Jangan Salah, Inilah Posisi Menyusui Yang Benar

Sebagai ibu baru, tentu saja menyusui menjadi kegiatan yang menyenangkan sebab saat seorang ibu menyusui bayinya, maka akan terbentuk ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anak. Saat menyusui anak, ibu akan merasakan rasa ketergantungan yang amat besar dari bayi mungilnya. Hal inilah yang membuat ibu selalu ingin memberikan yang terbaik bagi bayi mungilnya, termasuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Sejak dahulu kehebatan ASI dalam membentuk imunitas bayi serta bagi tumbuh kembang dan kecerdasan anak, tidak lagi diragukan. Itulah sebabnya beberapa tahun terakhir ini pemberian ASI ekskusif menjadi keinginan setiap ibu. Hanya saya, ibu baru seringkali bingung tentang cara dan posisi menyusui yang benar. Bagaimana seharusnya menyusui bayi mungil Anda dengan benar?
Ternyata bagaimana posisi ibu dan bayi saat menyusui memang akan memberikan efek terhadap ibu dan anak. Ada dua posisi yang benar bagi ibu dan bayi ketika menyusui, yaitu:
1. Berbaring miring. Ini posisi yang amat baik untuk pemberian ASI yang pertama kali atau bila ibu merasa lelah atau merasa nyeri.
2. Duduk. Penting untuk memberikan topangan atau sandaran pada punggung ibu, dalam posisinya tegak lurus (90 derajat) terhadap pangkuannya. Ini mungkin dapat dilakukan dengan duduk bersila di atas tempat tidur atau duduk santai di kursi.
Posisi berbaring miring atau duduk (dengan punggung dan kaki ditopang) memaksimalkan bentuk payudaranya dan memberi ruang untuk menggerakkan bayinya ke posisi yang baik. Badan bayi harus dihadapkan ka arah badan ibu dan mulutnya dihadapkan pada puting susu ibu. Bayi sebaiknya ditopang pada bahunya sehingga posisi kepala yang agak tengadah dapat dipertahankan. Kepala bayyi diletakkan pada lekukan siku ibunya. Mungkin akan membantu bila bayi dibedong, sehingga tangannya berada di samping badan.
Tidak perlu memaksakan puting masuk ke dalam muliut bayi sebab bila mulut bayi disentuhkan dengan lembut ke puting susu ibunya, ia akan membuka mulutnya lebar-lebar (reflek rooting). Apa pun posisi yang dilakukan, hal yang paling penting adalah si ibu yang harus dalam posisi yang senyaman mungkin.
1. The cradle (Posisi Mendekap). Posisi ini sangat baik untuk bayi yang baru lahir. Pastikan punggung Anda benar-benar mendukung untuk posisi ini. Jaga bayi di perut Anda, sampai kulitnya dan kulit Anda saling bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah Anda, dan letakkan kepalanya pada siku Anda.
2. The cross cradle hold (Posisi Mendekap Silang). Satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lain mendukung kepala, mirip dengan posisi dudukan tetapi Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas kepala bayi. Posisi menyusui ini bagus untuk bayi prematur atau ibu dengan puting payudara kecil.
3. The football hold (Posisi Pencengkram/Sepakbola). Caranya, pegang bayi di samping Anda dengan kaki di belakang Anda dan bayi terselip di bawah lengan Anda, seolah-olah Anda sedang memegang bola kaki. Ini adalah posisi terbaik untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar atau untuk ibu-ibu dengan payudara besar. Tapi, Anda butuh bantal untuk menopang bayi.
4. Saddle hold (Posisi Duduk). Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk. Ini juga bekerja dengan baik jika bayi Anda memiliki pilek atau sakit telinga. Caranya, bayi Anda duduk tegak dengan kaki mengangkangi Anda sendiri.
5. The lying position (Posisi Berbaring). Menyusui dengan berbaring akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Anda bisa tidur saat bayi menyusu. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh Anda.
Bagaimana Anda bisa yakin bahwa Anda sudah menempatkan posisi menyusui yang benar untuk Anda dan bayi Anda? Ini ciri-cirinya :
1. Seluruh tubuhnya berdekatan dan terarah pada pada ibu.
2. Mulut dan dagunya berdekatan dengan payudara.
3. Areola tidak terlihat dengan jelas
4. Bayi terlihat melakukan isapan yang lamban dan dalamserta menelan ASI-nya.
5. Bayi terlihat tenang dan senang.
6. Ibu tidak merasakan adanya nyeri pada puting susu.
Nah bagaimana, sudah lebih paham ya posisi menyusui yang baik. Yakin saja melakukan kegiatan menyusui yang menyenangkan ini. Lama kelamaan pasti Anda akan menemukan posisi menyusui yang benar bagi Anda dan bayi Anda.

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top