Now Reading
Ingin Perut Rata? Coba deh 5 Latihan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Ini

Ingin Perut Rata? Coba deh 5 Latihan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Ini

Mom, ternyata gerakan yoga bukan hanya bermanfaat untuk relaksasi saja.  Ada gerakan-gerakan khusus yoga untuk mengecilkan perut, yaitu gerakan-gerakan yoga yang bisa membakar tumpukan lemak di perut serta menguatkan otot-otot di bagian perut dan sekitarnya.  Menyenangkannya, gerakan yoga adalah gerakan yang perlahan sehingga dapat dilakukan oleh siapapun, sekalipun Mom punya keluhan dengan tulang belakang. Seperti gerakan yoga lainnya, maka yoga untuk mengecilkan perut ini juga harus dilakukan secara perlahan dan dengan pengaturan napas yang baik.

Beberapa gerakan yoga bermanfaat untuk mengecilkan perut. Lihat apa saja gerakannya, yuk!

Apa saja ya gerakan yoga yang bermanfaat untuk mengecilkan perut?  Berikut ini 5 gerakan yoga untuk Mom coba. Tadasana, gerakan yoga yang paling cocok untukMom yang pemula. Tadasana adalah gerakan yoga yang paling dasar dan mudah untuk dilakukan, termasuk bagi Mom yang masih pemula. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk menguatkan otot bagian perut, memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan kinerja otot tubuh secara alami. Untuk melakukan latihan Tadasana, Mom cukup mengikuti 2 langkah mudah ini: – Berdiri tegak lalu jinjitkan kaki, angkat ke atas sambil menarik napas. – Lakukan langkah ini berulang-ulang setiap detik sebanyak 10 kali. Pavanamuktasana, gerakan yoga yang paling santai. Mom bisa melakukannya sambil tiduran di kasur. Gerakan yoga yang paling santai dan termasuk mudah dilakukan untuk mengecilkan perutmu adalah Pavanamuktasana. Latihan yoga untuk mengecilkan perut ini bisa Mom lakukan di kasur saat bangun atau sebelum tidur. Gerakan yoga Pavanamuktasana sangat mudah untuk dilakukan. Mom cukup melakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Berbaring di atas matras yoga dengan posisi telentang.
  • Angkat kepala dan tarik kaki kanan sambil menarik napas, lalu cium lutut sambil menghembuskan napas.
  • Ganti dengan kaki kiri.
  • Lakukan dengan menarik kedua kaki hingga menyentuh hidung dan tahan selama 30 detik. Atur pernapasan seperti langkah kedua.
  • Ulangi beberapa kali semampu Mom.
Bhujangasana, gerakan yoga yang punya 3 manfaat sekaligus. Selain sebagai gerakan yoga untuk mengecilkan perut, gerakan ini bermanfaat untuk melenyapkan lemak yang menumpuk di perut, gerakan yoga yang satu ini juga cocok untuk kelenturan bagian pinggang dan tulakang belakang Mom. Dengan rutin melakukan Bhujangasana akan membuat Mom terhindar dari yang namanya sakit punggung. Bahkan hingga menyembuhkan sakit punggung yang sudah terlanjur datang. Cara melakukannya gerakannya adalah sebagai berikut:
  • Ambil posisi tidur telungkup dengan kaki lurus dan kedua telapak tangan berada tepat di bawah garis bahu.
  • Tarik napas secara perlahan dan angkat badan ke arah belakang dengan kedua tangan.
  • Tahan posisi ini selama 1 menit
  • Kembali ke posisi awal sambil menghembuskan napas secara perlahan. Ulangi 5-10 kali.
Dhanurasana, adalah posisi “perahu” yang efektif dalam mengurangi lemak di perut Mom. Yoga Dhanurasana memang cenderung sulit untuk dilakukan, tapi Mom tetap wajib mencobanya karena punya banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya ampuh membakar lemak yang menumpuk di perut, gerakan yoga yang satu ini, selain merupakan gerakan yoga untuk mengecilkan perut juga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot punggung. Walaupun agak sulit, tapi jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan Mom juga akan terbiasa dengan gerakan yoga yang satu ini. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Berbaring dengan posisi telungkup di atas matras yoga, bengkokan lutut ke atas dan pegang pergelangan kaki dengan tangan.
  • Angkat badan ke atas sampai tubuh membentuk lengkungan mirip, seperti perahu dan hanya perut yang jadi tumpuan badan.
  • Arahkan kepala dan pandangan ke arah atas, tahan posisi ini 30 detik hingga 1 menit.
Padahastasana, gerakan yoga yang bikin Mom langsing sekaligus pintar. Selain pasti ampuh untuk melangsingkan perut gerakan yoga yang satu ini punya manfaat lain, yaitu membuat Mom lebih cerdas. Kok bisa? Karena gerakan dari Padahastasana ini juga bisa memperlancar pasokan oksigen ke otak, jadi sel-sel otak pun bisa bekerja lebih aktif. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Ambil posisi berdiri tegak dan angkat tangan ke atas sambil menarik napas.
  • Tarik kedua tangan ke bawah telapak kaki dan embuskan napas.
  • Tahan posisi ini hingga 1 menit, ulangi hingga beberapa kali.
Menarik sekali ya ternyata memang betul bahwa yoga bukan hanya untuk relaksasi ternyata yoga pun mempunyai bervariasi gerakan yoga untuk mengecilkan perut.  Pelajari dan siap dipraktekkan ya Mom.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top