Now Reading
Caroline Adenan : Serius Berbisnis dan Menulis Blog

Caroline Adenan : Serius Berbisnis dan Menulis Blog

Blogging dan bisnis ternyata bisa menjadi satu sinergi yang baik apabila mampu dimanfaatkan secara maksimal. Profil Blogger Perempuan kali ini, mengangkat kisah sukses Caroline Adenan yang akrab dipanggil Oline. Oline yang menggunakan blog sebagai salah satu strategi marketing untuk dukungan bisnis Baju Batiknya (Aura Batik).

Dengan konsistensi dan mengutamakan kualitas tulisan dan tentunya dengan dukungan photo yang menarik menjadi nilai tambah. Dibandingkan dengan berpromosi melalui media lain yang memerlukan dana yang tidak sedikit, blog menjadi media yang dirasa cukup efektif. Mau tau bagaimana Oline membangun blognya yang berorientasi pada bisnis? Yuk simak wawancara eksklusifnya.

Sejak kapan Mba Oline menulis catatan di blog?

Saya mulai menulis blog itu sekitar tahun 2008. Dulu sih awalnya cuma untuk curahan hati aja. Tahun 2008 kan dulu happening banget blogspot. Jadi tempat narsis juga antar teman kuliah. Pokoknya kalau gak punya blog, gak kece deh saat itu.

Lalu sempat vakum beberapa tahun gak saya lanjutkan. Tapi saya kembali aktif ngeblog sekitar tahun 2012 lalu. Sejak saya resmi bergabung di komunitas Emak2Blogger (KEB). Karena saya menekuninya, sekarang sudah ‘serius’ blog saya, bukan sekedar postingan geje (gak jelas), tapi lebih kepada professional.

Ada berapa jumlah blog yang dimiliki oleh Mba Oline?

Saat ini saya mengelola 6 blog. Yaitu :

http://CatatanOline.blogspot.com (blog utama)

http://olinepregnancy.wordpress.com (blog saya tentang perjalanan kehamilan saya)

http://happyyummymommy.blogspot.com/ (blog parenting saya tentang MPASI serta tumbuh kembang anak saya)

http://carolineadenan.wordpress.com/ (blog tentang dunia bisnis saya)

http://lovetobeeat.blogspot.com/ (blog tentang dunia kuliner dan memasak)

http://batikmodernindonesia.wordpress.com/ (blog tentang perjalanan seputar batik saya)

Dan ke tahun ini saya akan berencana menambah 1 blog lagi, yaitu http://CatatanBatik.blogspot.com

Apakah catatan tersebut berhubungan dengan bisnis yang sedang Mba Oline jalankan?

Ya. Khususnya tentang bisnis batik yang saya geluti ini.

Berapa besar pengaruh sebuah blog untuk mendukung bisnis bagi Mba Oline?

Strategi penggunaan blog sebagai pendukung bisnis, baru saya jalankan sejak awal tahun 2015 ini. Selebihnya untuk kepentingan bisnis saya menggunakan Online Store.

Menurut mba Oline, perlukan seorang yang sedang melakukan bisnis untuk membuat blog?

Menurut saya penting sekali. Sekarang sudah jamannya ‘orang butuh rekomendasi’, orang yang bisa dipercaya, orang membutuhkan testimoni dari si pengguna, cerita, serta manfaat dari produk yang ia ingin beli.

Nah, disinilah peran serta dari dunia blogging. Jadi bukan sekedar orang mampir ke website, lalu belanja. Tapi orang lebih kepada cerita di balik produk yang ia tuju. Apalagi persaingan bisnis online itu semakin menjamur.

Dan menurut saya di tahun 2015 ini menjadi tahunnya para ‘Fashion Blogger’, orang menyukai ‘baca cerita’ dan testimoni, ketimbang dari sekedar window shopping.

Butuh waktu berapa lama untuk bisa menjadikan blog sebagai media pendukung yang bagus untuk bisnis?

Untuk menjadi sebuah blog yang diperhatikan oleh Google, menurut saya, minimal dalam blog ada 50 artikel, dan butuh sekitar 6 bulan untuk mendapatkan crowded atau pengunjung.

