Catat! Daftar Makanan Untuk Darah Tinggi Ini Ampuh dan Aman Menurunkan Hipertensi

Divonis dengan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi memang cukup menjadi momok yang menakutkan bagi kita. Namun jangan berkecil hati jika hal ini sudah menimpa Mom. Mom hanya harus merubah gaya hidup Mom untuk tetap menjaga kesehatan dan tekanan darah Mom. Bagi penderita hipertensi, makanan menjadi salah satu yang harus benar-benar diperhatikan. Bukan hanya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, tapi juga manfaatnya dalam menurunkan kadar darah tinggi. makanan untuk darah tinggi  

Ingat, Mom! Beberapa pantangan makanan untuk penderita hipertensi sebaiknya dijauhi. Namun banyak juga makanan yang aman untuk dikonsumsi kok.

Biasanya jenis makanan yang menurunkan kadar darah tinggi adalah makanan yang mengandung banyak serat,magnesium, dan potasium. Sedangkan makanan yang harus dihindari penderita hipertensi adalah makanan yang mengandung banyak sodium. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menurunkan darah tinggi atau paling tidak aman untuk dikonsumsi para penderita hipertensi.

Mengkudu

Si pahit ini memang dikenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Ya, termasuk hipertensi. Selain membantu menurunkan darah tinggi, mengkudu juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Pisang

Buah lainnya yang mampu menurunkan darah tinggi adalah pisang. Buah yang murah ini ternyata punya khasiat yang besar. Kandungan kalium dan potasium yang tinggi mampu menurunkan darah tinggi serta meningkatkan fungsi ginjal dalam tubuh.

Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki banyak kandungan potasium dan magnesium sehingga mampu menurunkan kadar darah tinggi dalam tubuh. Namun sebaiknya konsumsi kentang yang diolah tanpa penambahan garam. Oleh karena garam dapat menaikkan tekanan darah dalam tubuh.

Kedelai

Selain harganya yang murah, kedelai juga mempunyai kandungan magnesium dan kalium yang tinggi. Kandungan dalam kedelai ini mampu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Kandungan kedelai juga bisa Mom ambil dalam produk turunannya, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

Timun

Timun memang dikenal sebagai penurun tekanan darah. Sudah banyak penderita hipertensi yang menambahkan timun dalam menunya setiap hari, baik itu dalam bentuk jus maupun sayuran. Kandungan potasium yang tinggi dalam timun sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Bayam

Sayur kesukaan Popeye ini ternyata bukan hanya bermanfaat untuk menambah zat besi dalam tubuh tapi juga mampu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan serat dan kalium yang tinggi.

Cokelat

Siapa bilang penderita hipertensi tidak bisa makan enak? Ternyata cokelat yang enak juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, cokelat juga mampu meredakan stres pada orang yang mengonsumsinya. Tapi harap diingat, tidak semua cokelat baik untuk tubuh. Sebaiknya pilih cokelat hitam atau dark chocolate untuk kesehatan.

Yogurt

Biasakan untuk minum yogurt secara rutin setiap hari. Yogurt mempunyai banyak manfaat, yakni menurunkan tekanan darah, menyehatkan pencernaan dan fungsi jantung.

Oatmeal

Produk olahan dari gandum yang dipercaya baik untuk jantung ini ternyata juga mampu menurunkan tekanan darah. Biasanya oatmeal disajikan saat sarapan. Boleh Mom tambahkan potongan buah segar yang bukan pantangan.

Buah bit

Buah lainnya yang dikenal sebagai obat adalah buah bit. Penelitian menunjukkan bahwa buah bit mampu menurunkan darah tinggi. Kandungan nitrat dalam bit lah yang mempunyai peran untuk menurunkan darah tinggi.

Ikan

Selain mempunyai protein yang tinggi, ikan juga mengandung vitamin D yang dipercaya mampu menurunkan darah tinggi. Tapi ingat, ikan harus diolah dengan benar untuk mendapatkan manfaat yang tepat. Jangan menambahkan garam terlalu banyak pada ikan. Sebaiknya olah ikan dengan dikukus untuk menghindari kolesterol tinggi jika digoreng.

Alpukat

Alpukat memiliki banyak serat, kalsium, vitamin C, dan vitamin E. Serat yang terkandung dalam alpukat sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Semangka

Buah lain yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah adalah semangka. Semangka mengandung lycopene, serat, kalium, serta vitamin A yang sangat penting bagi penderita hipertensi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan asam amino dalam semangka juga turut membantu menurunkan tekanan darah.

Bawang putih

Bahan dapur yang mempunyai bau yang menyengat ini juga berguna untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah.

Seledri

Seledri merupakan sayuran yang mudah ditemukan dan cukup murah. Sayuran yang sering digunakan untuk membuat sayur sop ini ternyata memiliki kandungan zat kardiovaskular yang mampu mengontrol tekanan darah.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini tak lepas dari peranan zat antioksidan di dalamnya. Itulah beberapa makanan yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Selain makanan, biasakan untuk melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan tetap terjaga. Tidak hanya untuk darah tinggi, jika kita tetap selalu menjaga tubuh kita dengan gaya hidup sehat maka diri kita akan jauh dari penyakit. Semoga hal ini bermanfaat bagi Mom sekeluarga.]]>

What's Your Reaction?
Kaget
0
Lucu
0
Sedih
0
Suka
0
Terpesona
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2019 Blogger Perempuan Network. All Rights Reserved.

Scroll To Top