Now Reading
Ini Rahasia Cara Masak Tempe Goreng yang Renyah

Ini Rahasia Cara Masak Tempe Goreng yang Renyah

cara masak tempe goreng yang renyah dan gurih,  ternyata tidak mudah.  Seringkali tempe goreng justru malah menjadi keras. Mengapa tempe menjadi keras?  Ada penyebabnya, lho. Ini dia:

  1. Tepung beras terlalu banyak
Tempe goreng tepung keras bisa disebabkan karena adonan pencelup yang kurang tepat. Umumnya disebabkan karena perbandingan yang kurang tepat,  karena menggunakan tepung beras yang terlalu banyak dibandingkan tepung terigunya. Tepung beras memang bisa merenyahkan, tapi cenderung membuat keras saat telah dingin. Adonan celupbiasanya memang menggunakan tepung beras, tapi harus dicampur dengan tepung terigu.  Agar renyah, makan, gunakan perbandingan 75 persen tepung terigu dan 25 persen tepung beras. Jangan lupa tambahkan juga baking powder ke dalam adonan. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu sendok teh peres.   Dijamin tempe goreng tepung keras bisa kita hindari.
  1. Adonan terlalu kental
Seringkali,  adonan celup dibuat terlalu kental.  Bila adonan celup terlalu kental,  maka tempe goreng tepung akan jadi terlalu tebal kulitnya.Nah biasanya, kita akan cenderung menggorengnya sampai agak lama supaya kulit tebalnya bisa renyah.  Hasilnya, tempe goreng tepung jadi keras. Maka, rahasia cara masak tempe goreng tepung agar tidak menjadi keras adalah pada adonannya. Adonan tidak boleh terlalu kental. Cairannya harus cukup, tidak boleh terlalu sedikit. Tetapi ingat juga, adonan tidak boleh terlalu encer karena hasilnya jadi cenderung sulit menempel. Mom bisa mencoba mengambil adonan dengan sendok dan cobalah menumpahkannya,  adonan celupan yang baik, akan menetes perlahan-lahan.  Bila sulit menetes berarti adonan terlalu kental,  sebaliknya bila tumpah dengan cepat maka terlalu encer.
  1. Tempe disantap setelah dingin
Tempe goreng tepung paling enak kalau disantap selagi hangat, terutama tempe goreng tepung yang menggunakan tepung beras saja.Sah-sah saja kalau memang suka adonan tempe goreng tepung yang hanya menggunakan tepung beras saja.Tapi, satu-satunya cara menghindarinya jadi keras adalah dengan menyantapnya selagi hangat. Sesudah dingin, tempe goreng tepung pasti keras. Bila Mom menggunakan adonan celup menggunakan campuran tepung beras dan tepung terigu dan baking powder,  Mom bisa menyantapnya saat hangat. Nah,  Mom sekarang sudah tahu kan mengapa tempe goreng menjadi keras.  Maka hindarilah penyebabnya.  Itulah rahasia cara masak tempe goreng tepung yang renyah dan gurih. Selamat mencoba, ya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top