Now Reading
Mom Harus Tahu! Imbauan dari Dinas Pendidikan Bagi Para Guru dan Kepala Sekolah Terkait Kejahatan Terorisme

Mom Harus Tahu! Imbauan dari Dinas Pendidikan Bagi Para Guru dan Kepala Sekolah Terkait Kejahatan Terorisme

Pada saat situasi genting atau kondisi rawan terorisme seringkali membuat para anak-anak mengalami trauma dan ketakutan. Oleh karena itu, selain dari pihak keluarga, anak harus mendapatkan sebuah pengertian dan pengarahan dari pihak sekolah. Ada pula imbauan dari Dinas Pendidikan bagi para guru dan kepala sekolah kepada siswanya pada saat berada dalam situasi tersebut.

Sediakan waktu bicara pada siswa tentang kejahatan terorisme.

Sudah sepantasnya guru menyediakan waktu untuk bicara pada siswa tentang kejahatan terorisme. Siswa sering menjadikan guru sebagai tempat mencari informasi dan pemahaman tentang apa yang sedang terjadi. Jadi, alangkah baiknya para guru dan kepala sekolah memberikan waktu untuk membahas sebuah tragedi kejahatan terorisme.

Bahas secara singkat apa yang terjadi, meliput fakta-fakta yang sudah terverifikasi. Jangan membuka ruang terhadap rumor, isu, dan spekulasi.

Saat menggelar pembahasan tentang sebuah kajahatan terorisme sebaiknya para guru memberikan sebuah bahasan singkat tentang apa yang terjadi. Memaparkan sebuah fakta-fakta yang sudah terverifikasi. Para guru pun dilarang membuka ruang terhadap rumor, isu, dan spekulasi. Pasalnya hal tersebut justru akan memperburuk keadaan dan bisa mempengaruhi mental anak.

Para guru berhak memberikan kesempatan murid untuk mengungkapkan perasaannya tentang sebuah tragedi atau kejahatan yang sedang terjadi.

Beri kesempatan siswa untuk mengungkapkan perasaannya tentang tragedi/kejahatan yang terjadi. Para guru dapat menyatakan dengan jelas rasa duka cita terhadap para korban dan keluarganya. Lalu mengarahkan rasa kemarahan pada pada sasaran yang tepat, yaitu pada pelaku kejahatan bukan pada identitas golongan tertentu yang didasarkan pada prasangka.

Para guru juga harus dapat mengimbau untuk kembali pada rutinitas normal.

Kembalikan pada rutinitas normal. Terorisme akan sukses apabila mereka berhasil mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan kehidupan kebangsaan kita. Ajak siswa berpikir positif, ingatkan bahwa negara kita telah melewati banyak tragedi dan masalah dengan tegar, gotong royong, semangat persatuan, dan saling menjaga

Mengajak siswa untuk diskusi dan mengapresiasi kerja para petugas keamanan.

Ajak siswa berdiskusi dan mengapresiasi kerja para polisi, TNI, dan petugas yang melindungi, melayani, dan membantu kita di masa tragedi. Diskusikanlah lebih banyak tentang sisi kesigapan dan keberanian mereka daripada sisi kejahatan pelaku teror. *** Dengan adanya imbauan seperti ini diharapkan para siswa pun bisa berpikir positif dan tidak mengalami sebuah trauma yang mendalam. Kasihan mereka kan Mom jika dengan adanya kejadian seperti ini akan membuat psikis mereka terganggu. Sebab, dukungan moril di sekolah pun akan dibutuhkan oleh anak-anak Mom. ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top