Now Reading
Jadi Ibu Pintar Untuk Buah Hati Tercinta

Jadi Ibu Pintar Untuk Buah Hati Tercinta

Jadi Ibu Pintar Untuk Buah Hati Tercinta

Rasa sayang Anda untuk buah hati pastinya tidak terhingga. Apalagi jika buah hati merupakan anak pertama dari hubungan pernikahan Anda. Tak salah bila akhirnya Anda melakukan segala cara yang terbaik untuk kepentingan buah hati. Mulai dari memilih perlengkapan balita yang berkualitas hingga pemenuhan gizi yang seimbang. Gizi yang seimbang Tidak hanya dari asupan ASI yang diberikan saja, terlebih ketika bayi memasuki usia 6 bulan ke atas.

Makanan pendamping ASI harus mulai bervariasi dan dipilih dari kualitas terbaik pula. Setidaknya, ini cara paling tepat menunjang tumbuh kembang buah hatimu. Variasi makanan sesuai usia bayi sudah semakin beragam dan banyak ditemukan di internet ataupun majalah. Anda hanya perlu mencontoh yang sudah ada, agar tak semakin repot. Nah ladies, untuk membantu Anda membuat variasi makanan, berikut tahapan usia yang harus diperhatikan.

       0 – 6 bulan

Ketika pertama kali menyusui, umumnya akan keluar air susu yang berwarna lebih kuning dan kental. ASI inilah yang menjadi sumber kolostrum terbaik bagi sistem pertahanan tubuh buah hati. Itulah mengapa badan kesehatan dunia sekalipun menyarankan agar bayi pada rentang usia ini diberikan ASI saja. Kolostrum menjadi nutrisi yang sangat cukup dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh buah hati.

       6 – 9 bulan

Rentang usia ini tetap harus diberikan ASI secara rutin. Pemberian ASI tak boleh hanya berakhir di usia 6 bulan. Hanya saja pada rentang usia ini, bayi telah diberikan makanan pendamping ASI, yaitu berupa bubur bayi ataupun nasi tim yang telah disaring. Pastikan variasi makanan sesuai usia bayi, yaitu yang mengandung gizi seimbang untuk pertumbuhan mereka. Pasalnya sistem pencernaan mereka belum begitu kuat untuk mencerna makanan layaknya usia dewasa.

       9 – 12 bulan

Sama seperti rentang usia sebelumnya, baru berusia 1 tahun ideal diberikan makanan rumahan. Hanya saja dalam tekstur yang lebih lembut daripada yang Anda konsumsi sehari-hari. Walaupun sistem pencernaan anak telah lebih kuat, tetap tidak boleh dipaksakan. Sebaiknya Anda menambahkan sayuran hijau minimal 1 kali dalam sehari. Tidak hanya itu, tambahkan pula buah bertekstur lembut sebagai cemilan sehat mereka.

       12 – 24 bulan

Bolehkah bayi di atas usia 1 tahun diberikan ASI? Pertanyaan ini kerap masuk dalam beberapa forum seputar ibu dan anak. ASI tak akan bermasalah dan malah lebih baik bila diberikan hingga usia anak memasuki 2 tahun. Satu hal yang harus Anda ingat, porsi ASI dikurangi atau lebih sedikit dari sebelumnya. Asupan makanan yang diberikan pada bayi bisa diselingi dengan makanan keluarga. Setidaknya 2 kali dalam sehari Anda bisa memberikan variasi makanan sesuai usia bayi layaknya makanan Anda sendiri.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top