Now Reading
Ini Referensi Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kamu Kunjungi dan Sayang untuk Dilewatkan

Ini Referensi Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kamu Kunjungi dan Sayang untuk Dilewatkan

Identik dengan sate, pulau yang berada di Jawa Timur ini juga merupakan daerah penghasil garam, bahkan produknya dijual hingga ke mancanegara. Madura yang dikenal sebagai pulau yang gersang, ternyata juga memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk bisa mencapai pulau Madura ini, kamu bisa menempuhnya melalui jalur Suramadu atau jalur laut menggunakan kapal dari Surabaya. Sejak dibangunnya Suramadu (Surabaya-Madura), masyarakat semakin mudah menjangkau pulau ini. Madura pun menjadi semakin berkembang. Jika kamu tertarik mengunjungi Madura, berikut adalah beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kalau Kota San Francisco Punya Golden Gate, Madura Punya Jembatan Suramadu

Jembatan yang dibangun pada tahun 2003 ini, merupakan jembatan nasional yang menghubungkan pulau Jawa (Surabaya) dengan pulau Madura dan menjadi ikon bagi pulau Madura. Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian, yaitu jembatan utama, jembatan penghubung serta jalan layang. Banyak orang yang mengunjungi jembatan ini untuk berfoto dan menikmati desiran ombak sepanjang perjalanan di atas jembatan. Ada sebuah cerita unik dari jembatan ini, sebuah sumber mengatakan bahwa yang membangun jembatan ini adalah orang Korea Selatan yang merupakan narapidana. Tapi bukan sembarang narapidana, melainkan narapidana yang telah menjalani masa tahanan selama 10 tahun. Mereka dijanjikan akan dibebaskan jika jembatan ini telah selesai dibangun.

Kamu Juga Bisa Menikmati Keindahan Air Terjun Kokop yang Masih Asri dan Alami

Air terjun Kokop terletak di Desa Durjan, Kokop, Bangkalan, Madura. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 10 meter. Keasrian dan keindahan alam yang masih sangat alami menjadi daya tarik air terjun ini. Jika kamu ingin mengunjungi lokasi wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 70 km atau 2,5 jam dari pusat kota Bangkalan. Terdapat 2 jalur menuju lokasi ini, yang pertama kamu bisa melewati jalur Bangkalan menuju kecamatan Blega atau lewat jalur Bangkalan menuju Tanjung Bumi. Tapi sebaiknya kamu sering bertanya pada masyarakat karena untuk menuju air terjun ini akan banyak melewati persimpangan.

Tak Sekedar Menjajakan Keindahan Pantai, Pantai Lombang Juga Terkenal dengan Keunikan Hutan Cemara Udangnya

Pantai ini terkenal dengan hutan cemara udangnya yang dipercaya hanya tumbuh di pantai ini dan pantai di Tiongkok. Diperkirakan bahwa pohon cemara udang dibawa oleh kekaisaran Tiongkok yang terkena musibah saat berlayar hingga terdampar di daerah pantai Sumenep. Pantai ini terletak di sebelah timur Sumenep, kira-kira 25 km dari kota Sumenep. Kamu bisa menikmati deburan ombak dan keindahan pasir putih sepanjang pantai. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi sehingga kamu bisa berenang di sepanjang pantai. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari pondok, kamar bilas, warung makan, dan jasa penyewaan baju dan peralatan renang dan snorkling.

Pergilah ke Kolam Renang Goa Pote, Kamu Akan Merasakan Sensasi Berenang di Sekeliling Bukit Kapur

Jika kamu menyukai sesuatu yang baru dan berbeda, kunjungilah kolam renang Goa Pote. Kamu akan disuguhkan sensasi berenang dikelilingi bukit-bukit kapur bekas penambangan. Daya tarik yang berbeda ini membuat kolam renang Goa Pote menjadi destinasi wisata yang populer saat ini. Goa Pote mempunyai arti Goa Putih, karena tempat ini memang dikelilingi bukit kapur yang berwarna putih. Kamu akan betah berlama-lama di tempat ini karena pemandangan air kolamnya yang jernih kehijauan dipadukan dengan bukit-bukit kapur yang megah membuat siapapun terpana melihatnya. Kolam renang Goa Pote ini terletak di Desa Jaddih, Bangkalan, Madura.

