Gejala Penyakit Gula

Penyakit gula dapat menyerang siapa saja.  Dahulu penyakit ini banyak diderita oleh orang-orang tua atau dewasa saja, belakangan anak-anak dan remaja juga bisa terkena penyakit gula. Dalam Journal of American Medical Association, penderita diabetes usia muda lebih banyak ditemukan di Asia.  Untuk itulah, ada baiknya kita mengenali beberapa hal penting tentang diabetes atau penyakit gula ini, seperti gejala penyakit gula dan jenis-jenisnya agar kita bisa lebih sadar lagi tentang masalah penyakit ini. Penyakit gula adalah suatu kodisi ketika seseorang memiliki kadar gula (glukosa) dalam darah yang tinggi atau melebihi batas angka normal dalam tubuhnya.  Kondisi ini disebut dengan hiperglikemia.   Gangguan penyakit gula merupakan gangguan metabolisme kronis. Akibatnya, insulin bekerja tidak efektif di dalam jaringan tubuh.   Produksi insulin jadi tidak cukup memadai atau insulin tidak memberi tanggapan yang benar.   Kondisi ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apabila terjadi komplikasi juga akan sangat berbahaya, penyakit gula bisa menyebabkan antara lain, kerusakan ginjal dan saraf, gigi, jantung, gangguan pada mata, dan lain sebagainya.  Penderita penyakit gula juga lebih memiliki risiko menderita infeksi.   Bila terjadi infeksi bahkan penderita penyakit ini berisiko diamputasi.  Risiko diamputasi pada penderita hingga lebih dari 25 kali lebih tinggi dari yang bukan penderita penyakit ini. Beberapa faktor risiko terkena penyakit gula adalah faktor genetika (keturunan) dan gaya hidup. Faktor gaya hidup yang sangat mempengaruhi diantaranya adalah merokok, hipertensi, kegemukan (obesitas), dan sebagainya. Meskipun faktor keturunan memberi banyak kontribusi terhadap penyakit ini, tetapi faktor gaya hidup juga harus kita waspadai. Beberapa penyebab semakin tingginya penderita penyakit gula karena gaya hidup biasanya dipicu oleh pola makan yang kurang sehat, jarang berolah raga, aktivitas tinggi, jam kerja sangat padat, menjadikan makanan instan sebagai konsumsi harian, suka minum dan makanan manis, suka begadang, obat-obatan, dan lain sebagainya.

Gejala Penyakit Gula

Gejala penyakit gula sebenarnya bisa kita ketahui.  Waspadalah jika Anda memiliki gejala sebagai berikut ini dan segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.
  1. Sering buang air kecil

Jangan sepelekan gangguan karena sering buang air kecil.   Meski mungkin sering kali buang air kecil bisa jadi penyakit pada kelamin, kedinginan, terlalu banyak mengonsumsi air minum, dan lainnya, tetap harus diwaspadai. Untuk penderita diabetes sebenarnya ini terjadi akibat jumlah insulin yang berkurang. Akibatnya fungsi dan kinerja ginjal berkurang.   Ginjal yang seharusnya bisa menyaring kadar gula atau glukosa untuk dikembalikan ke darah, tidak dikerjakan secara maksimal. Akhirnya ginjal malah memperbanyak air untuk menghancurkan glukosa.  Kandung kemih pun menjadi semakin penuh. Inilah yang membuat Anda semakin cepat ingin buang air kecil.
  1. Kaki kesemutan

Gejala selanjutnya adalah kaki kesemutan.  Rasa kesemutan yang terjadi adalah pada bagian kaki dan tangan.  Kondisi gejala kesemutan ini diistilahkan dengan neuropati.  Faktor kesemutan pada penderita penyakit gula karena kadar gula yang berlebih di dalam darah telah membuat sistem saraf terganggu. Hati-hati, sering kali penderita tidak sadar karena menganggap kesemutan hal yang biasa.
  1. Sering lapar

Salah satu gejala pada penderita penyakit gula adalah akan sering merasa sangat lapar.  Sehingga selalu mengiginkan banyak makan. Kondisi ini dinamakan polifagi. Faktor kelaparan ini akibat dari kehilangan kalori yang terbuang bersama air kemih.
  1. Berat badan turun

Gejala penyakit gula ini ada yang saling terkait satu sama lain.  Penurunan berat badan pada penderita penyakit gula adalah akibat dari sejumlah besar kalori yang hilang ke dalam air kemih sehingga penderita mengalami penurunan berat badan.
  1. Haus terus-terusan

Salah satu gejala penyakit gula adalah sering buang air kecil.  Akibat dari seringnya buang air kecil tentu tubuh menagih air yang telah dikeluarkan.  Sehingga Anda akan merasa sering haus.  Gejala haus dan selalu ingin banyak minum ini dinamakan polydipsia. Itulah beberapa gejala penyakit gula.  Ingat alarm di tubuh Anda akan bereaksi jika terjadi sesuatu yang tidak seimbang. Sehingga penting bagi kita untuk segera tanggap menangkap gejala tersebut.  Sebelum terjadi kondisi yang semakin parah.    ]]>

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top