Now Reading
Jangan Lelah Menunggu Datangnya Buah Hati, Coba Lakukan Tips Ini agar Cepat Hamil

Jangan Lelah Menunggu Datangnya Buah Hati, Coba Lakukan Tips Ini agar Cepat Hamil

Salah satu fase kehidupan yang mungkin Mom tunggu-tunggu adalah masa kehamilan pasca melewati masa pernikahan yang penuh kebahagiaan. Seakan belum lengkap kebahagiaan keluarga tanpa kehadiran buah hati, hingga Mom akan mencari tahu beraneka ragam tip agar cepat hamil. Benar kan Mom, begitulah yang rata-rata Mom rasakan? Dalam waktu tertentu, katakanlah dalam waktu setahun setelah pernikahan, Mom amat merindukan datangnya buah hati. Ketika waktu yang telah ditentukan berlalu dan Mom belum kunjung hamil juga, maka akan timbul berbagai macam pertanyaan dalam hati. Tak perlu khawatir terlalu berlebihan ya Mom. Setiap pasangan yang telah menikah memiliki kesempatan untuk menikmati kebahagiaan dengan tibanya fase kehamilan. Berikut ini adalah lima cara untuk meningkatkan peluang untuk hamil dengan cepat.

Berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan, bisa membantu Mom dalam memperoleh informasi terkait kehamilan, serta membantu Mom dalam memberikan solusi kesehatan.

Tahukah Mom, seorang ibu akan siap untuk hamil saat fisiknya dalam kondisi prima. Demi merencanakan kehamilan tersebut, Mom harus yakin bahwa saat mengandung nanti Mom akan sehat dan baik-baik saja. Tak masalah jika kemudian Mom mengawalinya lewat konsultasi ke dokter kandungan ataupun bidan saat perencanaan kehamilan tersebut. Bisa ditanyakan langsung kepada mereka apakah kondisi Mom saat ini mendukung suksesnya program kehamilan.  Jika ada masalah kesehatan,  dokter dan bidan bisa membantu memberikan saran bagaimana sebaiknya masalah kesehatan tersebut segera diatasi agar nantinya sang ibu bisa menjalani kehamilannya dalam kondisi yang sudah kembali prima.

Merencanakan kehamilan yang sehat penting untuk menutrisi tubuh Mom.  Selain itu, supaya bayi yang dikandung kelak juga akan menjadi bayi yang sehat.

Mulailah mengkonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum Mom mulai mencoba untuk hamil. Dengan mengkonsumi nutrisi ini, setidaknya Mom telah berusaha untuk mengurangi risiko terjadinya kecacatan pada janin. Selain itu, untuk mengandung bayi yang sehat, berbagai kebiasaan buruk yang mungkin dilakukan sang ibu sebaiknya segera dihentikan. Kebiasaan tersebut meliputi gemar minuman beralkohol, merokok, menggunakan narkoba, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein. Batasi konsumsi kafein hingga kurang dari 300 miligram per hari.

Ketahui masa subur Mom agar mendapatkan peluang untuk segera hamil.

Salah satu faktor penentu agar cepat hamil adalah dengan mengetahui kapan masa ovulasi terjadi. Ovulasi merupakan proses pelepaskan telur dari  indung telur. Setiap perempuan akan berovulasi hanya sekali setiap siklus haid. Jika Mom tahu kapan akan berovulasi, Mom dan suami dapat segera melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kesempatan terbaik agar cepat hamil. Ada beberapa metode untuk mengetahui masa subur seseorang, salah satunya yang paling konvensional adalah sistem kalender. Jika Mom memiliki siklus haid yang teratur, masa subur dapat dikira-kira pada rentang 10 hingga 15 hari setelah hari pertama menstruasi. Periode ovulasi juga akan terlihat dari perubahan suhu basal tubuh. Suhu basal ini maksudnya adalah suhu tubuh yang paling rendah selama rentang 24 jam, biasanya akan terlihat saat bangun tidur. Periode masa subur ditandai dengan meningkatnya suhu basal tubuh. Selain itu peningkatan lendir yang berasal dari cervix juga menandai masa subur seseorang. Beberapa hari sebelum ovulasi dan segera sesudah ovulasi, lendir keputihan akan terlihat memiliki tekstur yang berbeda. Lendir tersebut akan terlihat bening dan licin, hampir mirip dengan putih telur yang ada pada telur ayam.

Melakukan hubungan seks pada waktu yang tepat juga bisa mempercepat peluang hamil.  Jika tak yakin dengan masa subur Mom, Mom bisa melakukan hubungan intim lebih sering.

Begitu mengetahui masa subur tadi, rencanakan untuk melakukan hubungan seks selama periode masa subur tadi, yaitu dua hingga tiga hari sebelum ovulasi. Jika Mom tidak yakin terhadap kapan masa subur Mom sendiri, lakukan hubungan intim dengan suami sesering mungkin selama minggu kedua dan minggu ketiga pada siklus haid (dihitung dari hari pertama menstruasi). Dengan cara seperti ini, diharapkan kemungkinan besar kadar  sperma dari suami akan cukup kuat memasuki tuba falopi (saluran telur) setiap kali tubuh Mom melepaskan sel telur.

Menjaga kualitas sperma suami agar mendapatkan kesempatan yang pas untuk membuahi sel telur.  Semakin cepat diterapkan akan semakin baik.

Satu lagi dari tip agar cepat hamil terletak pada kualitas sperma suami. Sperma yang kuat dan sehat akan memiliki kesempatan terbaik untuk membuahi sel telur. Beberapa hal di bawah ini dapat dilakukan suami untuk menjaga kualitas spermanya :
  • Menjauhi kebiasaan merokok dan menggunakan narkoba.
  • Membatasi asupan alcohol.
  • Mulai mengurangi berat badan jika sudah terindikasi overweight.
  • Mengonsumsi berbagai nutrisi penting seperti zat besi, asam folat, dan vitamin C yang bisa membantu menghasilkan sperma yang kuat dan berlimpah.
  • Hindari berendam di air panas ataupun bersauna, juga mandi dengan air panas, karena kondisi panas ini dapat membunuh sperma. Fungsi testis akan maksimal jika berada pada suhu beberapa derajat lebih dingin dibandingkan suhu tubuh normal.
Semakin cepat suami menerapkan beberapa hal ini makan akan semakin baik. Perbaikan kualitas sperma tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Segerakan gaya hidup sehat agar kualitas sperma menjadi lebih baik dalam hitungan beberapa bulan ke depan.                                                                    ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top