Now Reading
Ingin Melamar Kerja? Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Berikut Ini

Ingin Melamar Kerja? Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Berikut Ini

Apakah Mom ingin memulai kerja atau ingin bekerja kembali? Memang, pada saat seseorang telah berhasil menyelesaikan masa studinya, baik itu di bangku sekolah menengah kejuruan (SMK), sekolah menengah atas (SMA) maupun Universitas, maka langkah selanjutnya biasanya memasuki dunia kerja. Untuk mendapatkan pekerjaan yang Mom inginkan dari daftar lowongan kerja, maka hal pertama yang harus Mom lakukan adalah membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja inilah yang kemudian Mom kirimkan atau sampaikan langsung kepada pihak perusahaan, biasanya ke bagian HRD. Surat lamaran kerja biasanya terdiri dari 2 hal, yaitu surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae.

Surat lamaran kerja adalah surat yang resmi. Untuk itu, buat surat lamaran kerja Mom dengan baik dan benar.

Bagaimanakah seharusnya surat lamaran kerja itu? Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang baik. Surat lamaran kerja dan CV merupakan sarana bagi pihak perusahaan untuk bisa menentukan apakah mereka tertarik untuk mengikutsertakan Mom dalam proses seleksi yang akan mereka lakukan. Oleh karena itu, Mom harus bisa membuat surat lamaran kerja dan CV yang menarik tentang diri Mom. Untuk lebih jelasnya Mom bisa memperhatikan contoh surat lamaran pekerjaan berikut.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Tempat dan tanggal penulisan surat Contoh : Jakarta, 16 Januari 2018 Nama perusahaan yang dituju – tujukan pada bagian HRD Kepada Yth. Divisi Human Resource (SDM)
  1. Maju Terus
Jl. Selamat Sejahtera 10 Jakarta Pusat Salam pembukaan Contoh : Dengan Hormat Kata pengantar Pada bagian pengantar, Mom bisa memulai dengan menyampaikan tujuan Mom menuliskan surat lamaran kerja ini. Pada bagian ini Mom bisa menyebutkan juga dari mana Mom mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan ini dan posisi yang Mom lamar. Isi Bagian Isi ini menyampaikan hal-hal apa yang Mom lampirkan pada surat lamaran yang Mom ajukan. Mom juga bisa menyampaikan biodata Mom secara ringkas saja supaya lebih jelas. Harapan Pada bagian ini Mom bisa menyampaikan bagaimana harapan Mom untuk bisa diterima di perusahaan tersebut. Mom juga boleh menambahkan tentang kesediaan wawancara dan sebagainya. Penutup Bagian penutup sebaiknya Mom isi dengan ucapan terima kasih kepada perusahaan.  Dan juga pernyataan yang tadi Mom tulis adalah pernyataan yang jujur dan benar. Jangan lupa bubuhkan tanda tangan dan nama terang di akhir surat lamaran kerja. Jika Mom masih bingung, untuk lebih memudahkan Mom, perhatikan  contoh surat lamaran kerja berikut ini. Contoh surat lamaran kerja ini bisa Mom jadikan rujukan. Bandung, 14 Februari 2018 Kepada Yth. HRD Manager PT. Sejahtera Selalu Jl. Kinanti No. 8, Bandung Perihal : Lamaran Pekerjaan Dengan Hormat, Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Tempo, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk posisi management trainee. Melalui surat lamaran ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama : Armita Siregar Tempat/Tanggal Lahir : Medan, 10 Oktober 1997 Jenis Kelamin : Perempuan Pendidikan : SMK Perhotelan Pasundan III Bandung Alamat : Jl. Pasundan Raya No. 7 RT/RW 001/003 Telepon : 089987412222 Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, maka bersama ini saya lampirkan juga curriculum vitae saya serta fotokopi dari ijazah, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya. Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Besar harapan saya untuk bisa menjadi salah satu bagian dari perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak. Hormat saya, Armita Siregar

Jangan lupa sertakan CV ketika mengirim surat lamaran kerja.

Untuk melengkapi surat lamaran kerja, maka Mom harus juga bisa membuat CV yang singkat, padat, dan menarik. Adapun struktur dari curriculum vitae (CV) terdiri dari :
  •        Data Pribadi
  •        Data Pendidikan
  •        Data Pengalaman Organisasi
  •        Data Pengalaman Kerja
  •        Data Kemampuan Kerja
  •        Hobby / Kegemaran
Mom bisa membuat CV Mom menjadi lebih menarik dengan menambahkan data-data yang menurut Mom menarik untuk ditunjukan kepada pihak perusahaan tentang diri Mom. Demikian contoh surat lamaran kerja yang bisa Mom jadikan rujukan. Mom bisa menuliskan surat lamaran kerja menurut Mom sendiri. Buatlah yang benar-benar menggambarkan diri Mom.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top