Now Reading
Diet Agar Ibu Menyusui Langsing Alami

Diet Agar Ibu Menyusui Langsing Alami

Diet Agar Ibu Menyusui Langsing Alami

Diet agar ibu menyusui langsing dengan cara yang alami merupakan hal yang paling ingin diketahui oleh sebagian besar ibu muda yang baru saja melahirkan. Namun, perlu Anda ingat dalam menjalankan sebuah program diet adalah hal tersebut tidak memengaruhi  kualitas dan jumlah ASI. Peningkatan berat badan seorang ibu merupakan proses yang alami dalam sebuah kehamilan.  Pada umumnya, seorang wanita akan mengalami peningkatan indeks berat tubuh.

Dalam menjalankan diet agar ibu menyusui langsing alami, Anda harus memastikan jumlah asupan kalori tidaklah berkurang. Hal itu karena akan memengaruhi kualitas dan jumlah produksi ASI Ibu. Jadi, yang Anda kurangi adalah asupan lemak berlebihan dan pengaturan pola makan yang tepat untuk mendapatkan kembali berat badan ideal Anda.

Berikut ini beberapa diet agar ibu menyusui langsing secara alami.  Namun, diet ini tidak memberikan pengaruh negatif pada asupan ASI untuk buah hati Anda, diantaranya adalahberikut ini.

–       Pada awal usia 0-6 bulan, seorang ibu memerlukan energi yang cukup tinggi.  Energi tersebut untuk mengasuh buah hati yang masih sering bangun ditengah malam.  Hal ini merupakan hal yang lumrah. Sebenarnya tubuh seorang ibu telah mempersiapkan proses ini pada masa kehamilan sehingga ibu tidak perlu menambah porsi makan yang terlalu banyak.

–       Buatlah menu gizi yang seimbang dan bervariasi dari berbagai makanan alami. menu makanan alami tidak berpotensi menambah berat badan ibu. Pilihlah makanan berupa sayur, buah, dan sumber protein rendah lemak.  Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup (minimal 8-10 gelas perhari) ditambah dengan susu low fat.

–       Makanlah dalam porsi yang kecil namun sering.  Bila jadwal makan Anda dalam satu hari 3 kali makan, ubahlah menjadi 5-6 kali.

–       Hindari mengonsumsi makanan cepat saji, teh, dan kopi karena memberikan efek yang kurang baik untuk Anda dan bayi Anda.

–       Hindarilah stress.  Cobalah membuat suasana yang menyenangkan, salah satunya dengan mengajak buah hati berjalan-jalan.  Selain dapat membakar lemak di dalam tubuh,  Anda juga bisa bermain bersamanya.

–       Usahakan menyusui bayi sampai usia 6 bulan atau hingga berusia 2 tahun. Hal ini sangat penting karena dapat membantu produksi hormon yang dapat mengembalikan bentuk tubuh  dan berat badan ideal Anda. Saat menyusui, kalori dalam tubuh akan terbakar sebanyak 300-500 kkal/hari. Ini sama artinya bila Anda melakukan olahraga bersepeda selama satu jam.

–       Lakukan olahraga ringan namun teratur setelah selesai menyusui.  Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang cukup untuk meningkatkan kesehatan sekaligus daya tahan tubuh.

Selain hal diatas salah satu tip diet agar ibu menyusui langsing secara alami adalah melakukan aktivitas olahraga bersama, bisa dengan tetangga atau keluarga.  Olahraga yang dilakukan bersama biasanya membuat aktivitas tidak membosankan. Lagipula akan selalu ada orang yang mengingatkan Anda untuk hidup sehat dan seimbang.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top