Now Reading
Diah Didi : Rajin Uji Coba Resep

Diah Didi : Rajin Uji Coba Resep

Kepopuleran Mba Diah Didi sebagai Food Blogger sudah tidak diragukan lagi. Sosok inspiratif yang sangat konsisten menulis di blog ini menikmati kegiatannya sebagai blogger. Secara rutin, Mba Diah selalu memperbaharui resep masakan setiap hari. Bisa dipastikan pembaca akan selalu mendapatkan konten teranyar setiap berkunjung di blognya.

Dengan page view yang sudah melampaui 10.000 perharinya membuat Mba Diah mendapatkan banyak keuntungan, baik dari segi bisnis maupun dari tingkat kepuasan. Mba Diah yang selalu mau belajar dan berusaha yang terbaik ini akan menceritakan awal mula berkenalan dengan dunia blog. Dan bagaimana strategi Mba Diah untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan cara sederhana namun jitu. Simak penuturan Mba Diah berikut ini yang bisa kita pelajari kiat khususnya.

Kenapa Mba Diah Didi memutuskan untuk menjadi seorang food blogger?

Saya mulai mengenal blog awal tahun 2006, waktu masih memakai blog gratisan yang sekarang sudah tutup yaitu multiply. Dan blog tersebut berisi campur campur. Diantaranya untuk menulis keseharian dan juga berjualan baju anak secara online. Sebagai ibu rumah tangga yang full time di rumah, saya setiap hari akrab dengan internet. Karena saya mempunyai hobby memasak, maka mulai bergabung dengan berbagai komunitas memasak online.

Kemudian mengikuti berbagai milis dan sering mengunjungi berbagai blog yang menulis tentang masakan, sehingga akhirnya saya juga terpikir untuk mempunyai blog tentang masakan sendiri. Setelah saya tidak aktif lagi di bisnis online, akhirnya saya lebih bisa meluangkan waktu untuk menekuni hobi memasak saya.

Saya lebih sering belajar sendiri. Mencoba berbagai resep-resep masakan dari tabloid, majalah, ataupun dari komunitas memasak secara online serta sering mencoba untuk membuat aneka resep kreasi sendiri. Lalu saya mengirimkan ke salah satu web kuliner yang terpopuler di Indonesia saat itu. Dari iseng mengirimkan resep dan foto masakan karya saya, yang ternyata lolos seleksi kemudian sering di muat di web tersebut, membuat saya lebih semangat lagi untuk belajar membuat kreasi resep masakan dan belajar memotret masakan dengan baik.

Saya sering juga mengikuti berbagai lomba kreasi resep masakan secara online di internet dan beberapa kali menang. Selain itu saya menjadi penulis lepas di salah satu web kuliner milik teman, yang memberi saya kesempatan untuk memposting hasil kreasi masakan saya di web tersebut secara rutin. Dari situlah awalnya saya tertarik untuk membuat blog masakan saya sendiri secara lebih professional.

Blog www.DiahDidi.com sudah ada sejak kapan?

Di tahun 2011 saya membuat akun blog baru di blogspot yang khusus untuk masakan. Sejak itulah saya mulai lebih serius lagi untuk menulis secara konsisten resep-resep masakan di blog. Baik dari hasil mencoba resep dari internet, tabloid, majalah, resep orang lain ataupun resep kreasi saya sendiri.

Dari situlah akhirnya, sampai saat ini saya lebih sering mencoba berkreasi dengan resep sendiri atau pun memodifikasi resep tradisional Indonesia. Kemudian resep tersebut saya modifikasi menjadi resep baru yang lebih menarik dan bervariasi. Dengan semakin banyaknya resep yang saya tulis setiap hari, akhirnya perlahan blog saya mulai di kenal luas. Kemudian saya memutuskan untuk lebih professional lagi dengan membuat blog saya menjadi blog dengan domain berbayar yaitu www.diahdidi.com.

Apakah setiap resep yang ditulis sudah diuji coba di dapur sendiri?

Pastinya. 99 persen adalah resep yang sudah diuji coba di dapur. 1 persennya adalah resep yang belum dicoba karena merupakan review kuliner dan resep sudah tersedia.

Kelebihan apa yang dimiliki oleh blog Mba Diah dibandingkan dengan food blogger lain?

