Now Reading
Diet Sehat Golongan Darah A yang Aman Dilakukan

Diet Sehat Golongan Darah A yang Aman Dilakukan

 

Dari berbagai pilihan pola diet, diet berdasarkan golongan darah menjadi salah satu pola diet yang semakin banyak digemari karena dipercaya lebih sehat dan lebih sesuai untuk sistim metabolisme tubuh. Dipercaya bahwa setiap golongan darah memiliki kebutuhan masing-masing yang berbeda satu sama lain. Program diet yang populer sekarang ini pertama dicetuskan oleh Peter J. D’Adamo melalui bukunya “Eat Right 4 Your Type” yang beredar sejak tahun 1996.Diet ini menjadi sangat populer, karena tidak perlu menahan makan yang sangat menyiksa, tidak perlu olahraga secara berlebihan, dan yang paling penting adalah diet ini alami. Pada artikel kali ini kita akan bahas mengenai diet sehat golongan darah A.

Jika dilihat dari sejarahnya , golongan darah A adalah mereka yang menyukai aktifitas fisik seperti bercocok tanam dan menggarap sawah . sehingga makanan yang baik untuk orang golongan darah A angatlah erat dengan sayur-mayur. Memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan sayur-mayur adalah rekomendasi yang tepat bagi Anda. Golongan darah A dianjurkan untuk memakan banyak karbohidrat dan menghindari daging, lebih baik jika menjadi vegetarian. Pada pola diet berdasarkan golongan darah, ada jenis-jenis makanan yang harus dihindari, ada yang bersifat netral saja dan ada yang memang dianjurkan untuk dikonsumsi.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari dari menu diet sehat golongan darah A adalah :

  • Daging : Sapi, kambing, bebek, domba, kelinci, babi
  • Seafood : Cumi-cumi, kepiting, kerang, lobster, kodok, gurita, udang, belut
  • Buah : Jeruk, pepaya, pisang raja, tomat
  • Air soda, susu sapi, keju, pare, santan atau kelapa, kentang

Pada pola diet ini, dikenal pula makanan yang dikelompokkan sebagai bersifat netral, yaitu makanan yang bisa Anda konsumsi dan tidak memberikan efek buruk pada tubuh Anda namun sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Kelompok makanan yang bersifat netraldari menu diet sehat golongan darah A:

  • Daging : Ayam, turki, burung dara
  • Telur : Telur ayam, telur puyuh, telur bebek, dan lainnya
  • Buah : Melon, pir, blewah, anggur, strawberry, timun, kiwi, kesemek, jambu biji
  • Jagung, tapioka, roti gandum, tuna

Kelompok makanan lain pada pola diet ini adalah makanan yang bermanfaat, yaitu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari atau menjadi bagian utama dari menu sehari-hari. Kelompok makanan yang bermanfaat menu diet sehat golongan darah A :

  • Sayur- sayuran : Brokoli, jahe, labu, wortel, bawang merah, bawang putih, sledri, bayam
  • Buah-buahan : Blueberry, blackberry, cranberry, lemon, nanas, mangga, semangka, jeruk bali, ceri
  • Kacang-kacangan : Kacang tanah, kacang buncis, kacang kedelai (tempe, tahu), susu kedelai (soy)
  • Seafood : Ikan sardin, ikan salmon
  • Teh hijau, anggur merah, kopi

Karena Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan Anda, maka meskipun Anda menerapkan pola menu diet sehat golongan darah A Anda namun tetap perhatikan juga besar / kecil porsi yang Anda konsumsi. Ingatlah bahwa lebih dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering (5 kali sehari). Selain itu tetaplah bergerak secara aktif. Luangkan dan biasakan tubuh Anda untuk melakukan olahraga ringan selama 30 menit secara rutin setiap hari. Olahraga ringan yang paling mudah untuk Anda lakukan adalah berjalan kaki atau jogging. Disamping itu, tetaplah banyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari untuk membantu proses pengeluaran racun dan sisa metabolisme tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top