Now Reading
Cara Membangun Tribes Di Internet Yang Efektif

Cara Membangun Tribes Di Internet Yang Efektif

Tribes merupakan kelompok orang yang bisa saling terhubung. Mereka terhubung dengan ide dan pemimpinnya. Bisa dikatakan tribes tentang keyakinan gagasan dan komunitas. Pada era digital saat ini, sangat dibutuhkan sarana komunikasi dan minat serupa untuk terbentuk sebuah tribes.

Minat bisa berupa nge-blog, sepakbola, traveling, baca buku dan sebagainya. Sedangkan sarana komunikasinya, seperti blog, sosial media , forum dan milis. Bagaimana cara membangun tribes di internet?

Menyatukan minat sebagai target dan keinginan besar menuju perubahan

Sangat disarankan untuk selalu menghadirkan konten berkualitas sesuai dengan niche blog. Setelah itu selalu berupaya dalam memikat pembaca dan blogger lainnya yang mempunyai minat serupa. Untuk bisa bersaing dan menjadi yang terbaik, maka Anda harus memiliki target juga untuk konsisten menciptakan konten terbaik sesuai niche blog.

Sehingga Anda bisa menjadi pemimpin dan sekaligus pembimbing bagi para pembaca dan juga blogger lainnya. Karena Anda dianggap sebagai pakar atau tenaga ahli di bidang tersebut. Dengan begitu blog bisa menjadi sebuah tren, manifest atau bahkan gerakan moral tertentu.

Menyiapkan sarana agar komunikasi antar anggota semakin erat

Kalau Anda sangat mengandalkan blog dalam membangun tribes, maka harus memanfaatkan kolom komentar dengan optimal. Sarana itu tidak  hanya guna menjawab berbagai komentar pembaca saja, tapi untuk memancing mereka untuk bisa saling menjalin komunikasi dengan para pembaca lainnya. Tapi tribes akan berkembang lebih pesat, kalau Anda juga memanfaatkan berbagai media atau sarana lainnya.

Akan semakin bagus kalau Anda juga membangun sarana di media lainnya. Sehingga bisa menjadi pilihan forum berkomunikasi antar pembaca sesuai dengan niche blog. Anda bisa mengembangkan sarana itu melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, Plurk, Path, Pinterest, Instagram dan lain sebagainya. Media sosial sangat bermanfaat sebagai media untuk saling menjalin komunikasi antar anggota forum itu.

See Also

Dengan membangun tribes dengan tepat, maka bisa menjalin emosional yang baik. Kalau semuanya berjalan dengan bagus, maka tribes akan berkembang sangat pesat.

Merancang pencapaian tribes dan mendapatkan anggota tribes baru

Sangat tepat kalau semakin berani dalam membangun resolusi, target dan lain sebagainya untuk menciptakan komunikasi di blog atau media sosial Anda. Sebagai contoh Anda memiliki target untuk mempunyai 1000 teman di jejaring sosial Facebook dan 100 folower di akun Twitter. Sangat disarankan untuk menggunakan sarana media sosial untuk mendapatkan pengikut atau folower baru.

Semakin tinggi jumlah folower dan tribes yang fokus dengan minat atau kegemaran yang serupa, maka semakin besar potensi Anda untuk bisa menjadi pemimpin mereka. Sangat penting untuk selalu fokus pada orang yang sangat concern pada tribes yang dikembangkan. Sehingga tribes bisa tercipta sesuai keinginan.

View Comments (0)
  • Kalau membangun tribes untuk kalangan blogger gimana ya., kita buat banyak artikel berita (tepat lebih ke jurnalis). Masing-masing orang punya kegiatan.. keren deh kayaknya.. 🙂

  • Membangun tribe untuk blog pemula memang susah. Salah satu jalan lebih enak ya membangun fanspage di media sosial. Yang berat adalah memelihara fanspage agar mendapatkan banyak pengikut yang loyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top