Now Reading
Ini Tips Mencari Nama-nama Bayi yang Perlu Mom Perhatikan

Ini Tips Mencari Nama-nama Bayi yang Perlu Mom Perhatikan

Ketika dinyatakan postif hamil, selain menjaga kesehatan, pastinya Mom juga sangat antusias menyiapkan semua yang berhubungan dengan bayi. Nama-nama bayi pun sudah dicari dan dirancang sedemikian rupa agar cocok. Meskipun memilih nama bayi adalah hal yang menyenangkan bagi kebanyakan pasangan, tapi ada baiknya Mom juga harus tahu bagaimana sih mencari nama bayi yang sesuai. Mom tentunya tidak mau kan jika sampai salah memberi nama pada bayi? Efeknya bisa jangka panjang loh Mom.

Sebaiknya Mom mencari nama anak sebelum bayi lahir. Hal ini demi menghindari pemberian  nama yang terburu-buru serta konflik keluarga karena kurang diskusi dan kesepakatan.

9 bulan sebelum kelahiran merupakan waktu yang terbaik dalam memilih dan mencari nama. Dalam waktu yang lumayan panjang ini, Mom dan pasangan bisa menentukan nama yang sesuai dengan leluasa. Berbagai pilihan dan usulan nama bisa dipertimbangkan dalam kurun waktu tersebut. Kadang-kadang Mom akan mengalami adu argumen dengan pasangan karena tidak menyetujui pilihan nama yang akan ditetapkan. Jika hal ini terjadi, Mom masih ada waktu untuk mengganti dan mencari alternatif nama yang lainnya. Bisa saja sih Mom memilih nama setelah bayi lahir. Tapi yang dikhawatirkan nanti pencarian namanya akan dilakukan dengan terburu-buru. Apalagi jika kemudian merasa tidak ada waktu lagi saat ada perdebatan karena bayi harus segera didaftarkan di Catatan Sipil untuk pembuatan Akte Kelahiran. Oleh karena itu, Mom bisa mempersiapkan beberapa alternatif nama perempuan dan laki-laki untuk mengantisipasi hal tersebut. Tak mengapa jika Mom harus membuat daftar nama bayi laki-laki maupun perempuan, terutama jika belum mengetahui jenis kelamin bayinya.

Inspirasi nama bisa dari berbagai sumber, jangan malas mencari atau riset ya Mom.

Inspirasi nama bisa didapatkan dari manapun, baik pasangan, keluarga, teman atau buku yang berisi nama-nama bayi. Bahkan saat ini di dunia maya pun sudah banyak situs yang menyediakan daftar nama-nama bayi beserta artinya untuk memudahkan orang tua memilih nama yang terbaik bagi bayi mereka. Mungkin Mom punya tokoh favorit dari film, buku, maupun tokoh terkenal lainnya, nama tersebut bisa digunakan juga loh. Ide lainnya adalah dengan menggunakan tema pada nama yang akan dipilih, misalnya tema bunga seperti Lily, Melati, Mawar atau tema angin seperti Badai, Topan, Guntur, dan sebagainya.

Mom, berikan nama dengan arti yang baik, nama yang baik adalah harapan dan doa. Pertimbangkan juga perasaan anak saat dewasa kelak bila Mom memberikan nama yang aneh-aneh.

Nama adalah doa. Tiap nama mempunyai arti dan makna tersendiri dan harapan dari kedua orang tuanya saat dia besar nanti. Meskipun satu nama mempunyai arti yang baik bahkan unik, tapi Mom harus memperhatikan hal lain juga ya. Karena bisa saja nama tersebut dianggap aneh oleh orang lain dan membuat anak diolok-olok saat dewasa.

Perhatikan banyaknya suku kata pada nama, jangan sampai menyulitkan anak akibat masalah administrasi ya Mom.  Apalagi apabila dia telah bersekolah nanti.

Nama yang panjang bak rangkaian kereta api bisa menyulitkan anak dalam proses administrasi, seperti pembuatan Akte Kelahiran, KTP, atau Ijazah. Apalagi namanya ditulis dengan ejaan yang tidak biasa. Pilihlah 2 atau 3 suku kata saat memberikan nama pada bayi. Biasanya suku kata terakhir adalah nama keluarga. Jadi, Mom dan pasangan  cukup menyiapkan 1 atau 2 suku kata nama saja.

Pilih nama anak yang mudah diingat dan dilafalkan, Mom. Nama yang sulit diingat akan membuat orang lain kebingungan dalam melafalkan nama anak.

Saat ini banyak sekali nama-nama unik yang diberikan orangtua untuk anak-anaknya. Namun, beberapa nama sangat sulit sekali dilafalkan sehingga orang lain akan salah saat mengucapkan nama tersebut. Mom, sudah tidak bingung lagi bukan bagaimana cara mencari nama bayi. Berikan nama yang terbaik buat mereka ya sehingga nantinya buah hati tercinta akan bangga menyandang nama tersebut.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top