Now Reading
Inilah Daftar 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Mana yang Pernah Kamu Kunjungi?

Inilah Daftar 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Mana yang Pernah Kamu Kunjungi?

Apakah kamu suka mendaki gunung? Gunung adalah salah satu objek wisata yang banyak di datangi pengunjung. Selain sebagai objek wisata, gunung juga merupakan salah satu aset yang sangat berharga. Hal ini disebabkan oleh banyak nya sumber daya alam yang dapat di dapatkan dari gunung. Gunung sendiri terbentuk dari kerak bumi atau permukaan bumi yang berada pada lempeng – lempeng tektonik Bumi. Di Indonesia sendiri, untuk menemukan gunung tidaklah sulit. Hampir di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki gunung yang menjadi objek wisata. Hal ini sangat lumrah karena Indonesia sendiri berada pada wilayah yang di sebut dengan cincin api, karena banyaknya gunung di Indonesia. Kebanyakan dari gunung di Indonesia termasuk ke dalam kategori gunung berapi yang aktif. Gunung berapi juga dapat di kategorikan sebagai salah satu jenis yang berbahaya karena adanya proses erupsi. Proses Erupsi yaitu ketika gunung tersebut mengeluarkan magma atau api panas dari perut bumi dalam waktu-waktu tertentu. Salah satu gunung berapi di Indonesia yang pernah melakukan erupsi terbesar adalah Gunung Krakatau. Erupsi Gunung Krakatau ini sangat dahsyat hingga asap vulkanik dari letusan Gunung Krakatau menyebabkan kegelapan dalam waktu yang lama. Banyak terdapat gunung di Pulau Jawa karena letaknya yang berada di zona konvergen, yakni pertemuan lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Autralia. Sebagai catatan untuk kamu, apalagi jika kamu pendaki, berikut ini adalah beberapa nama gunung yang tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru yang sudah terkenal di kalangan pendaki. Gunung ini termasuk terbesar ketiga di Indonesia loh.

Gunung Semeru berada di ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Rinjani. Gunung Semeru di apit oleh dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru juga termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kawah gunung ini dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Jika kamu tahu objek wisata Baturraden, nah letaknya berada persis di kaki Gunung Semeru ini.

Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa adalah Gunung Slamet dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Keberadaan gunung slamet ini adalah di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Di kaki gunung ini, terdapat sebuah tempat wisata Baturraden yang menjadi ikon wisata Banyumas.

Gunung Sumbing adalah salah satu yang tertinggi di Jawa Tengah. Gunung yang terletak di tiga kabupaten ini terkenal dengan jalan Kledung Pass-nya.

Berada di ketinggian 3.371 meter dari permukaan laut, Gunung Sumbing menjadi gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Gunung Sumbing terletak di tiga kabupateng di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung ini dikenal dengan jalan “Kledung Pass”-nya, yakni celah antara Gunung Sumbing dengan Gunung Sindoro yang dilalui oleh jalan provinsi untuk menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo.

Gunung Arjuno, mengambil nama dari salah satu tokoh pewayangan. Bila kamu mendaki gunung ini, jangan lewatkan air terjun Kakek Bodo, ya!

Gunung yang berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo ini memiliki ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut. Nama gunung ini sendiri diambil dari salah satu tokoh pewayangan, Arjuna. Gunung ini memiliki  beberapa objek wisata yang cukup dikenal, seperti air terjun kakek Bodo dan beberapa air terjun lainnya. Hanya saja jalan menuju objek wisata di gunung ini masih sulit untuk dilewati sehingga biasanya hanya para pendaki yang berkunjung. Pada kawasan lereng Gunung Arjuno juga terdapat mata air Sungai Brantas yang terletak di desa Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu yang dikenal sebagai sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah sungai Bengawan Solo.

Gunung Raung terletak di Jawa Timur. Gunung ini juga memiliki kawasan hutan dan karakteristik sendiri.  Hati-hati ya jika kamu ke sana!

