Now Reading
Cara Memilih Investasi Reksadana

Cara Memilih Investasi Reksadana

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang paling banyak dipilih oleh beberapa pelaku ekonomi. Reksadana dianggap sebagai salah satu investasi yang paling menguntungkan dan aman. Namun beredarnya beberapa kabar penipuan reksadana membuat kita harus tetap waspada. Pada dasarnya ada berbagai macam reksadana yang ditawarkan dalam pasar ekonomi. Setiap jenis reksadana memiliki karakteristik dan aturan yang berbeda. Berikut ini cara-cara untuk memilih reksadana agar menghasilkan keuntungan.

Tetap objektif. Berpikir objektif terhadap sebuah pilihan reksadana adalah sikap yang sangat penting. Anda harus tetap berpikir secara rasional sehingga tidak terjebak dalam rekayasa agen reksadana. Prinsip yang paling penting dalam bisnis reksadana adalah melihat pertumbuhan ekonomi, melihat pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pendapatan, dan melihat semua peluang dalam reksadana.

Pilih penasehat keuangan yang berpengalaman. Reksadana memang terlihat seperti bisnis yang mudah. Bahkan penasehat keuangan bertindak seperti pemain keuangan. Namun jika Anda tidak memiliki pengalaman sebaiknya gunakan jasa penasehat keuangan yang sudah memiliki pengalaman. Lihat semua performa kerja mereka dan jangan terjebak pada penawaran investasi.

Pilih bidang investasi. Meskipun semua jenis pasar reksadana terlihat sangat besar, namun ini seperti pasar yang nyata. Anda bisa memilih jenis sektor bisnis yang paling menguntungkan. Ada berbagai macam invetasi yang bisa dipilih. Sebelum mendapatkan pilihan maka lakukan surve. Lihat pada laporan keuangan perusahaan jenis reksadana yang akan Anda pilih. Bagaimana pertumbuhan perusahaan dan kondisi keuangan perusahaan jangka panjang.

Lihat cakupan biaya reksadana. Ketika Anda memainkan investasi dalam bidang reksadana, maka pertimbangkan untuk melihat semua jenis biaya yang harus Anda keluarkan. Hal ini juga berhubungan dengan sistem pajak, penerimaan komisi dan biaya manajemen yang lain.

Bagaimana rasio perputaran dana. Jual beli dana saham memang terlihat sangat rumit. Namun pada dasarnya sistem bisnis ini sama seperti penjualan dan pembelian produk nyata. Hanya saja anda perlu melihat rasio perputaran dana dalam bisnis ini. Jenis investasi yang menguntungkan bisa memiliki rasio perputaran yang lebih cepat. jika Anda menemukan perputaran dana yang terlalu lama, maka investasi ini bisa sedikit mencurigakan.

Selalu ada celah untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis reksadana. Namun jangan pernah tertipu dengan sebuah investasi reksadana yang terlihat profesional namun mereka hanya menjebak investor. Sebelum Anda menanam modal pada reksadana maka lakukan survei. Anda bisa datang ke kantor perusahaan itu dan melihat bagaimana sistem kerja mereka. Selain itu Anda juga bisa datang ke lembaga terkait untuk mencari kebenaran data perusahaan dan rekam jejak perusahaan. Cara-cara ini bisa membuat kita bisa menemukan jenis investasi reksadana yang jujur dan menguntungkan.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top