Now Reading
Inilah Faktor Penyebab Kanker Ovarium

Inilah Faktor Penyebab Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah sebuah penyakit sel tumor ganas didalam ovarium. Kanker ini merupakan salah satu tumor yang paling sering ditemukan pada organ reproduksi wanita. Dikarenakan jaringan di dalam ovarium dan kompleksitas fungsi endokrin, sulit mendeteksi apakah tumor tersebut jinak atau ganas. Saat diagnosis, mayoritas sel kanker sudah menyebar ke organ disekitarnya.Tingkat kematian tumor ganas ovarium menduduki urutan pertama pada onkologi ginekologi. Sudah menjadi ancaman serius buat kehidupan dan kesehatan para kaum wanita.

Setelah ditemukan adanya kanker ovarium, sekitar 2/3 diantaranya sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu tingkat kelangsungan hidup dalam waktu lima tahun hanya tinggal 20%-30%. Setelah timbul penyakit, sedikit yang bisa hidup sampai 3 tahun. Semakin tua usia penderita, tingkat kematian penderita kanker ovarium juga semakin tinggi.  Namun masih ada harapan seperti, semakin cepat terdeteksi kanker ovarium dan menggunakan teknik pengobatan yang maju akan mendapatkan hasil pengobatan yang efektif, memperpanjang kehidupan wanita dan meningkatkan kualitas hidup.

Angka harapan hidup penderita kanker ovarium dipengaruhi oleh beberapa faktor. Yang paling utama adalah luasnya penyebaran penyakit pada saat diagnosis dibuat dengan cara pembedahan (surgical staging). Secara umum, harapan hidup penderita kanker ovarium juga bergantung pada faktor seperti grade atau stadium yang rendah, tumor berdiferensiasi baik, status umum penderita baik, dan usia yang lebih muda.Faktor-faktor tersebut dikategorikan sebagai faktor yang menguntungkan. Sedangkan, faktor prognosis buruk mencakup tipe histologis clear cell dan serosa, stadium lanjut, adanya asites, suboptimal debulking, stadium yang tinggi, dan usia yang lebih tua.

Ada beberapa gejala umum yang bisa dengan mudah dikenali. Jika gejala umum tersebut diketahui para wanita, maka pengobatan bisa lebih cepat dan kesempatan pasien untuk sembuh lebih besar.Untuk itu, bagi Anda para wanita wajib mengetahui gejala umum kanker ovarium. Jika Anda, teman, atau saudara dekat mengalami gejala-gejala berikut, jangan menunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Gejala-gejala umum kanker ovarium meliputi :

  • Sering merasakan nyeri pada perut.
  • Ukuran perut bertambah besar atau bengkak.
  • Tidak nafsu makan atau sulit untuk makan.
  • Sering merasa kekenyangan.
  • Kembung terus-menerus.
  • Perdarahan pada vagina.
  • Berat badan turun drastis.
  • Sakit kepala dan sering merasa lelah.

Meskipun gejala-gejala ini mungkin berhubungan dengan kondisi lain, Anda masih harus berbicara dengan dokter Anda, agar tidak sampai berubah menjadi ganas dan menyebar.Gejala tambahan mungkin termasuk sakit punggung, kelelahan, gangguan pencernaan, sakit saat melakukan hubungan seksual, dan perubahan signifikan pada menstruasi.

Apa kira-kira penyebab dari kanker ovarium ini? Secara umum penyebabnya dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut :

  1. Faktor lingkungan :tingkat kejadian kanker ovarium lebih tinggi di negara industri yang berkembang dan wanita dilapisan masyarakat atas, kemungkinan berhubungan dengan pola makan yang tinggi kolesterol. Selain itu, radiasi komputer, asbes dan talek dapat meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Merokok dan kurangnya vitamin A,C,E juga ada kaitannya.
  2. Faktor endokrin :kanker ovarium lebih banyak terjadi pada nulipara atau wanita steril. Kehamilan tampaknya memiliki efek melawan kanker ovarium. Menurut kedokteran, ovulasi yang setiap hari menyebabkan epitel ovarium rusak berulang kali, ada hubungannya dengan kanker ovarium.
  3. Faktor genetik dan keluarga : sekitar 20%-25% pasien kanker ovarium anggota keluarganya mengidap kanker.

Dengan mengetahui gejala dan penyebabnya maka Anda bisa melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin agar terbebas dari kanker ovarium ini.

Ya, mulailah hidup sehat sekarang juga, agar terhindar dari berbagai penyakit kritis.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top