Mungkin karena down to earth. Tidak neko-neko yang di masak. Jadi merupakan menu sehari-hari yang murah meriah dan mudah didapat bahannya. Akan tetapi variatif dan unik. Resepnya juga beragam, tidak hanya masakan saja namun ada resep aneka kue,jajanan, dan makanan unik. Tapi tentu saja tetap yang mudah dan enak.

Jadi tidak hanya sekedar ikut-ikutan apa yang sedang trend, akan tapi lebih ke style sendiri dalam membuat aneka makanan. Dan ini bisa menjadi sesuatu yang baru untuk pembaca, tidak hanya  sekedar mencoba aneka resep yang lagi trend atau sudah banyak dicoba oleh orang lain.

Peralatan apa saja yang digunakan untuk menulis blog?

Komputer merk LG dan kamera Nikon D3200.

Apakah Mba Diah menemukan kepuasan tersendiri saat resep yang ditulis bisa di coba dan berhasil oleh pembaca?

Iya betul. Saya paling senang jika mendengar teman-teman yang mencoba resep yang saya tulis, ternyata hasilnya memuaskan. Apalagi ada kisah sukses mereka yang bisa berjualan masakan dari resep di blog yang saya tulis, saya jadi tambah terharu. Dan yang paling menyenangkan tentunya pujian dari suami dan keluarga. Serta bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan.

Apa yang membuat Mba Diah Didi memantapkan diri menjadi seorang food blogger?

Karena passion. Food blogger itu asyik, seru, dan bisa banyak belajar hal baru tiap hari. Tidak akan pernah kehabisan ide menulis dan makanan adalah sesuatu yang disukai banyak orang. Jadi, bisa menulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain itu menyenangkan.

Seberapa penting template untuk sebuah blog terutama blog Mba Diah Didi?

Penting sekali. Jika mau menjadi seorang blogger profesional, template itu ibarat pencitraan diri kita sendiri seperti apa. Dari template juga mencerminkan kepribadian kita. Misalnya saya suka template yang simple dan minimalis karena akan terlihat lebih profesional. Dan template yang clean dan rapi, juga menjadi syarat utama dari para advertiser di blog jika kita ingin me-monetize blog kita.

Apakah Mba Diah Didi menggunakan blog sebagai tambahan penghasilan?

Pastinya. Alhamdulillah penghasilan rutin dari menjadi publisher iklan di blog sudah saya rasakan. Selain itu juga dari berbagai pihak yang ingin bekerja sama, ternyata juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yang paling utama adalah dengan menjadikan blog tempat jualan online, asalkan relevan dengan konten blog kita dan itu sangat berhasil. Tentunya bisa menjadi penghasilan rutin harian.

Selain iklan, adakah bisnis lain yang ditunjang oleh blog sebagai salah satu bentuk internet marketing?

Ada. Berjualan produk langsung di blog kita sendiri. Caranya dengan mencari produk jualan yang unik dan relevan dengan konten dan pembaca blog kita. Hal ini sudah saya buktikan dan berhasil dengan baik. Karena di dalam postingan kita bisa menyelipkan produk jualan kita sendiri. Hasilnya, sangat lumayan untuk saya yang ternyata bisa sama atau kadang lebih dari gaji yang saya dapat dari suami lho…hihihi.

Dari mana saja aliran lalu lintas blog Mba Diah Didi?

Paling banyak dari Google, Facebook Page, dan dari media link partner yang bekerja sama.

Apakah Mba Diah Didi juga menerima konsultasi resep melalui email?

Iya, konsultasi gratis dan banyak sekali teman-teman yang suka bertanya langsung melalui email. Pertanyaannya beragam, mulai dari trik memasak, resep, dan hal lainnya.

Kira-kira apakah pencapaian saat ini sudah membuat puas atau masih ada pencapaian lain yang ditargetkan?

Untuk saat ini sudah Alhamdulillah sekali dan sangat bersyukur. Akan tetapi tetap ingin lebih maju. Misalnya dengan membuat buku resep sendiri.

Resep apa yang paling banyak dicari dan difavoritkan oleh pembaca blog Mba Diah Didi?

Resep harian saja. Seperti Resep Steak Krispi, Resep Bakpia, Resep Siomay, Resep Kacang Bawang, dan lain lain.

5 food blogger favorit yang Mba Diah Didi sering kunjungi?

  • Rasa Malaysia ( Malaysian food )
  • Aeris Kitchen ( Korean food )
  • Just One Cook Book ( Japanese food )
  • Asian Food Chanel ( asian / global food )
  • Martin Yan ( Chinese food )
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top