Jangan Lewatkan Konsumsi Vitamin Ibu Menyusui

Supaya ibu dan bayi yang dilahirkan senantiasa sehat dan bugar, wajib bagi wanita itu untuk melakukan diet seimbang selama masa menyusui. Ini diperlukan untuk memasok nutrisi yang cukup untuk bayi yang dilahirkan itu. Di masa menyusui, ibu membutuhkan vitamin penting seperti vitamin B1, B6, B12, vitamin A serta vitamin lain seperti vitamin D, E, K dan C. Demikian juga dengan mineral seperti yodium, selenium, dan zat besi. Semua vitamin dan mineral penting tersebut dapat diperoleh dari sumber bahan makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan lain-lain serta dari sumber bahan makanan nabati seperti kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Sumber bahan makanan tersebut harus ada beragam dalam menu setiap harinya. Sayangnya, seringkali kebutuhan vitamin dan mineral dari bahan makanan yang beragam tersebut tidak terpenuhi oleh ibu menyusui, karena berbagai sebab. Untuk mencegah agar tidak terjadi kekurangan gizi, ibu menyusui memerlukan suplemen vitamin dan mineral. Tapi perlu diingat, bahwa suplemen vitamin dan mineral ini hanyak pelengkap bukan menggantikan zat gizi vitamin dan mineral yang didapat dari makanan.
Sebenarnya memenuhi vitamin yang dibutuhkan untuk ibu menyusui itu tidaklah sulit sebab sebanrnya dapat diperoleh dari makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Berikut ini adalah vitamin yang penting untuk ibu menyusui :
Vitamin D
Di antara begitu banyak daftar vitamin yang wajib dikonsumsi wanita menyusui, vitamin D memiliki peranan teramat penting. Dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D yang mengandung 10 mikrogram (mcg) setiap harinya.Tidak hanya suplemen, untuk mendapatkan tambahan vitamin D ini, Anda dapat berjemur di pagi dan sore hari. Sebab, matahari di jam itu akan memroduksi vitamin D.

Vitamin C
Selama menyusui, wanita wajib mendapatkan vitamin C. Ini bisa dengan mudah ditemui di dalam buah jeruk, berry, buah-buahan tropis, tomat, dan lain-lain. Selain makanan tersebut, carilah mulitivitamin yang mengandung vitamin C ini.

Folat
Folat sangat penting selama masa kehamilan dan menyusui. Tidak hanya dari multivitamin, dari makanan pun Anda bisa mendapati folat ini. Misalnya saja dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kubis, dan kecambah.

Vitamin E
Vitamin E merupakan vitamin penting yang harus ada di dalam diet Anda selama menyusui. Anda bisa mendapati vitamin E dengan cara oral, topikal, dan disuntikkan. Vitamin E banyak dikandung pada makanan seperti bayam, sawi, brokoli, kacang almond, kacang hijau, talas dan paprika merah. Vitamin E kaya antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas yang ada dimana-mana.

Vitamin A
Vitamin A juga dengan mudah bisa didapati di dalam brokoli, wortel, labu, ubi jalar, melon serta mangga.

Vitamin B6
Angka kecukupan dietari (RDA) dari vitamin B6 untuk wanita menyusui adalah 2 mg per hari. Vitamin B6 bisa diperoleh dari makanan seperti pisang, bayam, brokoli, semangka, tomat, pisang, ikan tuna dan kacang-kacangan.

Vitamin B2
Vitamin B2 atau dikenal sebagai riboflavin harus dilengkapi bagi wanita menyusui agar menghasilkan ASI yang berkualitas. Vitamin B2 bisa dengan mudah ditemui di dalam susu, daging, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Pada saat menyusui memang ibu menyusui mudah merasa lapar dan tentu saja memang diharapkan tidak terlalu melakukan diet dan menjaga asupan kalori, tetapi tetap perlu diperhatikan agar jangan hanya asupan kalorinya saja yang banyak tetapi juga tetap dijaga vitamin untuk ibu menyusui yang haru selalu ada dalam menu sehar-hari. Demi ASI yang berkualitas dan bayi yang sehat.

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top