Diet Bebas Gluten Beri Banyak Keuntungan

Diet Bebas Gluten Beri Banyak Keuntungan

Banyak orang melakukan diet dengan berbagai cara. Ada diet dengan mengatur pola makan, olahraga, obat dari dokter, dan lain sebagainya. Semuanya tentu memiliki tujuan yang sama, yaitu menginginkan tubuh yang proporsional. Salah satu diet yang terbukti keberhasilannya adalah diet bebas gluten. Diet bebas gluten adalah diet dengan menghindari makanan yang mengandung gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang banyak terkandung dalam makanan, seperti gandum, rye, dan barley. Diet ini banyak dianjurkan khususnya untuk penderita celiac, suatu penyakit atau alergi dengan kondisi pencernaan tidak dapat mencerna zat-zat tertentu pada makanan.   Diet bebas gluten juga dapat meringankan beberapa penyakit seperti ADHD, tiroid, dan obesitas.

Diet bebas gluten bisa dimulai dengan mengonsumsi makanan yang memang sudah rendah gluten, antara lain kacang-kacangan, sereal, jagung, buah, sayur, daging, ikan, kentang, dan nasi. Di negara kita, diet ini mudah dilakukan karena makanan pokoknya sudah termasuk rendah gluten.

Selain itu, diet bebas gluten ternyata memberikan keuntungan lebih selain tubuh menjadi proporsional. Keuntungan yang pertama dipercaya bisa membuat awet muda. Makanan yang tinggi kandungan gluten seperti gandum dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Gula akan mengikatkan diri dengan protein dalam darah, lalu keduanya akan meningkatkan kadar enzim glikasi yang merusak jaringan kolagen kulit.

Keuntungan yang kedua dari diet bebas gluten adalah berat badan lebih mudah dijaga. Dengan lebih banyak mengonsumsi makanan rendah gluten artinya kita dipaksa untuk melupakan beberapa makanan, seperti pasta, pizza, dan kue. Banyak makan salad dan jus akan lebih baik untuk menjaga berat badan. Selain itu, tentu disertai dengan olahraga teratur. Di samping menjaga berat badan, diet bebas gluten juga membuat kadar gula darah lebih stabil.

Menghindari makanan bebas gluten artinya kita juga menghindari karbohidrat jahat sehingga gula darah menjadi lebih stabil. Tubuh pun juga menjadi lebih berenergi karena jika tubuh memiliki kelebihan karbohidrat, tubuh akan merasa lesu dan mengantuk.

Beberapa ahli kesehatan menemukan dengan mengonsumsi makanan rendah gluten dapat meringankan gejala menopause. Gluten bisa memperburuk gejala menopause, seperti demam, sakit kepala, dan mood swing. Apabila sejak dini sudah melakukan diet bebas gluten maka dapat terhindar dari penyakit yang timbul saat menopause.

Jika sudah memahami keuntungan apa saja yang diperoleh dari diet bebas gluten dan berminat untuk melakukannya maka bisa dimulai dari sekarang. Akan mudah bagi kita untuk mendapatkan makanan bebas gluten karena makanan pokok sebagian besar orang Indonesia adalah nasi, jagung, atau ketela. Kebutuhan energi sudah didapat dari nasi, sedangkan gizi lain termasuk protein, lemak, mineral bisa diperoleh dari sayuran, ikan, buah, susu, kentang, dan biji-bijian. Selain makanan-makanan tersebut tidak mahal, tidak ada efek samping dengan melakukan diet bebas gluten.

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top