Now Reading
Ingin Berhenti Dari Tempat Mom Bekerja? Begini Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik

Ingin Berhenti Dari Tempat Mom Bekerja? Begini Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik

Mom telah bekerja di sebuah perasahaan namun oleh karena beberapa hal Mom ingin memutuskan mengundurkan diri. Mengundurkan diri dari perusahaan tempat Mom bekerja, sepenuhnya menjadi hak Mom, hak dari seorang karyawan. Apabila Mom merasa bahwa Mom tidak lagi cocok untuk bekerja pada perusahaan tersebut atau karena ada hal lain, seperti akan pindah ke daerah yang berbeda, ingin mengurus rumah tangga, dan alasan lainnya. Maka Mom dapat mengajukan pengunduran diri dengan mengajukan surat pengunduran diri.

Bila ingin mengundurkan diri sebaiknya Mom harus sudah mengajukan surat pengunduran diri setidaknya sebulan (30 hari) sebelum hari terakhir Mom bekerja.

Surat pengunduran diri seorang karyawan, biasanya harus diserahkan kepada pihak perusahaan, selambat-lambatnya 30 (tigapuluh) hari sebelum efektif hari terakhir Mom bekerja. Mengapa demikian? Hal ini biasanya memang sudah diatur dan ditentukan pada Surat Kesepakatan Kerja antara pihak perusahaan dan karyawan. Surat pengunduran diri adalah surat yang bersifat formal dan menjadi keharusan untuk Mom sampaikan kepada pihak perusahaan. Apabila Mom mengundurkan diri tanpa memasukkan surat pengunduran diri, maka hal itu akan merusak citra diri Mom dan bisa berdampak kurang baik bagi karir Mom di perusahaan baru.

Meskipun tidak ada format baku dalam surat pengunduran diri, namun sebaiknya Mom mengikuti format seperti dalam surat resmi lainnya.

Tidak ada format baku surat pengunduran diri. Umumnya surat tersebut diketik di MS Word, dicetak, dan ditandatangai karyawan yang bersangkutan. Setelah itu, si karyawan memberikan surat pengunduran tersebut ke atasan langsungnya atau pihak personalia (HRD) atau pada keduanya. Namun demikian, setidaknya surat pengunduran diri yang baik mengandung empat bagian, yaitu pembuka, ucapan terima kasih, kesediaan Mom membantu transisi pengunduran diri Mom, dan penutup Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dengan tahap demi tahap dari keempat bagian tersebut.

Pembuka

Mom, buatlah pembukaan yang singkat dan jelas. Tidak perlu bertele-tele. Mom cukup menyatakan Mom mengundurkan diri dari posisi sekarang dan tanggal efektifnya. Meskipun Mom bisa menuliskan alasan Mom mengundurkan diri, sebaiknya Mom tidak menuliskannya di surat pengunduran yang sedang Mom buat. Mom bisa menginformasikannya secara lisan pada saat menyampaikan keinginan Mom mengundurkan diri pada atasan Mom atau bagian HRD.

Ucapan Terima Kasih

Setelah pembukaan, paragraf berikutnya adalah ucapan terima kasih Mom pada perusahaan Mom. Ini bisa berupa hal-hal penting yang Mom peroleh selama bekerja di perusahaan tersebut. Dengan kata lain, ucapan terima kasih ini untuk memberi kesan Mom keluar dari perusahaan secara baik-baik dan tidak melupakan semua kebaikan perusahaan yang telah Mom terima.

Keinginan Membantu Transisi

Bagian selanjutnya adalah kesediaan Mom untuk membantu transisi pengunduran diri Mom sehingga operasional kerja perusahaan, khususnya unit kerja Mom berada tidak terganggu. Kesediaan Mom membantu juga menunjukkan bahwa Mom bertanggung jawab pada pekerjaan yang Mom tinggalkan dan ini sangat baik bagi citra diri Mom. Citra diri ini yang akan berguna bila perusahaan baru tempat Mom bekerja melakukan cek referensi ke perusahaan sekarang Mom bekerja.

Penutup

Bagian terakhir adalah penutup yang berisi harapan Mom untuk kemajuan perusahaan dan tanda tangan Mom. Tidak perlu berbelit-belit.

Contoh surat pengunduran diri secara lengkap ini bisa Mom contoh dan dijadikan referensi.

Dari penjelasan di atas, apakah Mom sudah mengerti seperti apa surat pengunduran diri? Namun, jika Mom masih bingung, tidak masalah. Di bawah ini adalah contoh lengkap surat pengunduran diri dalam bahasa Indonesia untuk posisi Manajer Pemasaran. Mom bisa menyesuaikan posisinya dengan posisi Mom, karena surat pengunduran diri bersifat umum. Jakarta, 28 Januari 2017 Kepada Yth. Bapak Dodi Suryaman Kepala Divisi Pemasaran
  1. Sejahtera Selalu
Bersama surat ini saya mengajukan pemberitahuan resmi bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai Manajer Pemasaran di PT. Sejahtera Selalu, terhitung sejak tanggal 28 Februari 2017. Pengunduran diri saya ini, saya lakukan karena alasan pribadi. Saya sangat menikmati pengalaman kerja saya di perusahaan ini dan mengapresiasi semua kesempatan dan promosi di perusahaan ini.  Serta berbagai hal yang saya pelajari selama saya bekerja di perusahaan ini. Selama sisa waktu saya bekerja di perusahaan ini, saya akan mengerjakan segala hal yang menjadi tanggung jawab saya, serta karyawan lain yang dipercayakan menggantikan saya, dan melakukan serah terima tugas dan tanggung jawab secara lengkap. Saya berharap perusahaan ini terus sukses. Saya juga tetap berharap dapat berhubungan baik dengan perusahaan di masa mendatang. Hormat saya, Maharani Itulah contoh dari surat pengunduran diri. Mom bisa menyesuaikan sesuai dengan aturan di perusahaan Mom. Sebaiknya surat pengunduran diri di serahkan langsung kepada bagian HRD serta Mom sertakan juga alasan pengunduran diri Mom secara lisan bila HRD bertanya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top