Now Reading
Gaya Hidup Penyebab Osteoporosis

Gaya Hidup Penyebab Osteoporosis

Gaya Hidup Penyebab Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang menyerang tulang punggung.  Penyakit ini menyebabkan punggung terasa nyeri dalam jangka waktu yang cukup panjang jika tidak diatasi dengan baik. Pada banyak kasus, osteoporosis merupakan suatu gejala ketika massa tulang akan menurun seiring dengan usia yang semakin lanjut. Kurangnya massa tulang akan menyebabkan tulang semakin menipis dan mempunyai rongga dalam tulang yang semakin besar. Lama kelamaan keadaan seperti ini akan menyebabkan kerapuhan tulang dan kerusakan tulang jika tidak diatasi dengan penanganan yang tepat.

Sebagian besar osteoporosis terjadi pada wanita yang telah mengalami masa menopause atau pada pria yang telah lanjut usia. Akan tetapi, ada pula beberapa kasus yang mengungkapkan bahwa anak-anak juga mempunyai kemungkinan terserang osteoporosis.

Orang yang telah lanjut usia memang memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan dengan yang masih muda. Namun demikian saat usia muda Anda juga bisa menurunkan resiko terkena osteoporosis nantinya, yaitu dengan menghindari beberapa gaya hidup penyebab osteoporosis .

Apa sajakah gaya hidup yang dapat menyebabkan penyakit tulang ini? Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

  1. Mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda

Apakah Anda gemar mengonsumsi makanan cepat saji seperti pizza, hamburger, spageti, atau makanan cepat saji lainnya yang banyak tersedia di pasaran? Atau apakah Anda gemar mengonsumsi minuman bersoda? Jika iya, akan lebih baik jika Anda mulai mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menurunkan kadar kalsium yang terdapat dalam tubuh. Gaya hidup penyebab osteoporosis ini dapat menyebabkan terlalu banyak fosfor dalam tubuh sehingga menurunkan kadar kalsium yang dapat digunakan tubuh untuk memelihara kepadatan tulang.

  1. Kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang biasa di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, merokok mempunyai banyak sekali efek negatif termasuk juga meningkatkan resiko terkena kanker paru. Selain itu, ternyata merokok juga dapat memengaruhi kemampuan tulang dalam menjaga kepadatan tulang karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya. Kebiasaan minum alkohol juga dapat menurunkan kemampuan tulang menjaga kepadatannya. Oleh karenanya, kebiasaan ini sebisa mungkin dihindari sebelum terlambat.

Gaya hidup penyebab osteoporosis seperti di atas ini merupakan dua contoh dari beberapa contoh gaya hidup yang harus dihindari. Menghindari gaya hidup ini serta mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mencukupi kebutuhan kalsium dan magnesium setiap harinya dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan menurunkan resiko osteoporosis.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top