudah tingkat stadium lanjut, rasa nyeri akan sering Anda alami. Ukuran benjolannya pun juga bisa di bilang kecil, tidak terlalu besar. Jadi, jika Anda menemukan gejala tersebut di payudara, sebaiknya Anda secepat mungkin berobat atau memeriksakan tanda itu ke dokter yang ahli dalam bidang tersebut.

Pemeriksaan secara berkala

Cara ampuh untuk mengenali stadium awal kanker payudara sejak dini adalah dengan melakukan pemeriksaan secara manual, yaitu sebagai berikut ini.

  • Perhatikan letak dan posisi payudara Anda.   Angkat salah satu tangan ke atas lalu turunkan tangan tersebut kemudian letakkan tangan di pinggang.
  • Hal yang Anda lakukan selanjutnya adalah posisikan tangan kiri ke atas kepala. Fungsikan jari Anda sebagai alat peraba, hal ini dilakukan untuk mengetahui ada tidak nya sesuatu yang aneh di payudara. Raba atau tekan lalu lakukan gerakan memutar ( putar jari Anda).  Di sarankan untuk melakukan arah gerakan tersebut sama untuk setiap pemeriksaan yang Anda lakukan.
  • Gerakkan jari tersebut ke atas maupun ke bawah untuk memeriksa secara lebih rinci di payudara Anda.
  • Selanjutnya tekan puting secara lembut. Ini untuk memeriksa apakah putting tersebut mengeluarkan cairan atau tidak. Jika putting tersebut mengeluarkan cairan bisa saja itu menjadi salah satu pertanda dari stadium awal kanker payudara.
  • Anda harus melakuakan pemeriksaan lagi di daerah yang terletak diantara ketiak dan payudara dengan cara berbaring. Sebaiknya, Anda melakukan hal ini secara berkelanjutan dan jangan pernah bosan untuk melakukannya.
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top