Now Reading
Diet Sehat Golongan Darah O

Diet Sehat Golongan Darah O

Anda memiliki golongan darah O? Inilah cara diet sehat golongan darah O yang perlu Anda ketahui.

Sifat Golongan Darah O

Golongan darah O disebut juga dengan donor universal. Sebab, selain dapat menjadi pendonor bagi sesama golongan darah O, golongan darah ini bisa menjadi pendonor bagi semua golongan darah yang lain (golongan darah A, B, dan AB). Sebaliknya, golongan darah O hanya bisa menerima darah hanya dari sesama golongan darah O.

Setiap golongan darah memiliki sifat yang berbeda-beda, baik dalam hal umum maupun soal makanan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sifat ini juga mempengaruhi sifat orang yang memiliki golongan darah tersebut. Orang yang memiliki golongan darah O sifatnya adalah:

  • Di mana pun dia berada dapat beradaptasi dengan semua jenis makanan yang tersedia di lingkungan tersebut.
  • Meskipun mudah beradaptasi, biasanya sensitif terhadap makanan, ditandai dengan terjadinya alergi atau peradangan pada organ tubuh jika tidak cocok dengan makanan yang dikonsumsi.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi bila dibandingan dengan orang dengan golongan darah lainnya.
  • Nyamuk lebih suka menggigit orang bergolongan darah O.
  • Orang dengan golongan darah O lebih susah tidur.
  • Biasanya orang dengan golongan darah O lebih mudah terkena penyakit tulang dan sendi.
  • Mudah lelah.
  • Memiliki risiko tinggi kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  • Memiliki masalah berat badan tetapi secara fisik termasuk kuat.
  • Tingginya kadar asam lambung sehingga sering mengalami masalah pada lambung.
  • Sering mengalami masalah pencernaan tetapi pencernaannya lebih kuat dalam mencerna makanan berupa protein hewani.

Cara Diet Sehat Golongan Darah O

Kelebihan dari orang yang memiliki golongan darah O adalah tingkat asam lambungnya tinggi. Kondisi ini sangat menguntungkan, sebab jika mengonsumsi daging, asam lambung tersebut mencerna daging dengan cepat. Jadi, tidak perlu khawatir daging menjadi lemak.

Jika pada orang dengan golongan darah selain O harus berhati-hati saat mengonsumsi daging kambing, sapi, domba, dan kerbau, maka orang dengan golongan darah O justru akan mendapatkan energi dari jenis daging-daging ini.

Anda yang bergolongan darah O dapat menjalani diet dengan cara:

  • Lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein tetapi rendah karbohidrat seperti daging dan ikan.
  • Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat mengonsumsi makanan hasil laut (seafood) sebagai variasi atau pengganti daging.
  • Lakukan olahraga seperti senam aerobik, lari, bermain bulutangkis, secara teratur untuk mengimbangi diet.
  • Kurangi konsumsi jagung, gandum, kacang-kacangan, sawi, dan kol karena dapat menambah berat badan.
  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, daun singkong, kangkung, bayam, dan daun selada, karena dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Karena sudah memiliki kadar asam lambung yang tinggi, hindari mengonsumsi buah dengan tingkat keasaman tinggi seperti stroberi dan jeruk, agar kadar asam lambung tidak semakin tinggi.
  • Konsumsilah buah nanas dan anggur untuk membantu menurunkan berat badan.
  • Buah mangga, pisang, jambu, kiwi, dan pepaya dapat dikonsumsi karena bersifat netral, yaitu tidak menambah atau mengurangi berat badan.
  • Hindari konsumsi susu, sebagai gantinya Anda dapat mengonsumsi es krim.

 

Jika ingin melakukan diet sehat golongan darah O, maka Anda bisa memilih telur rebus dan sereal sebagai menu makan pagi, serta ayam panggang, salmon, dan salad sebagai menu makan siang dan malam.

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top