Now Reading
Diet Mayo, Menu Sehat Bebas Garam

Diet Mayo, Menu Sehat Bebas Garam

Anda sudah pernah dengar tentang diet Mayo? Diet mayo adalah diet yang di gagas oleh Mayo Clinic’s USA  sebagai program diet dengan menu tanpa garam.  Oleh karena itu program diet ini diberi nama sesuai dengan nama isntitusi yang menemukannya pertama kali.  Metode diet mayo ini juga dikenal sebagai metode diet tanpa garam,  karena dalam keseluruhan program dietnya selama 13 hari,  pada menu yang disarankan sama sekali tidak diperbolehkan untuk membubuhkan garam sama sekali. Ya, sama sekali tidak boleh.  Bahkan makanan yang secara alami mengandung rasa asin pun tidak diperbolehkan.  Mengapa demikian?  Metode ini percaya bahwa garam adalah mineral yang bisa tinggal dalam lemak dan otot tubuh dan garam juga bisa mengikat air.  Oleh karena itu,  orang-orang yang bertubuh kegemukan,  sebagian berat tubuhnya berasal dari air yang terikat di dalam mineral garam yang tersimpan dalam lemak dan otot.  Dengan menghilangkan garam dari makanan yang di konsumsi maka air akan bisa terlepas dan terbuang dari dalam tubuh.

Keunikan program diet mayo ini adalah menu selama program  ini sudah ditentukan,  meskipun tetap bisa divariasikan pengolahannya,  tetapi dasar menu yang diizinkan untuk dikonsumsi selama menjalani program diet ini sudah ditentukan.  Menu pada program diet mayo ini terdiri dari menu untuk 7 hari,  dimana menu untuk har ke 8 mengulang menu untuk hari ke 1,  menu hari ke 9 sama dengan menu hari ke 2 dan seterusnya.  Setelah menjalani program ini selama 13 hari maka pada hari ke 14,  Anda bisa kembali ke menu makanan normal Anda sebelumnya secara bertahap.

Bagaimana menu dari diet mayo ini?  Berikut ini adalah menu untuk diet mayo yang tepat.

Menu Pagi Hari

  • Hari 1 dan 8    : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
  • Hari 2 dan 9    : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
  • Hari 3 dan 10  : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
  • Hari 4 dan 11  : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
  • Hari 5 dan 12  : sebuah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun
  • Hari 6 dan 11  : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
  • Hari 7              : secangkir kopi/teh tanpa gula

Menu Siang Hari

  • Hari 1 dan 8    : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat
  • Hari 2 dan 9    : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar
  • Hari 3 dan 10  : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + 1 buah segar
  • Hari 4 dan 11  : 1 butir telur rebus + 1 wortel yang direbus sebentar + keju trim 20gr
  • Hari 5 dan 12  : 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin
  • Hari 6 dan 13  : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
  • Hari 7              : 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar

Menu Malam Hari

  • Hari 1 dan 8    : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
  • Hari 2 dan 9    : 2,5 ons ayam kukus + 1 pisang
  • Hari 3 dan 10  : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
  • Hari 4 dan 11  : pepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak
  • Hari 5 dan 12  : 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
  • Hari 6 dan 13  : 2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
  • Hari 7              : 2 butir telur rebus + 2 pisang

Ingatlah bahwa diet mayo ini harus dijalankan dengan tepat.  Apabila Anda gagal melakukannya meskipun sudah di hari ke 10 sekalipun,  Anda harus mengulang kembali program ini dari awal.

Bagaimana?  Tertarikkah Anda untuk mencoba diet mayo dengan menu yang cukup lezat yang rasanya seperti tidak sedang menjalankan diet ini?  Kunci keberhasilannya hanyalah disiplin dan maengonsumsi makanan tanpa garam.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top