Now Reading
Ini Langkah Sederhana Mendukung Orang dengan Penyakit Leukemia

Ini Langkah Sederhana Mendukung Orang dengan Penyakit Leukemia

Tahukah Mom bahwa di sekitar kita setiap 30 detik seseorang didiagnosis menderita kanker yang berkaitan dengan darah, seperti leukemia, limfoma, multiple myeloma, atau salah satu dari banyak gangguan lainnya? Pada tahun 2011 telah ditemukan 44.600 kasus baru penyakit leukemia yang didiagnosis di Amerika Serikat. Hal ini bisa berarti bahwa sangat mungkin di sekitar kita ada  teman, rekan kerja, anggota keluarga, atau siapa saja yang kemungkinan besar sedang menderita leukemia, atau mereka yang masih bertahan hidup dengan penyakit tersebut di dalam tubuhnya.                                                                                                    Bagi si penderita, ketika mendapatkan diagnosis bahwa dirinya menderita kanker darah tentu akan campur aduk rasanya. Tak hanya bagi dirinya, dokter yang memberikan diagnosis maupun petugas kesehatan yang akan mendampinginya pun akan merasakan hal yang sama.  Keterkejutan dan rasa cemas berlebih bisa saja timbul. Hal ini perlu sekali segera diatasi karena rasa cemas berlebih bisa memicu stres. Semakin tinggi tingkat stres, maka akan semakin memperparah kondisi penderita. Ada beberapa hal sederhana yang bisa Mom lakukan untuk memberikan dukungan kepada penderita penyakit leukemia. Terlebih bila penderita itu merupakan orang yang dekat dengan kita, seperti keluarga ataupun sahabat. Dukungan ini lebih kepada adanya rasa peduli kepada mereka di saat penderita sedang berjuang untuk kesembuhan. Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Mom lakukan sebagai dukungan untuk para penderita penyakit leukemia.

Bantulah mereka untuk dapat beristirahat yang cukup.  Waktu tidur yang cukup bisa membuat pasien merasa lebih baik.

Mom bisa membantu atau mendorong pasien agar dapat beristirahat dengan banyak tidur. Cukupnya waktu tidur bisa membantu penderita merasa baikan setelah mengalami berbagai kemoterapi ataupun radiasi yang melelahkan.

Sajikan makanan yang sehat, serta hindari makanan yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

Mom bisa juga membantu menyajikan masakan dan makanan sehat kepada penderita. Perbanyak konsumsi whole grains, buah-buahan, dan sayuran. Lebih baik lagi bila bisa memberikan makanan dari bahan organik kepada pasien.  Ingat, Mom! Hindari ikan mentah, makanan pedas, dan makanan lain yang bisa mengganggu kesehatan lambung.

Pastikan pasien berada dalam lingkungan yang bebas kuman ya Mom. Jangan sampai kuman yang menempel di badan kita turut menulari pasien.

Mom perlu mencuci tangan sesering mungkin saat berada di sekitarnya.  Sekiranya Mom merasa tidak enak badan, sebaiknya tidak berada di sekitar pasien tersebut hingga Mom sehat kembali.

Mom bisa mencoba mengajak pasien untuk bergabung ke dalam komunitas sehingga pasien tak merasa sendirian.

Ajaklah bergabung dengan berbagai komunitas maupun kelompok pemerhati penyakit leukimia. Hal ini untuk menghindari kondisi pasien merasakan sendirian dalam menghadapi penyakitnya. Dukungan dari sesama penderita leukimia tentunya akan sangat berarti dalam ikhtiar untuk mendapatkan kesembuhan.

Bantulah penderita leukemia untuk melakukan rutinitas hariannya seperti biasa.

Dalam kesehariannya, pasien tentu butuh pertolongan melakukan aktivitas rutinnya.  Mom bisa terus membantu pasien melakukan kegiatan rutinnya.

Jadilah pendukung yang baik, meskipun hanya sebagai tempat curhat.

Pastikan Mom terus menjalin kontak dan memberikan dukungan terbaik yang dibutuhkan penderita leukima . Terkadang hanya dengan mendengarkan curhatan si penderita bisa sangat berarti bagi mereka.

Jangan ragu memperlihatkan kepedulian Mom, walaupun dengan cara yang sederhana.

Tunjukan kepedulian Mom dengan melakukan hal-hal sederhana, seperti  mengirimkan kartu tak terduga, sms, atau whatsapp yang berisi pesan untuk terus bersemangat.  Mom juga bisa mengirimkan bunga atau kado-kado kecil selama penderita menjalani hari-hari terberatnya, terutama di saat dia sedang mengalami perawatan.

Carilah kelompok atau organisasi yang mumpuni sehingga bisa memberikan informasi terkait pengobatan leukimia.

Temukan kelompok, organisasi profesional atau yayasan di wilayah Mom dan informasikan hal ini kepada pasien agar dia bisa mendapatkan dukungan seputar diagnosis dan pengobatan, dukungan emosional dan berbagai saran bermanfaat yang dapat mendukung kesembuhan.                                                                                           Selain memberikan dukungan sebesar-besarnya, Mom juga perlu memperhatikan bahwa penderita penyakit leukemia ini juga butuh waktu sendiri ketika sedang menjalani terapi pengobatannya. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana di atas, diharapkan Mom bisa memberikan dukungan yang tepat bagi kesembuhan penderita.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top