Now Reading
Ikuti Tips agar Cepat Tidur Berikut Ini supaya Istirahat Mom Berkualitas

Ikuti Tips agar Cepat Tidur Berikut Ini supaya Istirahat Mom Berkualitas

Tidur adalah aktivitas yang menyenangkan. Bayangkan seluruh diri Mom rileks dan secara perlahan-lahan Mom akan jatuh ke dalam alam mimpi. Bila Mom bisa tertidur dengan kualitas tidur yang baik, maka tertidur hanya 15 menit – 30 menit saja sebenarnya sudah cukup. Tetapi ternyata tidak semua orang bisa tertidur dengan mudah hingga membutuhkan tips agar cepat tidur. Reaksi tubuh setiap orang memang berbeda-beda, ada yang sedikit saja kelelahan sudah bisa langsung tertidur lelap, ada pula yang apabila terlalu kelelahan justru menjadi sulit tidur bahkan tidak bisa tidur. Padahal setelah berbagai kegiatan sehari-hari, tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat guna memulihkan kesegarannya kembali. Berikut ini adalah tips agar cepat tidur yang bisa Mom coba lakukan, apabila Mom termasuk orang yang sulit tidur :

Minum susu tawar hangat bisa membuat tidur Mom jadi lebih nyenyak.

Kiat agar cepat tidur yang pertama adalah minum susu hangat. Sebaiknya yang Mom minum adalah susu putih (tawar) yang dihangatkan, lalu minumlah begitu saja tanpa ditambahkan gula. Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu  hormon untuk membuat tidur Mom lebih nyenyak. Jangan mengonsumsi susu coklat atau susu yang sudah diberi tambahan rasa. Oleh karena umumnya susu – susu itu sudah mengandung gula. Gula justru akan memberikan efek energi sehingga Mom justru akan semakin sulit untuk tertidur.

Mandi dengan air hangat sebelum tidur akan membantu meredakan ketegangan otot dan syaraf.

Tip agar cepat tidur yang berikutnya adalah mandi air hangat. Air hangat, apalagi bila Mom menggunakan shower, maka tekanan yang diberikan oleh air yang mengalir dari shower akan memberikan efek pijatan dan air hangat akan mengendurkan otot dan syaraf yang mungkin kaku dan tegang. Mom juga dapat memilih alternatif lain dengan berendam dalam air hangat, yang juga akan memberikan efek meredakan ketegangan otot dan syaraf.

Aroma lavender dari aromaterapi bisa membuat Mom rileks di malam hari.

Tip agar cepat tidur pergunakan aromaterapi dengan wangi lavender. Mom bisa menyalakan lilin beraroma lavender atau memanaskan minyak aromaterapi lavender di kamar tidur Mom, lalu rebahkanlah diri Mom di tempat tidur dan kosongkanlah pikiran Mom. Hiruplah secara perlahan wangi Lavender yang ada sambi Mom mengatur pernafasan Mom. Rasakan saja pernafasan Mom satu persatu hingga Mom tertidur.

Mematikan lampu sebelum tidur akan membuat mata dan otak Mom beristirahat.

Selanjutnya, Mom bisa mencoba tidur dengan meredupkan atau bahkan menggelapkan ruangan tidur Mom. Gelap akan membuat otak Mom beristirahat dan karenanya Mom akan lebih rileks dan nyaman serta segera tertidur lelap. Bila perlu Mom bisa menggunakan penutup mata agar lebih terasa gelap.

Iringan musik yang lembut bisa mengantarkan Mom untuk tidur lebih cepat.

Dengarkanlah musik yang lembut mengalun juga bisa membuat Mom lebih cepat tertidur. Alunan musik yang lembut akan menyamankan gelombang otak dan membuat Mom rileks.

Olahraga ringan sebelum tidur bisa membuat tubuh Mom lebih cepat meminta untuk istirahat.

Tip agar cepat tidur berikutnya adalah berolahraga ringan sebelum Mom tidur. Mom bisa melakukan olahraga ringan seperti sit up atau latihan beban, tetapi hanya dalam kategori ringan. Berolahraga ringan yang Mom lakukan ini hanya agar menguras energi yang mungkin masih tersisa dan membuat tubuh membutuhkan istirahat.

Jangan makan terlalu pedas dan terlalu kenyang ya Mom, nanti perut Mom penuh dan malah sulit tidur.

Hindari makan makanan berat atau makan makanan yang terlalu pedas sebelum Mom tidur. Makanan pedas serta perut yang penuh akan membuat Mom sulit tertidur meskipun Mom mengantuk. Tidur dengan perut penuh juga bisa menimbulkan rasa eneg dan mual yang justru bisa mengganggu tidur Mom. Itu lah beberapa tips agar cepat tidur yang bisa Mom coba lakukan. Hal yang terpentng agar Mom bisa cepat tidur sebelnarnya adalah pada rasa nyaman Mom baik secata fisik maupun mental. Karena itu saat akan pergi tidur usahakanlah agar Mom dalam kondisi tenang tanpa beban pikiran.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top