Hebatnya Kandungan dan Khasiat Minyak Zaitun. Dari Melembabkan Wajah Hingga Membantu Mencegah Kanker

Banyak sekali kandungan minyak zaitun banyak dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai hal. Minyak zaitun atau yang biasa dikenal dengan olive oil ini memang memiliki beribu khasiat. Minyak tersebut terbuat dari buah zaitun dan daunnya. Tanaman zaitun merupakan tanaman asli daerah basin Mediterania.  Minyak zaitun memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi manusia. Minyak zaitun ini banyak digunakan sebagai bahan kosmetik, bumbu memasak, obat herbal, dan sebagainya.

Kandungan dalam minyak zaitun ternyata banyak yang bisa kita manfaatkan loh Mom!

Dalam beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan sangat berkhasiat untuk kehidupan manusia. Ternyata minyak zaitun mengandung beberapa zat bermanfaat, diantaranya sebagai berikut ini.
  1. Oleic Acid
Minyak zaitun mengandung asam lemak oleat yang bersifat tidak jenuh tunggal. Zat asam tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  1. Tokoferol
Kandungan tokoferol merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang berperan dalam pembentukan vitamin E pada minyak zaitun.
  1. Senyawa fenolik
Senyawa tersebut untuk meningkatkan stabilitas oksidatif dan meningkatkan rasa. Senyawa tersebut terdiri dari Hydrohytyrosol, tyrosol, dan sebagainya.
  1. Trigliserida
Partikel tersebut memiliki fungsi sebagai pengangkut lemak di dalam tubuh.

Selain sebagai pelembab kulit, ternyata khasiat minyak zaitun banyak sekali. Dari kecantikan hingga kesehatan pun ada.

Dari kandungan zat yang terdapat dalam zaitun, membuat minyak zaitun memiliki berbagai khasiat. Apa saja khasiat minyak zaitun? Berikut ini ulasan khasiat minyak zaitun, diantaranya adalah sebagai berikut ini.
  1. Pelembab Kulit dan Wajah
Mom tentu sering menemukan minyak zaitun sebagai bahan kosmetik. Kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kulit Mom. Selain itu, asam lemak yang terdapat minyak zaitun dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan wajah Mom.
  1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Kandungan Oleic Acid yang terdapat pada minyak zaitun dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi juga dapat disebabkan oleh penimbunan kolesterol jahat (LDL) pada pembuluh darah.
  1. Mencegah Arteriosklerosis (Penebalan Pembuluh Darah)
Minyak zaitun dapat mengurangi resiko Arteisklerosis dengan khasiat dari Oleic Acid. Penyebab penebalan pembuluh darah tersebut, yaitu meningkatnya kolesterol jahat (LDL).
  1. Menghilangkan Rasa Nyeri
Minyak zaitun juga mengandung senyawa anti-radang, yaitu oleokanta yang berfungsi sebagai pereda nyeri. Minyak zaitun akan memengaruhi pembentukan protaglandin.  Protaglandin tersebut merupakan penyebab nyeri.
  1. Membantu Mencegah Kanker
Minyak zaitun berkhasiat dalam pencegahan kanker karena kandungan hidroksitirosolnya. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan  yang sangat baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel abnormal penyebab kanker.
  1. Dapat Melangsingkan Tubuh
Minyak zaitun sebagai minyak  yang mengandung lemak tak jenuh mampu memengaruhi lemak jenuh pada tubuh sehingga efektif untuk melangsingkan tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga dapat memecahkan sel penyebab obesitas (sel adiposit). Jadi sudah tahu ya mom tentang kandungan dan khasiat minyak zaitun. Tak diragukan lagi, minyak zaitun sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Namun demikian, penggunaan minyak zaitun harus benar ya Mom. Adakalanya minyak zaitun untuk kosmetik yang sudah pabrikan tidak boleh dijadikan makanan karena sudah ada tambahan bahan kimia lainnya.]]>

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top