Bisa Juga Berburu Foto yang Instagrammable di Bukit Cinta Pamekasan

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ini tempat wisata yang bagus untuk para pasangan yang dimabuk cinta. Pengunjung di Bukit Cinta Pamekasan ini didominasi oleh anak muda yang berburu untuk foto selfie. Tempat ini dipenuhi dengan hotspot yang menarik untuk berfoto ria. Tempat wisata ini terletak di Lawangan Daya, Pademawu, Pamekasan, Madura. Bagi kamu yang suka berfoto, tempat ini menjadi destinasi yang wajib dong.

Nikmati Hamparan Bukit-Bukit Kapur di Bukit Jaddih yang Lagi Hits Ini

Madura memang dipenuhi dengan wisata yang eksotis, salah satunya adalah Bukit Jaddih. Bukit Jaddih merupakan hamparan bukit-bukit kapur yang selalu sukses membuat semua orang takjub melihatnya. Destinasi wisata ini terletak di Desa Jaddih, Bangkalan, Madura. Pemandangan berupa bongkahan-bongkahan dan guratan-guratan dari kapur putih berukuran raksasa menjadi pemandangan yang paling menarik. Kamu juga bisa naik ke atas Bukit Jaddih dan melihat pulau Madura secara keseluruhan dari atas bukit, tapi tetaplah waspada dalam menjelajahi bukit ini.

Datanglah ke Pantai Siring Kemuning yang Menawarkan Pesona Tersembunyi

Madura mempunyai banyak pantai yang indah, salah satunya adalah pantai Siring Kemuning yang terletak di Desa Macajah, Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura. Suasana pantai Siring Kemuning masih sangat alami, bahkan hampir tidak ada polesan tangan manusia di sini. Pantai ini memiliki banyak pepohonan yang membuat suasana pantai sejuk. Banyak wisatawan yang berlibur bersama keluarganya untuk menikmati ketenangan dan keasrian pantai ini. Namun sebaiknya kamu berhati-hati jika membawa anak-anak, karena menurut masyarakat setempat, ombak di pantai ini bersifat menyeret bukan mendorong.

Kamu Bisa Juga Nonton Lomba Karapan Sapi yang Selalu Menjadi Daya Tarik Wisata Madura

Karapan Sapi merupakan salah satu tradisi yang digelar setiap bulan Agustus atau September  di Madura. Tradisi sudah sangat terkenal dan menjadi ikonik Madura. Karapan Sapi adalah perlombaan ketika seorang joki akan mengarahkan 2 ekor sapi untuk berlari secepat mungkin menuju garis finish. Banyak wisatawan asing yang tertarik untuk melihat Karapan Sapi ini. Karapan Sapi biasanya digelar setelah keberhasilan masa panen. Layaknya ajang sepak bola, lokasi perlombaan Karapan Sapi tidaklah menentu. Karapan Sapi digelar sesuai dengan peserta yang mengikuti, misalnya  di tiap kelurahan, tiap kabupaten atau bahkan puncaknya dari seluruh peserta di Madura.

Pantai Sumenep Gak Kalah Indah dengan Pantai-Pantai Cantik Lainnya di Indonesia Loh

Siapa bilang pantai-pantai terindah di Indonesia hanya ada di Bali? Madura juga memiliki pantai nan indah yang juga menajdi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan dalam negeri maupun wistawan luar negeri. Pantai Sumenep ini terletak di kota Sumenep. Kota Sumenep sendiri menawarkan pengalaman yang tidak duanya, kota yang selalu sepi dan tenang ini cocok di jadikan sebagai tempat liburan bagi para wisatawan yang ingin keluar dari kesibukan dan hiruk pikuk kota besar. Untuk mendapatkan penginapan di daerah ini tidaklah sulit, ada banyak villa yang menawarkan penginapn murah dan nyaman. Selain menikmati keindahan pantainnya, para wisatawan juga dapat mengunjungi keraton – keraton peninggalan sejarah. Untuk mendalami lebih dari sejarah kerajaan – kerajaan di pulau jawa, terutama di Madura, kamu juga dapat mengujungi museum Royal Carriage yang meyediakan semua peninggalan sejarah kerajaan. Bagi kamu yang ingin berwisata religi juga dapat mengunjugi Masjid Agung Sumenep dan Vihara Avalokitesvara. Kedua tempat wisata religi ini pun menawarkan tempat yang indah sehingga dapat dijadikan tempat – tempat berfoto karena struktur bagunan yang unik. Itulah beberapa tempat wisata di Madura yang menarik untuk kamu kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi dalam wisata kamu.  Selamat berjalan-jalan di Madura ya!]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top