Now Reading
Cara Membuat Blog Lebih Profesional

Cara Membuat Blog Lebih Profesional

BPers masih ingat gak kapan pertama kali mulai menulis blog? Awalnya karena apa? Pasti banyak dari kalian yang mulainya hanya sekedar iseng-iseng. Namun setelah mulai menulis blog, banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk serius.

Nah di titik mana sih kalian mulai merasa ingin serius menulis blog? Kalo KakMin mulai serius setelah melihat tren digital yang semakin berkembang dan semakin melihat banyak peluang yang bisa didapatkan dari blogging.

Setelah sudah berniat untuk serius menulis, KakMin coba untuk belajar gimana sih caranya membangun blog yang profesional? mulai dari belajar sendiri dengan modal baca-baca sampai sharing bareng sama temen-temen yang KakMin kenal dari komunitas Blogger Perempuan.

Hal pertama yang KakMin pelajari adalah cara menulis yang baik. Teknik penulisan yang kita gunakan sangat berpengaruh pada kenyamanan pembaca. Saran dari KakMin, gunakan  alur dan bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami agar pembaca betah berlama-lama di blog kalian.

Selain itu KakMin juga belajar tentang SEO supaya blog milik KakMin banyak pengunjungnya. Gak cuma ngejar traffic aja, KakMin juga berusaha buat menjalin engagement sama para pembaca. Gimana caranya? Sering-sering blogwalking dan rajin balas atau meninggalkan komentar di postingan orang lain. Oh iya, jangan lupa bagikan postingan blog di seluruh akun media sosial  kalian ya karena cara ini ampuh banget!

Setelah berusaha konsisten, hasilnya mulai kelihatan dari ramainya traffic, views, dan jumlah komentar di setiap postingan. Senang deh! Tapi kok kayak masih ada yang kurang ya? 

Setelah diskusi dan tanya sana sini, akhirnya KakMin dapat jawabannya. Salah satu cara untuk bikin blog jadi lebih profesional adalah dengan menggunakan web hosting. Waktu itu sebagai pemula, KakMin bingung “apa itu web hosting?” Jadi gambaran mudahnya adalah seperti ini:

  • Setiap blog pasti memiliki domain, Contoh alamat domain adalah www.bloggerperempuan.co.id . Nah ini diibaratkan sebagai rumah.
  • Sedangkan web hosting adalah tempat dimana rumah itu berpijak.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul di benak KakMin adalah “web hosting ini fungsinya apa sih?” “kenapa harus pakai web hosting?”. Berikut adalah fungsi dari web hosting: 

  •  Tempat penyimpanan data

Web hosting berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Ibaratnya web hosting ini seperti memory card. File-file yang disimpan diantaranya berupa  teks, gambar, video, audio dll.

  • Alamat akses data website

Web hosting ini berperan sebagai akses situs dari DNS tertentu. Misalnya, jika website kita memiliki alamat “bloggerperempuan.com”, maka situs tersebut memiliki nama domain yang telah terdaftar ke sebuah DNS. Meskipun alamat website atau situs kita sudah terdaftar di DNS, website tidak akan bisa diakses jika tidak memiliki hosting. Itulah kenapa jika kita memiliki domain, maka kita harus memiliki hosting.

  • Membuat website selalu online

Pernah gak BPers membuka website namun yang muncul halaman error? Nah web hosting ini juga berfungsi untuk menjaga website selalu  online 24 jam. Jadi pembaca bisa selalu mengakses blog kamu kapan saja selama penyedia layanan hosting yang digunakan tidak down servernya atau mengalami gangguan lainnya. 

Gimana udah ada gambaran kan sekarang tentang fungsi dan kenapa kita harus pakai web hosting? Sekarang waktunya pilih jasa web hosting. Buat yang masih bingung cara pilih hosting yang tepat, ini komponen yang harus diperhatikan:

See Also

    • Jenis Hosting
    • Fitur
    • Support
    • Harga
    • Control Panel
    • Lokasi Data Center

Setelah mempertimbangkan komponen di atas, akhirnya kak KakMin pilih untuk pakai masterweb. Alasannya sih sederhana, karena masterweb ini memenuhi semua komponen di atas. Mulai dari banyak pilihan jenis hosting, fitur mumpuni, tim support profesional yang siap membantu kalian 24/7, gratis domain & SSL, dan harga yang ramah di kantong . Oh iya gak perlu ragu lagi soal keamanannya karena masterweb udah punya Sertifikasi ISO 2700, yaitu jaminan keamanan informasi dan data pelanggan sesuai standar keamanan informasi kelas dunia. Gak heran sih kalo masterweb jadi Web Hosting No. 1 di Indonesia.

Buat yang sedang mencari jasa web hosting, KakMin merekomendasikan pakai masterweb. BPers tinggal duduk santai mencari ide konten dan terima beres #AntiGaptekGaptekClub hehe. Kelebihan yang KakMin rasakan setelah menggunakan jasa dari masterweb adalah mereka memiliki panduan lengkap dan mudah dipahami  sehingga untuk para pemula yang belum pernah menggunakan hosting ini tidak akan merasakan kebingungan. Selain itu masterweb memiliki fitur daily backup. Jadi gak perlu ada data yang hilang karena lupa backup! Berguna banget kan? Oh iya fitur daily backup ini bisa didapatkan di paket termurah sekalipun lho!

Masterweb ini juga menawarkan Control Panel Plesk yang lebih mudah digunakan (user-friendly) dibanding cPanel. Terdapat berbagai fitur dan tools yang mempermudah  kalian dalam mengelola dan mengembangkan website. Selain itu jumlah resources yang ditawarkan pada paket termurah nya pun sudah lebih dari cukup untuk membangun website baru.

Nah gimana? Tertarik pakai web hosting dari masterweb juga? Untuk BPers yang sedang mencari hosting, pas banget nih karena masterweb sedang membagikan saldo gratis sebesar Rp. 50.000 untuk pendaftaran akun baru (selama promo berlangsung) caranya tinggal klik disini . Ada banyak sekali penawaran paket yang diberikan. Kamu bisa bebas pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Disana juga tertulis dengan  jelas mengenai harga dan fitur yang ditawarkan. 

Jadi tunggu apalagi? Yuk daftar sekarang! Jangan lupa juga untuk follow Instagram Masterweb @masterwebnetwork agar tidak ketinggalan informasi seputar produk dan promo dari masterweb!

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top