Now Reading
Ini Pilihan Mainan Anak Laki-Laki Usia Balita, Perhatikan Keamanannya ya Mom!

Ini Pilihan Mainan Anak Laki-Laki Usia Balita, Perhatikan Keamanannya ya Mom!

Anak mana sih yang tidak suka mainan? Rasanya semua anak suka bermain, baik laki-laki maupun perempuan. Mom punya anak laki-laki usia balita? Ingin memberikan mainan yang aman dan bermanfaat bagi kemampuan motoriknya? Yuk! Simak pilihan mainan anak laki-laki usia balita berikut ini. Ada banyak sekali jenis mainan yang memiliki bentuk, warna, model, dan kegunaan beredar di pasaran yang dapat Mom pilih untuk anak-anak. Sesuaikan pilihan Mom dengan budget dan jenis kelamin si kecil ya, agar mereka dapat bermain dengan nyaman. Beberapa mainan anak laki-laki yang dapat Mom beli, seperti sebagai berikut ini.

Bola adalah mainan yang identik dengan anak laki-laki. Mom, pilihlah bahan bola yang aman untuk buah hati. Selain itu hindari ruangan yang penuh perkakas ketika anak bermain bola.

Mainan ini memang identik sekali dengan anak laki-laki, walaupun anak perempuan juga tidak dilarang untuk memainkannya. Mom dapat membeli bola sesuai dengan umur anak. Untuk anak yang masih kecil, mungkin Mom bisa memilih bola dari bahan yang lunak, seperti bola dari bahan boneka, sehingga anak aman saat memainkannya. Untuk anak yang lebih besar lagi, bola plastik bisa dijadikan pilihan.  Ajak anak bermain bola di luar ruangan atau di tempat yang aman jauh dari barang-barang agar tidak mudah jatuh atau pecah.

Alat musik, bantu anak mengenal bunyi, fungsi, dan bentuk alat musik. Mom juga bisa sekalian mengenalkan buah hati jenis-jenis alat musik.

Ananda suka sekali mendengarkan musik atau berdendang? Cocok sekali jika dia dibelikan mainan alat musik. Mainan seperti ini biasanya sudah mirip dengan aslinya bahkan fungsinya pun sama. Dari sini anak-anak bisa belajar jenis-jenis alat musik yang ada dan cara memainkannya. Mom juga bisa mengajarinya bermain musik sambil bernyanyi. Anak-anak pasti menyukai suara-suara riang yang keluar dari alat musik tersebut.

Pistol-pistolan, sebaiknya Mom pilih yang mengeluarkan bunyi saja agar aman.  Perlu Mom ketahui peluru berbahan yang lembut sekalipun dapat membahayakan anak.

Pilih pistol-pistolan yang hanya mengeluarkan suara dan musik saja ya untuk anak-anak balita agar aman dan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan. Karena pistol mainan yang berpeluru, meskipun lunak bisa saja membahayakan bagi anak-anak.

Mobil-mobilan, cocok sekali dimainkan untuk anak laki-laki.  Mom bisa memilih yang pas sesuai usianya. Pastikan juga tidak membahayakan buat anak.

Nah, ini satu lagi mainan yang menunjukkan bahwa pemiliknya adalah laki-laki. Mom bisa membelikan mainan mobil-mobilan yang berukuran kecil maupun besar. Ada juga mobil-mobilan yang memang bisa dikendarai dan dinaiki. Tapi, sebaiknya pastikan anak sudah bisa duduk dan menjaga keseimbangannya ya saat menaiki mobil-mobilan agar tidak jatuh.

Keamanan mainan anak, bisa Mom perhatikan dari bahan pembuat maupun ukuran.  Perhatikan juga risiko-risikonya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sebelum membelikan mainan untuk anak-anak sebaiknya Mom juga memperhatikan keamanan mainan tersebut baik dari bahan pembuat mainan maupun ukurannya. Bagi anak yang masih kecil, mainan dengan ukuran besar adalah pilihan yang tepat. Karena anak-anak senang sekali bereksplorasi dengan mainannya dan memasukkannya ke dalam mulut, sehingga rentan sekali kuman dan bakteri berpindah ke mulutnya. Mainan berukuran kecil bisa membahayakan bagi anak, risiko tersedak atau menelan mainan bisa saja terjadi dan mengakibatkan kecelakaan yang mematikan. Jika si Kecil suka memasukkan mainan ke dalam mulutnya, sebaiknya memberikan mainan yang mudah dicuci. Pastikan juga mainan yang Mom beli tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan dan mainan tidak memiliki sisi yang tajam. Namanya juga anak-anak, mereka pasti akan mencoba-coba.  Mainan yang memiliki tali panjang harus dihindari karena anak-anak bisa terlilit lehernya oleh tali tersebut. Apapun pilihan mainan untuk anak-anak, Mom perlu selalu waspada dan mengawasinya ya. Lagi pula anak-anak masih butuh bantuan dan stimulasi untuk perkembangannya. Dari mainan tersebut Mom bisa mengajarkan berbagai hal untuk mengasah motoriknya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top