Now Reading
Intip Cara Mudah Hidup Sehat Bebas Kolesterol. Ternyata Mau Sehat Engak Sulit!

Intip Cara Mudah Hidup Sehat Bebas Kolesterol. Ternyata Mau Sehat Engak Sulit!

Penyakit kolesterol terbilang tidak bisa disepelekan loh Mom. Sebab, penyakit ini terbilang bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Nah, agar Mom tidak mengalaminya, yuk! Intip cara mudah hidup sehat bebas kolesterol berikut ini. Mudah kok Mom caranya.

Atur pola makan

Mengatur pola makan dengan baik merupakan langkah pertama yang harus Mom lakukan. Untuk mencegah kolesterol tinggi, hindari konsumsi makanan cepat saji, gorengan, jeroan, daging berlemak atau camilan, seperti kue-kue dan manisan.  

Olahraga rutin

Untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dengan baik, disarankan untuk rutin berolahraga. Olahraga aerobic, seperti lari, renang, dan bersepeda lebih disarankan tetapi olahraga lain juga tetap memiliki peran dalam mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Kontrol berat badan

Tak hanya pola makan, berat badan yang Mom miliki juga dapat “mencerminkan” kadar kolesterol dalam tubuh. Umumnya, seseorang yang memiliki berat badan berlebih lebih berisiko untuk mengalami kolesterol tinggi. So, jangan lupa untuk mengontrol berat badan dengan baik ya, Mom.

Kontrol tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi rupanya dapat memicu lonjakan kolesterol dalam tubuh. Untuk mengontrol tekanan darah dengan baik, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan dengan citarasa yang asin atau tinggi akan kandungan garamnya. Mom lebih disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah

Hentikan kebiasaan merokok

Bagi Mom yang memiliki kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan satu ini. Sebab dalam rokok ditemukan zat kimia yang bernama akrolein. Zat kimia satu ini kabarnya dapat menghentikan aktivitas HDL (kolesterol baik) dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan arteria tau aterosklerosis. Mom tak ingin ini terjadi bukan?

Hindari stres

Stres rupanya turut andil terhadap lonjakan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan saat stres otak akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak sehingga dapat menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah dan juga trigliserida dalam tubuh. Selain mempengaruhi hormon, stres juga dapat mengubah pola hidup seseorang dan sering kali berefek terhadap perubahan hidup yang tidak sehat. Efeknya, Mom cenderung mengonsumsi makanan apa saja yang menarik perhatian sehingga kenaikan kolesterol pun akhirnya terjadi. Maka, hindari dan kontrol stres dengan baik. Jika cara di atas telah Mom lakukan, jangan lupa untuk rutin periksa kolesterol. Ini bertujuan untuk memantau kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), kolesterol total, dan trigliserida dalam tubuh. Apabila Mom konsisten dalam  menerapkan gaya hidup sehat serta rutin untuk  memeriksakan kadar kolesterol, maka risiko untuk terkena penyakit jantung ataupun penyakit berbahaya lainnya dapat diminimalisir. Hidup sehat sebenarnya tidak sulit kok Mom selama komitmen terhadap gaya hidup sehat yang dijalani terus dijalankan dengan baik. Selamat menjalani hidup sehat Mom!]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top