Now Reading
Food Photography, Bukan Sekedar Ritual Foto Makanan

Food Photography, Bukan Sekedar Ritual Foto Makanan

Hayo ngaku! Siapa sih yang nggak pernah jeprat-jepret ambil foto makanan terus diunggah ke sosial media? Mau cuma sesekali atau malah ritual wajib setiap kali mau makan, hampir semua deh kayaknya pernah nyobain aktivitas yang kerennya disebut food photography ini.

Food photography = Ritual Foto Makanan?

Ada yang bilang nih kalau hobi foto-foto makanan sampai dijadiin ritual wajib sebelum makan itu salah satu jenis kelainan mental. Widih! Kedengarannya memang serem ya dan bahkan bisa bikin jadi males nih nyobain food photography. Eits, tunggu dulu! Food photography itu nggak sama lho sama ritual asal ngefoto makanan. Dua aktivitas itu memang sama-sama bisa bikin eksis, tapi permainannya jelas berbeda guys.

Nih ya, kalau food photography itu lebih dari sekedar asal ngefoto makanan, tapi ada sentuhan seninya. Bahasa syahdunya sih kalau food photography itu soal menyajikan makanan ke dalam foto 2D yang tetap berestetika. Ibaratnya hidangan yang biasa aja kalau ngefotonya pakai seni juga bakalan bagus. Jadi, food photography jelas beda dong sama hasil foto makanan amatiran yang asal dijepret buat pamer. Coba deh untuk makanan yang sama difotonya beda, yang satu asal jepret saja, yang satu pakai food photography! Sudah bisa ketebak kan mana yang bakal dapat lebih banyak “likes” kalau diupload di media sosial? Untungnya lagi nih kalau sudah jago food photography dan sudah tenar di sosial media, nggak heran lho kalau bakal dapat undangan bersantap di kafe atau restoran orang buat bantu promoin lewat foto kamu. Enak kan?

Tips Food photography

Jadi sudah tahu kan ya bedanya food photography sama ritual foto makanan biasa? Kalau gitu disaranin nih buat kamu yang masih suka sekedar asal jepret makanan buat alangkah baiknya segera bertaubat dan beralih mendalami food photography aja! Toh sebenarnya nggak sulit kok kalau mau coba menangkap foto makanan dengan cara yang lebih elegan. Nih, sekedar beberapa tips yang bisa dicobain!

–       Perhatikan dengan seksama makanan, tata dengan sedemikian rupa sehingga biar lebih menarik ketika dipotret. Perhatiin background sekeliling makanannya juga ya! Dibersihin dan jangan berantakan, biar fokus ke makananannya lebih bagus.

–       Salah satu kuncinya biar food photography hasilnya bagus ya dengan atur lightning/pencahayaan pas sesi pemotretan. Intinya nih, kamera bagus bakal kalah deh sama pencahayaan bagus. (Ya, walau kamera bagus yang profesional biasanya punya fitur mendukung pencahayaannya juga bagus sih)

–       Kalau udah siap semua, nah tinggal pinter-pinter cari angle atau sudut yang paling oke buat motret makanan biar kelihatan lebih ciamik.

Kalau mau dapet foto food photography yang oke memang harus sering-sering latihan sih biar mahir. Ya asal jangan keseringan easikan ngutak-atik biar dapat foto bagus, terus makanan jadi lupa dimakan sampai dingin aja lho ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top