Now Reading
Ini Loh Sebenarnya Penyakit Kulit Bolong yang Sering Bikin Bulu Kuduk Merinding

Ini Loh Sebenarnya Penyakit Kulit Bolong yang Sering Bikin Bulu Kuduk Merinding

Apakah Mom pernah mendengar atau melihat penyakit kulit bolong? Di media internet saat ini ramai gambar tangan yang kulitnya dipenuhi dengan lubang.  Sehingga gambar ini kerap kali disebut dengan penyakit kulit bolong. Namun apakah penyakit itu benar-benar ada? Banyak yang tidak terlalu mengetahuinya.

Pitted keratolysis adalah penyakit kulit berlubang,namun lebih mirip seperti penyakit mata ikan.

Ada dua kemungkinan dari penyakit kulit bolong.  Salah satu penyakit kulit bolong yang benar dan nyata bernama Pitted keratolysis.   Pitted keratolysis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menyebabkan Pitted keratolysis ada beberapa  spesies, seperti Corynebacteria, Dermatophilus congolensis, Kytococcus sedentarius, Actinomyces dan Streptomyces.  Bakteri ini menyerang kulit telapak kaki, tumit, dan tangan.   Paling banyak adalah bagian telapak kaki. Akan tetapi, gambar Pitted keratolysis tidaklah seperti yang heboh di media internet.  Lubang-lubangnya yang kelihatan seperti penyakit kulit bolong lebih mirip lapisan kulit kering atau seperti penyakit mata ikan.  Lapisan kulit yang kering dan mengeras ini apabila semakin banyak akan menjadi seperti sebuah kawah yang putih. Profesi atau pekerjaan yang memiliki risiko terkena Pitted keratolysis adalah pekerja industri, petani, atlit, nelayan, pelaut, dan orang militer.   Penderita Pitted keratolysis lebih banyak laki-laki daripada perempuan. Lubang-lubang di kulit yang muncul bisa menyebabkan terjadinya infeksi jamur.  Sehingga jika ini terjadi, muncul bau yang tidak sedap dari kaki yang terkena infeksi jamur. Pengobatan pada Pitted keratolysis bisa dilakukan secara mandiri di rumah, yaitu dengan menjaga kebersihan kulit kaki.  Membersihkan kaki dengan sabun antiseptik atau bakteri juga dianjurkan. Jangan sampai memakai kaos kaki yang basah atau berkeringat.   Gantilah kaos kaki jika sudah basah. Sehingga telapak kaki selalu kering. Pemakaian sepatu yang ketat sangat tidak dianjurkan. Bila cara tersebut tidak mempengaruhi, segera konsultasikanlah ke dokter.  Biasanya dokter akan memberikan obat antiseptik, anti jamur, dan anti-perspiran.

Trypophobia justru menimpa pada orang yang melihat gambar berlubang.

Kemungkinan kedua dari penyakit kulit bolong ketika sejumlah gambar yang kita di lihat di internet, banyak melukiskan penyakit kulit yang berlubang-lubang seperti sarang lebah.  Gambar tersebut memperlihatkan sebuah foto dari kulit yang tangannya telah berlubang sangat banyak, bahkan ditambahkan ada serangga atau binatang-binatang kecil yang bersembunyi di dalamnya. Jika seperti itu ciri-ciri yang Mom lihat.   Maka bisa jadi Mom terkecoh. Gambar tersebut biasanya hanya sebuah tipuan belaka.  Namun efeknya justru pada psikologis mata yang melihat gambar itu. Efek psikologis itu bernama trypophobia.  Akibatnya penyakit kulit bolong sangat erat kaitannya dengan penyakit trypophobia Tryppobia adalah fobia atau rasa takut ketika melihat bolong atau lubang-lubang yang asimetris.  Contoh lubang yang asimetris tersebut, seperti gambar kulit yang bolong seperti sarang lebah, busa pembersih, sarang lebah, biji bunga teratai, biji bunga lotus, sumsum tulang, dan lain sebagainya. Fobia yang dirasakan penderita trypophobia adalah jijik yang luar biasa, gelisah, cemas, takut, mual, sakit kepala, jantung berdebar, dan efek fobia pada umumnya.  Meskipun sebenarnya beberapa pakar psikolog mengatakan bahwa fobia yang dihasilkan dari penyakit ini lebih cenderung kepada perasaan yang tak nyaman atau jijik daripada perasaan takut.  Akan tetapi, tentu saja jika fobia itu semakin parah maka akan sangat mengganggu kehidupan penderita.

Penderita trypophobia bisa mengobati fobianya secara mandiri terlebih dahulu. Akan tetapi bila sudah sampai sangat mengganggu segeralah konsultasikan ke psikolog.

Penyebab fobia ini bisa terjadi karena trauma di masa lampau.  Para penderita trypophobia mungkin pada masa kecilnya pernah jatuh atau menemukan kejadian yang tidak mengenakan tentang lubang.  Sehingga ketika dewasa ingatan itu masih melekat, sehingga dalam otak menangkap lubang-lubang itu berbahaya. Jika fobia sangat menganggu kehidupan penderita trypophobia, sebaiknya segera ditangani.  Penderita bisa mencoba mengobati secara mandiri telebih dahulu.  Cobalah penderita mencari tahu penyebab rasa takutnya. Kemudian melakukan pola hidup sehat, selalu berpikiran positif, dan berolah raga agar sehat jiwa dan raga.  Mintalah juga kepada keluarga dan teman-teman terdekat untuk mendukung penderita sembuh dari penyakit ini. Jika ini tidak membantu segera hubungi atau konsultasikan ke dokter. Lakukan terapi yang diberikan dokter dengan bersungguh-sungguh.  Hal yang paling penting adalah keyakinan penderita untuk sembuh.  Sehingga penyakit trypophobia atau penyakit kulit bolong ini tidak menjadi momok yang menakutkan lagi.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top