Now Reading
Cara Mudah Mengajari Anak Menghafal Al-Qur’an

Cara Mudah Mengajari Anak Menghafal Al-Qur’an

Cara Mudah Mengajari Anak Menghafal Al-Qur’an.

Mengajari Anak Menghafal Al-Qur’an

Bagaimana cara mudah mengajari anak menghafal Al-Qur’an penting diketahui oleh para orang tua. Caranya bisa dimulai dengan menerapkan pada kehidupan sehari-hari. Penerapannya baik dillakukan sejak anak berusia dini atau bahkan sejak bayi masih ada di dalam kandungan. Mengajarkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak merupakan langkah tepat mengenalkan agama sejak kecil. Bagi ayah dan bunda yang ingin si kecil fasih menghafal dan membaca Al-Qur’an berikut diberikan beberapa cara mudahnya:

Perdengarkan Ayat Al-Qur’an Setiap Hari

Perdengarkan ayat Al-Qur’an di rumah setiah hari. Tidak menjadi soal apakah Anda tenang mendengarkan atau sembari bermain dan melakukan aktivitas lainnya. Meski terlihat tidak memperhatikan, tetapi sebenarnya otak bawah sadarnya telah merekam bacaan ayat Al-Qur’an yang didengar. Sehingga seringkali anak akan hafal dengan sendirinya. Hal ini mirip dengan mendengarkan lagu-lagu lainnya, tanpa disadari anak akan hafal lirik lagu tanpa mempelajarinya.

Konsisten

Cara selanjutnya yaitu konsisten. Usahakan untuk konsisten dan jangan terputus-putus. Bila belajar Al-Qur’an dilakukan secara berkelanjutan bisa jadi ketika anak baru berusia 6 atau 7 tahun sudah bisa menghafal 30 jus Al-Qur’an. Karenanya konsisten menjadi kunci utama dari keberhasilan mengajari anak menghafal Al-Qur’an.

Menjadi Teladan Untuk Anak

Anak merupakan peniru hebat. Para orang tua pun seolah menjadi cerminan dari anak itu sendiri. Karenanya jadilah teladan baik untuk anak. Bila orang tua rajin membaca Al-Qur’an dan menghafalnya, tentu anak akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Pada tahap permulaan mungkin anak masih banyak melakukan kesalahan pelafalan atau saat membaca. Namun, tidak perlu dimarahi karena semua merupakan tahapan belajar.

See Also

Berikan Hadiah Untuk Prestasi Hafalan Anak

Bila anak sudah berhasil menghafal ayat Al-Qur’an tidak ada salahanya selaku orang tua memberikan hadiah yang disukai anak. Selain itu, bisa juga menjanjikan hadiah lain dengan syarat anak menghafal ayat Al-Qur’an yang lainnya. Cara ini bisa diterapkan bagi anak yang sudah berusia 5 tahun ke atas. Pada rentang usia tersebut seringkali anak memiliki ketertarikan dan keinginan pada sesuatu. Jadi bila anak meminta sesuatu kepada orang tua, usahakan untuk memberikan apa yang diminta dengan syarat anak bisa menghafal ayat Al-Qur’an.

Bacakan Ayat Al-Qur’an Sejak Masih Dalam Kandungan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengajari anak menghafal Al-Qur’an baik dilakukan sejak anak berusia dini atau bahkan saat masih di dalam kandungan. Bacakan ayat Al-Qur’an sejak bayi masih dalam kandungan. Karena meski belum lahir otak bayi sudah dapat merekam suara apa yang didengarnya dari dunia luar. Inilah mengapa bagi ibu hamil diharapkan benar-benar bisa menjaga dan berhati-hati dengan apa yang didengarkan pada jabang bayi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top