Akankah keseriusan dalam berbisnis juga ditunjang dalam mengembangkan blog menjadi salah satu media marketing online?

Yes. Tentu saja. Seperti yang saya katakan diatas, bahwa blog merupakan salah satu media untuk tempat mencurahkan testimoni. Dan ini bisa menjadi salah satu tools untuk media marketing online.

Se-efektif apakah menulis blog dalam memberikan kontribusi bisnis?

Jika kita memasang iklan di Facebook Ads dan Google Adwords, maka orang akan tertarik pada tulisan caption atau gambar akan mengklik iklan itu, dan akan dilempar ke landing page, jika memang orang itu mencari produk itu maka orang itu bisa langsung membeli atau mencari produk yang sama di online store lain.

Nah blog berbeda dengan iklan, dengan kita menulis blog, kita memberikan informasi kepada orang lain, nah orang yang sudah membaca tulisan kita dan merasa bahwa informasi yang kita berikan bermanfaat dan berguna untuk dia, saat kita tawarkan sebuah produk di akhir tulisan, dia akan langsung percaya dan membeli produk kita.

Adakah tip khusus yang dimiliki oleh Mba Oline untuk para pebisnis yang akan menggunakan blog sebagai sarana pendukung bisnis?

Langkah-langkahnya yaitu :

  1. Be consistent.

Jika kita dari awal membuat suatu blog menetapkan update 1 minggu sekali (misalnya), kita sebagai pemilik blog juga harus konsisten update 1 minggu sekali.

Atau misalnya per-2 hari sekali. Karena jika kita sudah tidak konsisten, follower blog kita malas mengunjungi blog kita kembali.

  1. Best Quality Photo.

Suatu blog akan sangat menarik jika ditunjang dari segi kualitas foto yang dihasilkan. Apalagi jika bisnisnya berhubungan dengan fashion dan food. Jadi sebisa mungkin ada foto sebagai bukti kuat, lalu usahakan fotonya juga kualitasnya maksimal.

  1. Watermark

Tidak dipungkiri para cyber crime di dunia maya akan semakin menjamur seiring perkembangan jaman. Sebagai pelaku kreatif dalam dunia desain, wajib membubuhkan watermark di setiap foto-foto koleksi kita.

Sebutkan 5 blog yang rajin dikunjungi dan kenapa?

  1. http://www.omahantik.com/

Walaupun themesnya tidak enak di mata, tapi saya lumayan sering juga membuka blognya. Karena artikel yang ia posting itu sarat ilmu. Suka ada artikel tips dan triknya.

  1. http://carolinelle.blogspot.com/

Karena saya menyukai segala sesuatu yang berbau beauty and make up, blog ini sesekali saya kunjungi, karena baik dari foto maupun ulasannya bagus. Ada tutorial, themesnya juga ramah di mata. Dan dia konsisten menggunakan bahasa inggris sebagai media komunikasi di dalam blognya.

Watermark yang ia gunakan juga konsisten untuk setiap fotonya. Tidak sampai mengganggu esensi dari keindahan foto itu sendiri.

  1. http://www.pupututami.com/

Saya lebih dulu sering mengunjungi blog ini karena waktu itu dia pernah menjadi nara sumber di acara fashion blogger. Kemudian gak lama kemudian saya mengenal pribadinya. Kebetulan dia juga salah satu member dari komunitas blogger yang sama. Dan sejak saat itu saya jadi sering mengunjungi blognya. Karena passionnya sama dengan saya yaitu fashion blogger.

  1. http://silvertreasure.blogspot.com/

Themesnya simple tapi enak dibaca. Artikelnya bagus sesuai dengan passion saya yaitu dunia beauty blogger. Artikelnya lebih banyak mengulas how to, dan make up tutorial.

  1. kekenaima.com

Blog tentang dunia parenting. Tentang dunia sekolah anak-anak, daily, Mba Myra cukup aktif untuk meng-update blognya.

Sebenarnya ada lebih dari 5 sih, tapi yang lebih sering saya kunjungi ya yang diatas itu 🙂

View Comments (19)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top