Now Reading
Kanker Darah Bisa Menyerang Siapa Saja, Waspadalah!

Kanker Darah Bisa Menyerang Siapa Saja, Waspadalah!

Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.  Kasus kanker darah atau leukemia cukup tinggi terjadi di Indonesia dan pada sebagian kasus terjadi sebagai akibat dari kasus kanker lainnya yaitu kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma yang sudah menyebar hingga ke tulang belakang.

Berdasarkan tipe gangguannya yang dibedakan menjadi akut dan kronis serta berdasarkan sel darah putih yang diserang maka ada beberapa kategori kanker darah atau leukemia yaitu :

  • Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yang serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi juga mungkin menyerang dewasa.

  • Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

  • Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.

  • Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Jenis kanker darah ini umumnya diderita oleh dewasa. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Lalu saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga kondisi pasien akan menurun secara drastis.

Ciri dan gejala kanker darah berbeda pada setiap kasus karena sangat tergantung pada jumlah sel darah putih yang terserang serta dimana sel darah putih tersebut terkumpul dalam tubuh.  Namun secara umum gejalanya adalah sebagai berikut ini :

  1. Deman dan berkeringat di waktu malam
  2. Seringkali mengalami infeksi berkali-kali
  3. Mudah merasa lelah dan lemah
  4. Seringali mengeluh sakit kepala
  5. Perdarahan dan mudah memar misalnya gusi mudah berdarah, tanda-tanda lebam keunguan pada kulit
  6. Sering mimisan tanpa sebab
  7. Nyeri pada tulang dan persendian
  8. Pembengkakan pada perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman
  9. Pembengkakan titik titik kelenjar getah bening terutama pada leher dan ketiak
  10. Kehilangan berat badan secara drastis

Penyebab dasar kanker darah belum diketahui secara pasti. Tetapi terdapat sejumlah faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker ini. Faktor-faktor pemicu kanker darah tersebut meliputi:

  • Faktor keturunan. Jika memiliki anggota keluarga yang mengidap kanker darah, risiko Anda untuk terkena kanker yang sama akan meningkat.
  • Kelainan genetik, misalnya sindrom down.
  • Pernah menjalani pengobatan kanker. Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah.
  • Pengaruh kelainan darah yang diderita, misalnya myelodysplastic syndrome.
  • Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu. Misalnya orang yang pernah terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir atau mengalami pajanan zat kimia seperti benzena.
  • Merokok. Rokok tidak hanya akan meningkatkan risiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tapi juga berbagai penyakit lain.

Kanker darah atau leukemia adalah salah satu kanker yang cukup mematikan dan daripada mengobati maka mencegah jauh lebih baik.  Pencegahan yang terbaik adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan jauhilah stres serta kelelahan. Sayangilah tubuh Anda sejak kini.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top