Gunung Raung terletak di dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Berada di  ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut, Gunung Raung mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Lawu, tentunya sudah tak asing lagi bagi kamu, kan? Tak hanya bagi para pendaki, gunung ini juga dikenal oleh banyak kalangan karena adanya tempat wisata.

Gunung Lawu terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3.265 meter dari permukaan laut. Gunung Lawu mempunyai tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah yang menjadi puncak tertinggi. Gunung Lawu memiliki banyak tempat wisata yang menarik, seperti Candi Sukuh dan Candi Cetho. Terdapat juga pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran di lereng gunung.

Gunung Welirang, memiliki beberapa kawasan hutan. Dipuncaknya bahkan ada tumbuhan endemik yang dinamakan khusus oleh masyarakat sekitar.

Gunung Welirang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 3.156 meter dari permukaan laut. Gunung Welirang masih berada di satu punggungan dengan Gunung Arjuna, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Nama gunung ini berasal dari bahasa Jawa, Welirang, yang artinya belerang. Di sepanjang lerengnya terdapat tumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sedangkan dipuncaknya terdapat tumbuhan endemik yang dinamakan manis rejo oleh masyarakat sekitar.

Gunung Sindoro memilliki rongga kawah yang membahayakan. Berhati-hatilah jika kamu di sana ya!

Disebut juga Sundoro, gunung yang satu ini berada di ketinggian 3.150 meter dari permukaan laut. Gunung Sindoro terletak di Jawa Tengah, diantara dua kabupaten, yakni Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, dengan Temanggung sebagai kota yang terdekat. Di sisi kiri gunung ini, terdapat Gunung Sumbing sehingga banyak orang yang menyebut kedua gunung ini sebagai gunung kembar. Warga sekitar pun mempunyai kepercayaan bahwa kedua gunung tersebut adalah simbol perwujudan sepasang suami istri yang saling setia. Gunung Sindoro juga mempunyai beberapa rongga kawah yang membahayakan di puncaknya. Jadi kalau kamu ke sana, sebaiknya berhati-hatilah jika berada di puncak gunung.

Gunung Merbabu, memiliki keindahan dan keunikannya sendiri.  Apalagi kalau bukan padang rumput dengan hamparan bunga edelweisnya. Kamu pernah mendaki ke sana?

Gunung yang dikenal sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pamarihan melalui berbagai naskah masa  pra-Islam ini memiliki ketinggian 3.145 meter dari permukaan laut. Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Jawa tengah. Gunung ini mempunyai tiga puncak utama, yaitu puncak Trianggulasi, puncak Kentengsongo, dan puncak Syarif. Yang menarik dari Gunung Merbabu adalah kamu akan menemukan padang rumput yang begitu indah karena dipenuhi dengan bunga edelweis. Keindahan dari gunung ini menjadikan Gunung Semeru selalu ramai dikunjungi para pendaki, terutama saat weekend.

Gunung Argopuro adalah bagian dari pegunungan Iyang. Gunung ini juga menyajikan pemandangan yang tak kalah indah di sepanjang jalur pendakian.

Terletak di ketinggian 3.088 meter dari permukaan laut, Gunung Argopuro merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Gunung Argopuro ini adalah bagian dari pegunungan Iyang yang terletak pada Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dengan kata lain Gunung Argopuro terletak di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari pegunungan Iyang. Ada beberapa puncak dari Gunung Argopuro, tapi yang paling dikenal adalah Puncak Rengganis/Welirang.  Gunung Argopuro juga di kelilingi oleh beberapa kawasan hutan, seperti kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Itulah beberapa informasi mengenai nama gunung-gunung tertinggi tertinggi di Pulau Jawa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, apalagi untuk kamu yang suka mendaki gunung.  Jika kamu berencana untuk mendaki gunung-gunung tersebut, lakukan persiapan secara matang dan tetap berhati-hati ya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top