Now Reading
Ini Resep Sup Kimlo yang Lezat dan Berkhasiat. Sajian Tepat Buat Keluarga Tercinta

Ini Resep Sup Kimlo yang Lezat dan Berkhasiat. Sajian Tepat Buat Keluarga Tercinta

Dengan adanya pergantian cuaca yang sangat dratis seperti yang terjadi belakangan ini, tidak heran jika banyak yang mengalami sakit akibat serangan virus. Contoh yang sering terjadi adalah penyakit batuk dan flu yang menyerang setiap orang tanpa memandang usia, terutama anak-anak. Bagi anak-anak yang telah terserang flu atau batuk, sangatlah susah untuk di sembuhkan dan dapat membuat mereka menjadi lesu. Tidak hanya pada anak-anak, banyak dari orang dewasa yang juga mengalami hal yang sama. Ada satu makanan yang sudah lama di dipercaya dapat menyembuhkan penyakit akibat serangan virus seperti flu dan batuk, yaitu Sup Ayam. Sajian sup ayam memang selalu menjadi favorit bagi keluarga terutama anak-anak. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, kandungan gizi yang terdapat dalam semangkuk sup sangat banyak. Berbicara mengenai kandungan gizi dalam sup, ada satu jenis sup yang memiliki kandungan gizi yang super lengkap, yaitu sup kimlo. Hal yang membedakan sup kimlo dengan sup ayam biasanya ada di bahan-bahan yang terdapat di dalam pembuatan sup kimlo sendiri.

Sup Kimlo, Makanan Lezat yang Khas. Konon Dibawa dari Negeri Seberang

Pernahkah Mom mendengar sup kimlo? Sup kimlo merupakan salah satu sajian yang berasal dari Provinsi Sumatra Selatan. Dari namanya saja sudah terdengar khas etnis Tionghoanya sehingga diyakini bahwa dahulu makanan ini dikenalkan oleh para pedagang etnis Tionghoa yang ada di Palembang. Bahan-bahan yang digunakan juga identik dengan Tionghoa, seperti jamur kuping dan bunga sedap malam. Dalam satu mangkuk sup kimlo terdapat 4,05 gram protein, 9,35 gram karbohidrat, 0,7 gram serat, 55 mg kalium, 1106 mg sodium, 0,27 gram gula, 5 mg natrium, 2,1 mg vitamin C, dan 9 mg magnesium.

Tak Hanya Hidangan yang Enak, Sup Kimlo Juga Memiliki Khasiat

Melihat dari banyaknya kandungan gizi dalam semangkuk sup kimlo, diikuti pula dengan berbagai khasiat dan manfaat yang ditawarkan oleh sup yang satu ini. Beberapa khasiat sup kimlo diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai obat sakit kepala : Hangatnya sup dan kandungan vitamin B1 di dalamnya mampu menenangkan kepala yang nyeri.
  1. Mencegah anemia : Kandungan zat besi di dalam sup dapat mencegah terjadinya anemia.
  1. Mencegah kanker : Potensi terjadinya kanker dapat berkurang 17-18% karena adanya zat hidrat dan fosfor yang terkandung dalam sup.
  1. Menyehatkan mata : Wotel yang terdapat dalam sup kimlo sangat baik untuk kesehatan mata.
  1. Perkembangan otak anak : Omega 3 yang terdapat dalam sajian sup dengan bahan ikan laut sangat baik untuk perkembangan otak anak.
  1. Baik untuk jantung : Kandungan lemak yang rendah dan serat yang tinggi sangat baik untuk penderita sakit jantung.

Resep Sup Kimlo

Sup kimlo dengan sejuta manfaat tentu sangat layak menjadi sajian di rumah Mom. Ada dua macam sup kimlo sesuai dengan bahan utamanya, yang pertama adalah sup kimlo ayam dan yang kedua adalah sup kimlo ikan laut. Mom dapat memilih bahan utama apa yang cocok atau sesuai dengan selera Mom. Jika Mom penasaran dengan cara membuatnya, silakan mencoba resep sup kimlo di bawah ini. Bahan:
  • 350 gram daging ayam, potong sesuai selera
  • 1,5 liter air
  • 100 gram jamur kuping, rendam, potong-potong
  • 100 buah bunga sedap malam, rendam, simpulkan
  • 100 gram kapri, buang ujungnya
  • 3 lembar kembang tahu, rendam, cabik-cabik
  • 1 batang wortel, potong tipis sesuai selera
  • 1 bungkus soun
  • 1 sendok makan garam atau sesuai selera
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh bubuk merica.
Bumbu halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok teh merica bubuk.
Cara membuat:
  1. Rebus ayam yang telah dicuci bersih hingga masak, sisihkan.
  2. Setelah itu panaskan minyak di atas panci, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum dan berubah warna.
  3. Selanjutnya, tambahkan air kedalam panci rebusan ayam di atas, masukkan tumisan bumbu, lalu masukkan juga wortel, kembang tahu, sedap malam, jamur kuping, dan kapri ke dalam air rebusan tersebut, masak hingga empuk.
  4. Kemudian terakhir masukkan soun kedalam panci, dan tambahkan garam, gula, dan bubuk merica sesuai selera.
  5. Masak hingga matang lalu pindahkan ke mangkuk saji. Taburi bawang goreng.
  6. Sajikan hangat.
Itulah resep sum kimlo yang sederhana namun memiliki gizi yang tinggi. Sajikan hangat sebagai menu favorit di rumah Mom, apalagi di musim pancaroba seperti ini. Sebaiknya jangan tambahkan penyedap rasa untuk mempertahankan manfaatnya, ya. Jika Mom menggunakan ayam sebagai bahan utama, sebaiknya gunakan jenis ayam kampung karena ayam kampung tidak mendapatkan suntikan hormonal atau suntikan zat kimia lainnya sehingga lebih aman, sehat dan bergizi. Mom juga dapat menambahkan bahan lain sebagai variasi seperti udang ataupun kepiting, rasanya pasti menjadi lebih lezat dan menyehatkan. Selamat mencoba, ya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top